Yuk Konsumsi Makanan Sehat Untuk Usus dan Lambung

Sabtu, 19 Oktober 2024

Makanan Sehat Untuk Usus dan Lambung


Sistem pencernaan memiliki peran yang penting dalam proses pencernaan. Oleh karena itu kesehatannya perlu dijaga agar dapat berfungsi optimal. Salah satu caranya dengan mengonsumsi minuman atau makanan sehat untuk usus dan lambung.

Sistem pencernaan berfungsi untuk menyerap nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk mengolah sisa makanan yang tidak dapat diserap oleh tubuh dan mengeluarkannya menjadi saat buang air besar.

Sistem pencernaan akan mempengaruhi perkembangan otak, serta mempengaruhi emosi. Oleh karena itu makanan yang dikonsumsi tidak hanya diperlukan untuk kelangsungan hidup, tetapi juga mempengaruhi bakteri yang tinggal di usus. Bakteri ini tidak hanya mengendalikan nafsu makan, tetapi juga suasana hati atau mood.

Dilansir dari berbagai sumber, dengan mengonsumsi yoghurt yang mengandung bakteri baik untuk usus, tidak hanya baik untuk saluran cerna tetapi juga dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Oleh karena itu dengan mengonsumsi minuman atau makanan sehat untuk usus dan lambung merupakan bagian dari bentuk menyayangi diri atau jamak disebut self care. 


Manfaat Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Sistem pencernaan berperan untuk memecah makanan menjadi lebih kecil sehingga nutrisinya dapat diserap tubuh dengan mudah. Nutrisi tersebut digunakan tubuh menghasilkan energi, membentuk dan memperbaiki sel tubuh serta hal lainnya sesuai fungsinya.

Oleh karena itu menjaga kesehatan saluran pencernaan sangatlah penting. Manfaat lain yang akan Sobat Dy peroleh jika menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Bakteri baik yang berada dalam usus membantu dalam produksi senyawa penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bakteri baik dapat berfungsi optimal menjalankan perannya jika sistem pencernaan dalam kondisi sehat.


Mencegah penyakit terkait saluran pencernaan

GERD, tukak lambung, wasir, penyakit Celiac, Irritable Bowel Syndrome hingga kanker pada saluran pencernaan dapat dicegah dengan menjaga kesehatan sistem pencernaan.


Meningkatkan kualitas hidup

Gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, mual, muntah, serta perut kembung dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu usus yang tidak sehat dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, mengalami masalah kulit, hingga gangguan autoimun.

Sehingga kualitas hidup manusia meningkat dengan menjaga kesehatan sistem pencernaan.


Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan


Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sobat Dy dapat melakukan beberapa hal berikut untuk menjaga kesehatan pencernaan:

Mengunyah dengan benar

Makanan yang dikunyah dengan benar dapat diserap saluran pencernaan dengan baik. Umumnya hal ini dapat diperoleh jika tidak terburu-buru saat makan, sehingga makanan dapat dikunyah dengan baik. Mengunyah makanan dengan benar dapat menurunkan kemungkinan obesitas dan diabetes.


Konsumsi makanan bergizi

Makanan yang bergizi dapat memudahkan sistem pencernaan bekerja. Makanan yang berserat dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu hindari makanan cepat saji, makanan pedas, makanan asam, gula serta makanan yang mengandung lemak jenuh dalam jumlah berlebih karena dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan.


Minum air yang cukup

Minum air dalam jumlah cukup dapat membantu proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.


Olahraga teratur

Olahraga teratur juga dapat meningkatkan pergerakan usus dan memudahkan sistem pencernaan bekerja optimal.


Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan berkualitas juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Saat tubuh beristirahat saluran pencernaan pun juga dapat beristirahat. Umumnya seseorang yang tidur larut tetap akan mengonsumsi makanan agar tetap terjaga sehingga sistem pencernaan terus bekerja.


Mengonsumsi probiotik dan prebiotik

Probiotik merupakan bakteru baik atau mikroorganisme yang bermanfaat untuk kesehatan usus dan mencegah peradangan usus serta gangguan usus lainnya. Sedangkan prebiotik merupakan asupan makanan sejenis serat yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik (probiotik).

Probiotik dapat ditemukan dalam yoghurt, kefir, kimchi, kombucha, tempe, serta sayuran yang difermentasi. Sedangkan makanan yang banyak mengandung prebiotik seperti asparagus, pisang, bawang putih, dan biji-bijian utuh. 


Minuman dan Makanan Sehat Untuk Usus dan Lambung

Minuman dan atau makanan sehat untuk usus dan lambung dapat ditemukan dengan mudah, baik di toko kelontong, pasar maupun supermarket atau hypermarket. Simak daftarnya sebagai berikut ya:

Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu produk hasil fermentasi susu oleh bakteri asam laktat. Yoghurt mengandung bakteri baik atau probiotik. Manfaat probiotik di antaranya mencegah diare, konstipasi, serta perut kembung.

Sayangnya tidak smeua yogurt mengandung probiotik. Sobat Dy dapat mengenali yoghurt yang mengandung probiotik dengan adanya label "live and active culture" yang tercantum di kemasannya.


Apel

Apel mengandung pektin dan serat yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau diare.


Pisang

Pisang mengandung serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian orang dewasa. Pisang yang berukuran sedang mengandung serat sekitar 3,1 gram yang setara dengan 9-11 persen kebutuhan serat harian orang dewasa.


Biji Chia

Biji chia mengandung serat dalam jumlah banyak sehingga membantu meningkatkan keteraturan gerak usus. 15 gram biji chia yang ditambahkan pada minuman atau makanan favorit Sobat Dy dapat memperoleh asupan serat sebanyak 5 gram sehingga memenuhi kebutuhan serat harian orang dewasa.


Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk memecah serat protein dan meredakan gejala sindrom iritasi usus besar seperti kembung dan sembelit.


Jahe

Jahe mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi naiknya asam lambung hingga kerongkongan. Selain itu jahe juga dapat mengatasi mual dan rasa tidak nyaman pada perut. 


Kacang Almond

Satu porsi kacang almond mengandung 4 gram serat yang dapat memenuhi kebutuhan harian serat orang dewasa. Selain itu kacang almond juga mengandung vitamin E, magnesium, dan lemak menyehatkan.


Alpukat

Alpukat berukuran sedang dengan berat sekitar 100 gran mengandung 6,7 gram serat yang sebanding dengan 20-28 persen kebutuhan serat harian orang dewasa. Selain itu alpukat juga mengandung karbohidrat dan lemak. 


Gandum utuh

Oat merupakan salah satu produk yang terbuat dari biji gandum yang mengandung serat dan  berfungsi sebagai probiotik dan menjaga bakteri baik hidup di usus. Selain itu 


Penutup

Kesehatan sistem pencernaan perlu dijaga karena fungsinya yang begitu penting untuk tubuh. Salah satu caranya dengan mengonsumsi minuman dan makanan sehat untuk usus dan lambung. Sobat Dy dapat memilih dan mengkombinasi berbagai minuman dan makanan sehingga menjadi menu favorit.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Referensi

1. https://rspj.ihc.id/artikel-detail-408-Pentingnya-Menjaga-Kesehatan-Pencernaan.html

2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-menjaga-kesehatan-usus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih