Mau Cuan Tambahan? Ini 4 Website Menulis Artikel Dibayar

Jumat, 20 September 2024

 
4 Website Menulis Artikel Dibayar


Hai Sobat Dy! Masih semangat untuk menulis kan? Alhamdulillah masih semangat ya. Mau lebih semangat menulis kah? Salah satu caranya dengan mendaftar ke website menulis artikel dibayar.

Uang memang bukan segalanya, tetapi kita membutuhkan uang untuk melakukan sesuatu bukan? Salah satunya untuk memperpanjang domain dan atau hosting. Jangan sampai budget untuk perpanjangannya mengganggu dapur kan ya?

Bagaimana cara mendapatkan cuan dari menulis dan mengapa kita sebaiknya melakukannya? Yuk ah, ambil segelas kopi sambil menyimak artikel ini hingga akhir ya. Karena banyak jalan menuju Roma, banyak jalan juga untuk mendapatkan cuan dari menulis.


Mendapatkan Cuan Dari Menulis

Saat ini banyak cara untuk menghasilkan pundi rupiah melalui menulis. Tidak hanya menulis buku kemudian diterbitkan melalui penerbit mayor saja yang mendapatkan rupiah. Namun, dengan menulis artikel baik artikel yang ditulis di blog pribadi maupun di platform menulis juga bisa menghasilkan rupiah, lo.

Sebagai bloger pemula, saya pun menjajal beberapa cara untuk mendapatkan cuan tambahan dari menulis artikel ini. Mengapa saya melakukannya? Jujurly agar saya lebih semangat mengisi blog. 

Walaupun mendapatkan uang bukanlah big why memilih blog bagi saya, tetapi jika kegiatan ngeblog dapat menghasilkan uang kenapa tidak dilakukan. Apalagi jika bisa sampai beli skincare kan ya.

Selain itu biaya domain dan hosting yang kadang tiap tahunnya naik. Sayang kan jika blog sudah cantik terus tidak diperpanjang hanya karena alasan uang. Nah agar kegiatan ngeblog tidak terganggu maka blog harus bisa menghidupi dirinya sendiri bukan.

Teringat obrolan via WhatsApp Grup komunitas, "Semangat menulis saja tidak cukup untuk konsisten menulis," celetuk teman sekaligus mentor saya yang akrab dengan panggilan Mom Queen.

Benar atau benar Sobat Dy? Saya sih sepakat dengan pendapat beliau. Beberapa kali saya menemukan alasan domain yang tidak diperpanjang karena kendala dana.

Beberapa jenis pekerjaan dapat dilakukan oleh bloger, di antaranya :

Job review

Sesuai namanya, job review adalah membuat artikel tentang review sebuah produk atau aplikasi atau lokasi sesuai permintaan klien atau pemberi job. Salah satunya mereview krim untuk mencegah munculnya stretchmark saat hamil.

Umumnya job review dipilih klien berdasarkan niche blog, misalnya blog beauty akan mereview produk kecantikan, blog kesehatan mereview pola diet dan lain sebagainya.

Selain niche blog, hal lain yang diperhatikan klien adalah jumlah pengunjung atau pembaca blog. Hal ini bisa diketahui melalui tools Google Analytic 4 yang telah dihubungkan ke blog. Ranking blog di mesin pencari juga menjadi perhatian klien.

Jika persyaratan tersebut sesuai dengan harapan klien maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan Job Review produk maupun jasa.

 

Content Placement (CP) atau Sponsor Post (SP)

Lain halnya dengan Job Review dimana bloger menulis sebuah artikel maka artikel Content Placement atau Sponsor Post telah disediakn klien. Bloger hanya diperkenankan mengubah sedikit sesuai dengan gaya bahasa dan tidak mengubah arti artikel kemudian bloger mempubikasikannya ke blog miliknya.


Memasang banner

Pekerjaan lainnya yang terkait blog adalah memasang banner atau logo sebuah brand dan menyematkan link yang terhubung dengan brand tersebut. Lokasi pemasangan banner yang dipilih klien terkait juga dengan biaya.

Biaya pemasangan banner pada header tentunya paling mahal karena mudah dilihat pengunjung blog dibandingkan lokasi lainnya.


Tips Membuat Blog Menarik

Agar klien tertarik pada blog Sobat Dy maka perlu dilakukan beberapa hal, di antaranya

Meningkatkan performa blog

Salah satu parameter untuk menilai performa blog adalah jumlah kunjungan atau Page View (PV). Semakin tinggi PV maka nilai blog semakin baik. Naiknya nila PV berbanding lurus dengan penerapan SEO On Page.


Memperkuat personal branding

Sobat Dy dapat memanfaatkan semua media sosial yang dimiliki untuk mengenalkan blog miliknya. Blog ibarat etalase karya tulis. Jika karya tulis tersebut tidak diketahui oleh massa, termasuk klien, bagaimana mereka akan mengetahui kualitas artikel karya Sobat Dy.


Membuat konten yang informatif dan konsisten

Konten yang informatif adalah konten yang dapat menjawab pertanyaan pembaca blog, sehingga nantinya pembaca puas dan berkunjung kembali. Selain itu, pembuatan konten juga harus konsisten agar lebih mudah dikenali mesin pencari.


Memberikan layanan ekstra

Tidak ada salahnya memberikan layanan ekstra pada klien, seperti share link artikel job ke media sosial dan tag sekaligus mention media sosial klien. Menyelesaikan artikel pesanan lebih cepat dari target yang ditentukan. 

Beberapa klien ada yang meminta jumlah PV tertentu, tidak ada salahnya memberikan PV lebih dari yang diminta. 


Website menulis artikel dibayar



4 Website Menulis Artikel Dibayar

Ada beberapa platform atau website menulis artikel dibayar, baik yang berada di Indonesia maupun di luar Indonesia, di antaranya:

Seedbacklink

Sobat Dy dapat mendaftar ke Seedbacklink melalui akun Google atau melalui email yang dimiliki. Kemudian melengkapi data yang diperlukan.

Bloger dapat menentukan ratenya sendiri. Walaupun rate ditentukan sendiri oleh bloger, jangan terlalu rendah dalam menentukannya. Rate yang terlalu rendah dapat merusak 'harga pasaran' atau tarif bloger.

Pada seedbacklink, bloger dapat menentukan dua tarif yaitu tarif jika artikel ditulis oleh bloger dan tarif jika artikel disediakan oleh klien. Tarif tersebut akan dikurangi 25% untuk biaya manajemen.

Bloger dapat melakukan penarikan dana dengan minimum dana Rp. 37.500. Seedbacklink akan melakukan pembayaran setiap tanggal 5 dan 25 setiap bulannya pada hari kerja atau sebelumnya jika bertepatan dengan hari libur.

Selain itu, bloger juga dapat bergabung dalam grup WhatsApp yang disediakan oleh admin.


RajaBacklink

Sobat Dy dapat mendaftar ke Rajabacklink melalui akun Google atau melalui akun Google atau melalui email yang dimiliki. Kemudian melengkapi data yang diperlukan, seperti alamat blog,niche, hingga nomer rekening.

Bloger akan mendapatkan informasi jika ada klien yang memesan artikel melalui telegram dan atau email. Pemberitahuan tersebut berisi durasi waktu pengerjaan dan panduan pengerjaan artikel.

Namun, bloger tidak menentukan rate, karena telah ditentukan sepihak oleh admin RajaBacklink. Di platform ini hanya ada satu tarif yaitu tarif untuk menulis artikel. Tarif tersebut akan dipotong sebesar 25% untuk biaya manajemen. Bloger dapat melakukan penarikan dana minimal Rp. 250 ribu.


Backlink.co.id

Sobat Dy dapat mendaftar ke Backlink.co.id melalui akun Google atau melalui akun Google atau melalui email yang dimiliki. Kemudian melengkapi data yang diperlukan, seperti alamat blog,niche, hingga nomer rekening.

Di Backlink.co.id bloger dapat menentukan tarif atau fee sendiri. Jika bingung bagaimana cara menentukan tarif, tersedia artikel untuk menentukan tarif. 

Tarif yang ditentukan tersebut berlaku untuk tarif menulis artikel. Pastikan tidak memasang tarif terlalu rendah ya. Tarif tersebut akan dipotong sekitar 25-30% untuk biaya manajemen. 


Intellifluence

Intellifluence merupakan salah satu platform untuk mendapatkan dollar. Namun, artikel yang ditulis tidak harus menggunakan bahasa Inggris, sesuai kesepakatan dengan klien. Sobat Dy dapat mendaftar dan mengisi semua persyaratan yang diminta.

Setelah mengisi data, bloger dapat mengajukan penawaran pada marketplace. Jika sesuai dengan klien maka klien akan memberikan panduan penulisan artikel dan batas waktu pengerjaan. Fee yang ditawarkan pun bervariatif.

Jika artikel yang telah dikerjakan sesuai dengan permintaan klien maka klien akan mengirim fee dalam dollar sesuai kesepakatan pada pihak Intellifluence. Kemudian Intellifluence akan meneruskannya pada bloger melalui PayPal yang sebelumnya telah didaftarkan bloger.

Optimasi blog


Penutup

Mendapatkan cuan tambahan dari website menulis artikel dibayar bukan lagi hal yang mustahil dilakukan, bukan. Mungkin tidak hanya cuan tambahan yang akan diperoleh, bisa juga menjadi penghasilan utama, karena memiliki banyak blog yang didaftarkan pada website tersebut.

Apakah Sobat Dy sudah mendaftar ke website menulis artikel dibayar? Cerita di kolom komentar yuk pengalamannya. Jika belum bergabung, cuzz segera bergabung ya dan nikmati pundi rupiah yang akan menambah gemuk rekening Sobat Dy. Selamat mencoba!




11 komentar

  1. Baru Seedbacklink yang saya udah terdaftar dan sudah beberapa kali dapat job dari sana. Untuk yang lainnya belum pernah nyobain. Senang kalau dapat job karena fee-nya bisa menghidupi blog sendiri, minimal bayar biaya hosting dan domain. Kalau ada lebih, bisa buat bayar tools-tools yang lain.

    BalasHapus
  2. Wah belum pernah nyoba di backlink co id. Makasih ya. Mau daftar dulu ah. PRku masih mau naikin DA, DR, dan PV. Bismillah tetap semangat ngeblog ya.

    BalasHapus
  3. Nah, salah satu yang membuat harus semangat ngeblog adalah karena tiap tahun bayar domain ya, Mbak. Jadi blog juga harus menghasilkan cuan. Dan Alhamdulillah, saya sudah mendaftar dan mendapatkan pekerjaan dari 4 website itu. Tapi yang paling bikin hati berbunga-bunga adalah Intellifluence hahaha.

    BalasHapus
  4. Yah, mendapat penghasilan dari blogger tuh minimal banget buat menghidupi blognya sendiri. Syukur-syukur juga bisa kebeli rumah, mobil dan umroh juga haji. Aamiin. Hehehe

    BalasHapus
  5. Daku belum nyoba yang Backlink.co.id ini.
    Seneng deh banyak peluang buat bligger untuk meraih cuan. Kuy #SemangatCiee selalu

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah adanya website seperti seedbacklink atau rajabacklink membantu banget adanya job buat para blogger. Jadinya kan kebantu banget buat perpanjangan domain dan hosting, ya.
    Tugas kita selanjutnya adalah mempertahankan dan terus meningkatkan performa blog kita agar dapat terus dipercaya oleh advertiser biar cuan nya terus mengalir. Aamiin

    BalasHapus
  7. sangat membantu bagi mereka yang ingin menyalurkan hobi menulis sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Daftar situs yang diberikan sangat informatif dan akan saya coba satu per satu. Harus selalu mencari platform baru untuk mengembangkan portofolio.

    BalasHapus
  8. Nambah Sosiago gak, sih, Mbak? Masih aktif juga kan itu. Hehe.. Tapi aku mau coba backlink.co.id, deh, keknya baru kemarenan juga tau. Makasih infonya Mbak Dy.

    BalasHapus
  9. Wah yang backlink ini aku blm nyoba wkwkwk agak trauma sama platform baru yg ngga kenal. Nti kayak kasus vira mangkir blm dibayar kan sesek yah

    BalasHapus
  10. Pasang Banner ini yang belum berani saya coba. Masih belum paham cara membuat rate cardnya. Selain itu, takut bikin blog berat. Jadi masih fokus ke CP dan review saja.

    BalasHapus
  11. Ka Dy.. ini artikel penambah semangat pagi ini banget.
    Akutu awal-awal nge-blog gitu gak tau arah tujuan kaan.. karena cuma pingin meneruskan hasrat menulis dan konsisten selama 1 tahun ((ikutan 1d1p))
    Tapi lama-lama, seru juga yaa.. challenging pissaan..

    Jadi ada beberapa website yang bisa kasih job buat blogger nih..
    Aku RajaBacklink sama Backlink.co.id belum deh..
    Mau coba jugaa.. Terima kasih, ka Dy buat info dan step by step-nya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih