BRImo Memudahkan Catatan Pengeluaran Bulanan

Rabu, 09 Oktober 2024

Catatan Pengeluaran Bulanan


Apakah sobat Dy pernah bingung kenapa uang di tabungan tiba-tiba menipis padahal waktu gajian lagi masih jauh? Sedangkan Sobat Dy merasa tidak berbelanja yang berlebihan. Saya pun pernah mengalami hal yang sama. Bingung juga kenapa kok uang tiba-tiba habis. Sejak saat itu saya mulai membuat catatan pengeluaran bulanan.

Saat itu saya mencatat pengeluaran di sebuah buku kecil. Rencana keuangan, pemasukan dan pengeluaran saya catat. Namun, ternyata hal tersebut tidak mudah dilakukan. Salah satu kendala saya hadapi adalah saya lupa mencatat pengeluaran yang telah dilakukan. Sehingga beberapa pengeluaran tidak tercatat.

Jangan dibayangkan catatan keuangan saya seperti laporan keuangan lo. Hanya sebuah catatan untuk mengetahui kemana uang saya belanjakan dan berapa pemasukan yang saya peroleh. Boncos enggak ya keuangan saya. Catatan sederhana yang memudahkan saya untuk memantaunya.

Seiring waktu kemajuan teknologi yang begitu cepat juga berdampak pada bidang keuangan. Sehingga bermunculan aplikasi keuangan yang dapat diunduh baik berbayar maupun tidak. Sobat Dy dapat memanfaatkannya untuk membuat catatan pengeluaran bulanan.


9 Manfaat Catatan Pengeluaran Bulanan

Mungkin sebagian orang merasa tidak perlu mencatat pengeluaran, kalau uangnya habis ya sudah, kok repot dan mempersulit diri sendiri. Namun, tahukah Sobat Dy bahwa banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan membuat catatan pengeluaran bulanan, di antaranya:

Mengevaluasi pengeluaran

Catatan pengeluaran yang telah dibuat dapat membantu Sobat Dy untuk mengevaluasi belanja apa saja yang telah dilakukan, pos mana yang menghabiskan banyak dana, berapa rata-rata pengeluaran setiap bulannya.

Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah pola alokasi dana yang telah dilakukan efektif atau tidak, Bahkan juga dapat digunakan untuk merencanakan pos mana yang perlu dihemat untuk mencapai tujuan keuangan tertentu.


Bijak dalam berbelanja

Dengan mengetahui dana yang telah dibelanjakan dan atau dana yang telah dibayarkan untuk keperluan tertentu dapat membuat kita menjadi lebih bijak dalam berbelanja. Hal ini juga akan berpengaruh pada keputusan berikutnya saat membeli barang dengan mempertimbangkan kualitas dan dana yang akan dibelanjakan. 


Membuat Catatan Pengeluaran Bulanan


Mengidentifikasi masalah finansial

Sobat Dy juga dapat mengidentifikasi masalah finansial sejak dini dengan melakukan pencatatan. Karena dengan adanya catatan keuangan akan tampak jenis dan biaya yang telah dikeluarkan ataupun biaya yang dibutuhkan untuk keperluan yang akan datang.

Selain itu juga untuk mengetahui kebocoran pengeluaran yang telah terjadi sehingga dapat mencegah terjadi kembali.


Membantu mencapai tujuan keuangan

Tujuan keuangan baik individu maupun keluarga tentunya berbeda-beda. Dengan melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan dengan baik akan membantu Sobat Dy mencapai tujuan keuangan sehingga suatu hal yang diinginkan dapat tercapai.


Transparansi keuangan dengan pasangan

Sebagai seorang istri, suami mempercayakan pengelolaan keuangan keluarga pada saya. Oleh karena itu saya mempertanggungjawabkan sejumlah nominal yang diberikan suami. Dengan mencatat keuangan, dapat membantu saya untuk transparansi keuangan pada suami.

Suami pun dapat mengetahui arus pengeluaran untuk apa saja. Sehingga dapat meminimalkan konflik terkait masalah keuangan. Hubungan pun semakin mesra, bukan. 


Dapat mengendalikan keuangan

Dengan mencatat keuangan Sobat Dy memiliki kendali penuh atas uang yang dimiliki, dalam artian dapat mengendalikan uang dibenjakan untuk apa saja dan untuk tujuan keuangan yang ingin dicapai.


Tidak boros

Umumnya seseorang yang gemar mencatat pengeluaran tidak boros dalam berbelanja dia akan mempertimbangkan masak-masak sebelum berbelanja sesuatu. Sehingga hanya berbelanja untuk hal dibutuhkan sesuai catatan rencana belanja dan tujuan keuangan yang ingin dicapai.


Mudah melakukan perencanaan keuangan

Seseorang yang ingin mencapai tujuan keuangannya tentunya akan membuat perencanaan keuangan untuk meraih impiannya. Salah satu contohnya biaya masuk sekolah dasar tahun depan untuk anak. Ada nominal biaya pendaftaran termasuk seragam, buku paket, dan kegiatan tahunan, maka total biaya yang dibutuhkan adalah sejumlah X rupiah. 

Perencanaan keuangan yang dapat dilakukan adalah untuk mengumpulkan sejumlah X rupiah maka harus disisihkan Y rupiah setiap bulannya, sehingga saat pendaftaran sekolah dana yang dibutuhkan sudah siap untuk dibayarkan. 

Seseorang yang terbiasa melakukan pencatatan pengeluaran umumnya lebih mudah melakukan perencanaan keuangan.


Terhindar dari stres karena masalah keuangan

Salah satu faktor yang penting dalam mencatat pengeluaran terhindar dari stres. Jika Sobat Dy dapat mengelola keuangan dengan baik tentunya akan membuat Sobat Dy terhindar dari masalah keuangan, pikiran pun menjadi lebih tenang. Sehingga secara tidak langsung akan terhindar dari stres.


Membuat Catatan Pengeluaran

Setelah mengetahui manfaat yang diperoleh dengan membuat catatan pengeluaran bulanan, Sobat Dy dapat membuat buku keuangan pribadi untuk mencatatnya. Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuatnya, di antaranya :

Mencatat di buku

Sobat Dy dapat membuat tabel di buku dengan cara yang menarik, entah menggunakan kertas warna wani atau bolpint warna warna yang dapat membuat Sobat Dy tidak bosan mengisinya.


Mencatat di spreadsheet

Cara lain yang dapat dipilakukan adalah membuatnya di spreadsheet. Kelebihan jika menggunakan spreadsheet, data yang dimasukkan dapat diolah sesuai keinginan dan dapat dibuat grafiknya. Sehingga memudahkan evaluasi.


Menggunakan aplikasi di smartphone

Saat ini telah tersedia aneka aplikasi mencatat keuangan yang dapat diunduh. Sobat Dy dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Aplikasi ini ada yang berbayar dan tidak berbayar tergantung fasilitas yang diberikan. 

Kelebihan jika menggunakan aplikasi adalah Sobat Dy tidak perlu mengolah data, karena data akan diolah aplikasi dan evaluasi pun dapat segera dilakukan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah BRImo.

Tidak hanya mencatat pengeluaran maupun pemasukan saja, tetapi juga dapat cek kondisi keuangan, lo.

 

BRImo Produk Digital BRI 

BRImo merupakan aplikasi internet dan mobile banking BRI terbaru yang memberikan kemudahan bagi nasabah maupun bukan nasabah BRI untuk dapat bertransaksi dengan pilihan sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan rekening Giro, Tabungan, dan Kartu Kredit. Fitur yang disediakan pun menarik, salah satunya adalah catatan keuangan.

Keunggulan BRImo versi terbaru di antaranya:

Redesign User Interface (UI) atau User Experience (UX) BRImo

Desain ulang User Interface (UI) atau User Experience (UX) BRImo bertujuan untuk memberikan tampilan dan pengalaman baru karena kemudahan operasional dan kenyamanan bertransaksi. 

Produk DIgital BRI


Buka rekening (digital saving)

Bagi Sobat Dy yang bukan nasabah BRI dapat membuka rekening mellaui aplikasi BRImo dengan cara mengunggah data diri dan mengirimkan video sebagai bentuk Know Your Customer (KYC) dalam pembuatan rekening. Selain itu, nasabah yang telah terdaftar juga dapat menikmati fasilitas keuangan BRImo.


Personal Financial Management (PFM)

Fitur personal finansial management dapat membantu nasabah memperoleh informasi jumlah pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan selama bertransaksi menggunakan BRImo. Selain itu nasabah juga dapat melakukan investasi sesuai karakter nasabah yang dapat dipilh.

BRImo Produk Digital BRI


Fitur yang banyak digunakan

BRImo juga menyediakan fitur lain yang banyak digunakan sehari-hari oleh nasabah, di antaranya QRIS untuk transaksi yang praktis, baik bayar atau transfer transfer, investasi, membayar tagihan apa saja. Semua dapat dilakukan hanya dalam genggaman.


Sobat Dy dapat menggunakan fitur BRI setelah mendaftarkannya melalui kantor BRI terdekat. Aneka fitur yang diciptakan BRI ini diharapkan dapat menambah kepuasan nasabah dan kenyamanan bertransaksi.

BRImo merupakan salah satu produk digital BRI yang menjadi bagian dari upaya BRI untuk mengakselerasi peralihan menuju cashless society. Dilansir dari laman infobanknews.com bahwa per Desember 2023 masyarakat yang menggunakan BRImo mencapai 31,6 juta orang. Lonjakan yang luar biasa jika dibandingkan tahun sebelumnya dengan jumlah 32,5 persen lebih kecil. Sementara itu jumlah transaksi mengalami kenaikkan sebesar 69,2 persen dan volume transaksi mengalami pertumbuhan sebesar 55,8 persen


BRImo Memudahkan Catatan Pengeluaran Bulanan 

Fitur catatan keuangan BRImo dapat melacak pemasukan dan pengeluaran sehingga sangat membantu pengguna dalam mengatur dan mengendalikan keuangan, terutama jika ada catatan keuangan yang tidak wajar.

Tidak hanya itu, tersedia juga fitur laporan sehingga pengguna dapat memeriksa kesehatan keuangannya.

Berikut langkah mudah untuk membuat catatan keuangan di BRImo:

1. Login BRImo.

2. Pilih menu 'Catatan Keuangan', klik 'Lihat Detail'.

3. Mutasi (daftar arus uang keluar dan masuk)akan muncul.

4. Jika ingin menambah catatan secara manual, klik 'Buat Catatan Baru'.

BRImo Catatan Pengeluaran Bulanan

Setelah dapat melihat alur masuk dan keluarnya uang, Sobat Dy juga dapat memeriksa 'Kondisi Keuangan', berikut langkah yang perlu dilakukan:

1. Login BRImo.

2. Pilih menu 'Catatan Keuangan', klik 'Lihat Detail'.

3. Klik 'Cek Sekarang' untuk mengetahui kondisi keuangan.

4. Masukkan nilai aset.

5. Masukkan nilai utang

6. Masukkan pendapatan bulanan

7. Masukkan pengeluaran bulanan.

Point 1-7 dapat  memberikan informasi tentang kondisi keuangan Sobat Dy, lo. Menarik bukan.


Penutup

Membuat catatan keuangan ternyata banyak manfaatnya. Apalagi saat ini ini BRImo juga menyediakan fitur untuk mengelola keuangan sehingga memudahkan penggunanya untuk mengelola uang.

Apakah Sobat Dy ingin merasakan kemudahan membuat catatan pengeluaran juga seperti pengguna BRImo lainnya? Segera unduh aplikasinya di Google Play store, App store. dan Huaway AppGallery sehingga dapat menikmati pengelolaan uang dalam genggaman.

Artikel ini adalah bagian dari latihan komunitas LFI supported by BRI. Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Referensi

1. https://www.ocbc.id/id/article/2023/06/27/manfaat-mencatat-pengeluaran

2. https://www.suara.com/bri/2024/06/17/190525/cara-buat-catatan-keuangan-di-brimo-bantu-pengelolaan-keuangan-lebih-sehat

3. https://sahabat.pegadaian.co.id/artikel/keuangan/cara-membuat-buku-keuangan-pribadi

4. https://infobanknews.com/berkat-fitur-ini-atur-keuangan-pakai-brimo-jadi-lebih-mudah/

2 komentar

  1. dulu aku mencatat pengeluaran di buku notes kecil, dan itupun kadang masih ada yang keluputan buat dicatat. dengan mencatat gini, aku jadi tau kemana larinya uangku.
    Dan sekarang udah banyak aplikasi catatan keuangan dan juga rekening tabungan online seperti Brimo ini yang bisa bantu kita buat cek pengeluaran juga

    BalasHapus
  2. setuju mbaa.. saya juga pakai Brimo untuk tracking duit yang udah keluar kepake buat apa aja.. uang jadi lebih terkelola dengan baik..

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih