4 Tips Memilih Merk Serum Wajah Terbaik Untuk Cantikmu

Jumat, 27 September 2024

Merk Serum Wajah Terbaik


Tak dapat dipungkiri jika saat ini trend skincare semakin beragam variannya, salah satunya adalah serum wajah. Berbagai merk skincare pun memproduksi serum sebagai salah satu produk unggulannya. Apakah Sobat Dy telah mengetahui cara memilih merk serum wajah terbaik?

Serum wajah merupakan produk konsentrat bahan aktif yang mempunyai banyak manfaat dibandingkan pelembab biasa. Setelah mengetahui manfaat serum wajah, beberapa kaum hawa memilih untuk menggunakannya sebagai rangkaian perawatan wajah sehari hari.

Serum wajah yang berada di pasaran mempunyai keunggulannya masing-masing. Sobat Dy dapat memilihnya sesuai kebutuhan, karena jenis kulit tiap prang pun berbeda. Simak tips memilih merk serum wajah terbaik untuk kulit cantikmu di artikel ini hingga akhir ya.

Serum Wajah


Memilih Serum Wajah Sesuai Jenis Kulit

Pemilihan serum wajah termasuk gampang-gampang susah, karena tingkat kecocokan tiap orang pun berbeda. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab jika skin care A cocok dengan jenis kulit wanita E, tetapi belum tentu cocok digunakan wanita F.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih serum wajah sesuai jenis kulit

Kulit berminyak dan rentan berjerawat

Jerawat dapat muncul jika pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran, debu, polusi, minyak kulit yang berlebih, dan sel kulit mati. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan serum yang mengandung BHA dan Niacinamide.

BHA berfungsi untuk mengangkat minyak dan kotoran penyumbat pori sehingga mencegah terjadinya jerawat. Sedangkan Niacinamide berfungsi untuk mengurangi tingkat keparahan jerawat serta pengendali minyak berlebih pada wajah.


Kulit kering 

Jika Sobat Dy memiliki kulit wajah kering, pilihlah serum yang mengandung bahan aktif untuk melembapkan kulit wajah. Sehingga dapat mengikat air di dalam kulit atau menciptakan lapisan pelindung yang menahan air dalam kulit, di antaranya hyaluronic acid atau asam hialuronat, gliserin, panthenol, niacinamide, air atau minyak nabati.

Hyaluronic acid dapat menahan air di dalam kulit. Dengan cara menarik kelembapan dan menyalurkannya ke lapisan luar kulit, dan menyamrkan garis halus serta kerutan. Gliserin merupakan pelembap ringan yang berfungsi untuk menyerap kelembapan seperti spon.

Panthenol berfungsi untukmelembapkan kulit sekaligis memperkuat dan mengunci lapisam pelindungnya, membantu mengurangi dehidrasii. Niacinamide berfungsi untuk mencegah iritasi dan mengurangi kemerahan pada kulit sensitif, kering  


Kulit normal

Bagi Sobat Dy yang memiliki kulit normal, tentunya lebih mudah memilih serum. Namun, bukan berarti kulit normal tidak perlu dirawat bukan. Serum dengan kandungan hyaluronic acid, kolagen, dan vitamin C dapat menjadi pilihan.

Kandungan hyaluronic acid dapat melembapkan kulit. Kolagaen dapat kenjaga kekenyalan kulit. Vitamin C dapat meningkatkan biosintesis kolagen dan mencerahkan warna kulit.


Kulit kombinasi

Kulit kombinasi ini agak tricky karena perpaduan antara kulit kering dan berminyak, sehingga pada bagian tertentu membutuhkan perawatan untuk kulit berminyak dan di bagian lain emmbutuhkan perawatan untuk kulit kering. 

Serum dengan kandungan hyaluronic acid sebagai bahan utama merupakan serum yang dibutuhkan untuk kulit kombinasi sehingga mampu menghidrasi kulit, tetapi tidak terasa berat. Selain itu juga dapat mencegah penyumbatan minyak, sehingga dapat mencegah jerawat dan komedo.


Tips Memilih Merk Serum Wajah


4 Tips Memilih Merk Serum Wajah Terbaik

Setiap wanita tentunya ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik, bukan. Setelah Sobat Dy mengetahui kandungan serum yang sesuai untuk tiap jenis kulit, maka selanjutnya adalah memilih serum yang sesuai.

Berikut 4 tips memilih memilih merk serum wajah terbaik untuk kulit cantikmu:

Kenali jenis kulit

Setiap jenis kulit tentunya mempunyai kebutuhan nutris yang berbeda agar tetap sehat. Sehingga saat Sobat Dy memilih serum, maka pilih formula dan tekstur serta klaim produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit.


Patch test

Sesuai namanya patch test merupakan tes tempel pada kulit. Bagi Sobat Dy yang memiliki kulit sensitif sebaiknya melakukan patch test untuk mengetahui apakah kandungan skincare tidak mengandung bahan yang dapat menimbulkan alergi, komedo, jerawat atau iritasi pada kulit sebelum menggunakan skincare baru.

Hal ini penting untuk dilakukan karena nantinya skincare baru tersebut akan digunakan sehari-hari, bukan. Sobat Dy dapat melakukan tahapan berikut untuk melakukan patch tes:

- Pilih area kulit yang bersih dan mudah diakses. Biarkan area tersebut tanpa disentuh selama 24 jam.

- Bersihkan area kulit terlebih dulu untuk memastikan reaksi yang timbul memang disebabkan oleh produk skin care bukan karena hal lain. Area kulit yang dapat dipilih, yaitu bagian bawah rahang, rahang, bawah siku, di pinggir dahi, telinga atau bagian samping leher.

-Oleskan produk sedikit pada kulit. Setelah itu tutup dengan pembalut luka.

- Biakan selama 24 jam. Jika muncul alergi seperti kemerahan, sakit, terbakar atau gatal, maka segera lepaskan pembalut luka dan bersihkan area yang diberi produk skincare tadi.


Memiliki izin edar BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga pemerintah yang memiliki tugas untuk mengawasi dan mengatur obat, makanan, kosmetik, dan produk kesehatan lain yang beredar di Indonesia. Baik produk tersebut di produksi di Indonesia maupun di luar negeri.

Oleh karena itu, produk yang memiliki izin edar BPOM telah melalui serangkaian pemeriksaan baik dari segi kandungan produk yang amana, cara produksi yang baik serta aturan tentang label yang digunakan dalam kemasan.

Label dalam kemasan harus mencantumkan nama produk, produsen, kota produk diproduksi, ukuran kemasan, tanggal produksi,tanggal kedaluwarsa, komposisi produk. Ukuran label pun harus jelas terbaca, sehingga jika label tidak terbaca jelas dikhawatirkan produk tersebut palsu. 

Beberapa produk skin care saat ini juga sudah tersertifikasi halal lo, Sobat Dy yang muslim tentu lebih nyaman menggunakannya, bukan. Jangn lupa untuk memastikan produk skin care yang Sobat Dy beli masih dalam kemasan tersegel dan tidak rusak.


Tidak mengandung merkuri, timbal atau bahan kimia berbahaya

Tampil cantik dan glowing merupakan hak setiap wanita, tetapi perlu diperhatikan dalam pemilihan skincare. Alih-alih cantik justru wajah akan rusak karena memilih skin care yang mengandung bahan berbahaya. 


Dilansir dari tribunnews.com, berikut beberapa produk skin care yang dapat Sobat Dy pilih karena telah tersertifikasi halal dan keamanannya telah dijamin BPOM:

1. All perfect whitening serum

2. Bio Beauty Lab Potent-C- Power Serum

3. SKINTIFIC - 3 persen Tranexamic Acid Advanced Bright Serum

4. Scarlett Whitening C-Power Serum

5. Kojie-San Whitening Serum

6. Sariayu Bright Skin Putih Langsat Face Serum

7. Pond's Bright Miracle Ultimate Clarity Serum

8. Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

dan masih banyak lainnya.


Penutup

Sobat Dy tidak perlu ragu lagi untuk memilih serum yang sesuai dengan jenis kulit. Apapun merk skin care yang dipilih pastikan aman untuk kulit ya. Semoga tips memilih merk serum wajah terbaik bermanfaat ya. Kulit sehat, cantik dan bahagia tentunya harapan kita, bukan. Cerita di kolom komentar yuk serum pilihan Sobat Dy dan mengapa memilihnya!


Referensi

1. https://www.dermstore.com/blog/top_ten/best-face-serums-for-dry-skin/

2. https://indonesiabaik.id/infografis/ketahui-ciri-produk-kosmetik-aman

3. https://shopping.tribunnews.com/2024/06/06/30-daftar-serum-pencerah-wajah-terbaik-yang-sudah-bpom-dan-halal

7 komentar

  1. Sekarang tuh berasa was-was gitu mau beli serum. Soalnya mah banyak berita soal kecurangan skincare. Mending mah beli di toko official brandnya atau reseller atau agen resmi dari skincare yang kita suka.

    BalasHapus
  2. Memilih skicare mamang tidak mudah. Ada banyak pertimbangan yang harus dijadikan dasar sebelum memilih skincare yang tepat. Namun yang paling penting lagi dalah memahami diri sebelum menentukan skincare, yaitu memahami jenis kulit kita.

    BalasHapus
  3. Setuju banget, setelah mengetahui jenis kulit kita, pastikan juga produk nya itu sudah BPOM, tidak mengandung zat berbahaya seperti mercury dll, juga kalau untuk saya yg muslim, pastinya sudah memiliki sertifikat halal

    BalasHapus
  4. Saat ini serum wajah memang sedang populer, Mbak. Dan kunci utamanya memilih serum sesuai jenis kulit wajah ya, Mbak. Terus cek juga bahan-bahan yang terkandung dalam serum. Pastinya harus sudah lulus izin edar BPOM. Dan terpenting harus sudah bersertifikat halal.

    BalasHapus
  5. Soal serum kayaknya lebih pas pakai merk yang sustainable juga ya mengingat sekarang banyak brand yang mengutamakan kuantitas varian, takutnya nanti pas cocok discontinue lagi.

    BalasHapus
  6. Sejujurnya, akutu masih berdasarkan merk dalam menentukan skincare.
    Serum termasuk.. dan jadi paham sekarang kalau untuk kulitku, sebaiknya menggunakan yang bahan aktifnya apa.. Tetap aman dan nyaman dengan memerhatikan kandungan serta ijin BPOM dan kehalalan sebuah produk.

    BalasHapus
  7. Kalau belum terlalu telaten mencermati ingredients, minimal banget harus ngecek nomor BPOM-nya ya. Soalnya rawan juga kalau nggak ada.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih