Water Management System Salah Satu Solusi Mengatasi Krisis Air Bersih

Minggu, 18 Agustus 2024

water management system salah satu solusi mengatasi krisi air bersih

Setiap manusia tentunya membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya bukan? Tak dapat dipungkiri bahwa tubuh manusia terdiri dari minimal 70% air. Oleh karena itu manusia membutuhkan air untuk minum dan menjaga agar tubuhnya tetap terhidrasi.

Selain itu air juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, membersihkan diri dari kotoran, wudhu, mencuci dan lain sebagainya. Air yang kita gunakan untuk melakukan berbagai hal tersebut tentunya harus dalam keadaan bersih agar terhindar dari penyakit atau hal lain yang dapat berdampak buruk karena kualitas air yang tidak memadai.

Setiap manusia berhak untuk mendapatkan air bersih. Namun, perkiraan kebutuhan air setiap manusia tentunya bervariasi dan mencakup berbagai aspek yang mempengaruhi untuk memenuhi kebutuhannya. 

Mengingat ketersediaan air bersih penting untuk kebutuhan sanitasi dan kesejahteraan manusia. Oleh karena itu sistem pengelolaan air atau water management system diperlukan untuk mencukupi kebutuhan air bersih.


Kriteria Air Bersih

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa air bersih merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia di seluruh dunia untuk mendukung aktivitas dan kualitas hidupnya. Namun, beberapa faktor dapat menyebabkan menurunnya kualitas dan kuantitas air bersih.

Air bersih merupakan air yang mempunyai kualitas baik yang dapat dimanfaatkan manusia untuk minum, sanitasi dan kebutuhan domestik lainnya. Berikut kriteria air bersih :

Tidak berwarna

Air yang bersih tidak  berwarna dan tampak bening dan jernih. Jika air berwarna kuning bahkan berwarna coklat maka dapat dipastikan air tersebut mengandung zat yang berbahaya. 


Tidak berasa

Jika dirasakan, air bersih tidak berasa walaupun harus dimasak dulu sebelum diminum. Jika air memiliki rasa logam bisa juga disebabkan terjadi karena adanya proses korosi pada saluran air.


Tidak berbau

Air yang berbau umumnya adanya partikel atau senyawa tertentu yang terkandung di dalamnya sehingga dikhawatirkan menimbulkan efek negatif saat digunakan. Oleh karena itu air yang layak dikonsumsi tidak berbau.


Tidak terasa lengket setelah digunakan

Air yang layak dikonsumsi mempunyai telat tertentu. Air yang memiliki tekstur berbeda mungkin mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan seperti aluminium, magnesium.

Air yang tidak bersih juga akan meninggalkan bekas warna yang terlihat jelas pada kran air, gelas atau wastafel.


pH netral

Air bersih memiliki pH netral sekitar 6,5 hingga 7. Tidak asam atau basa, sehingga aman untuk dikonsumsi.


Tidak mengandung bakteri

Air bersih tidak mengandung bakteri atau mikroorganisme sehingga saat mengonsumsi atau menggunakannya tidak berakibat menderita penyakit atau efek negatif lainnya. Salah satu bakteri yang mungkin ada dalam air adalah E. Coli.

Adanya E. COli dapat mengganggu sistem pencernaan manusia. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan memasaknya terlebih dulu sebelum mengonsumsinya. Memasak air merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bakteri dalam air.


Tidak mengandung pengotor

Pengotor yang dimaksud adalah debu, pasir, tanah atau sedimen lainnya. Hal ini merupakan salah satu sumber yang menyebabkan air menjadi keruh dan dapat mengakibatkan penyumbatan di saluran atau sumber air.

Air yang keruh dan mengalami penyumbatan di saluran atau sumber air dapat dikatakan sebagai air yang tidak layak digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, terlebih untuk minum. Untuk mengatasinya dapat dilakukan penyaringan, pembersihan saluran air. 

Ciri Air Bersih


Manfaat Air Bersih

Berikut beberapa manfaat air bersih bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan:

Memenuhi cairan tubuh

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa sebagian besar komponen penyusun tubuh manusia. Jika kebutuhan tersebut kurang maka akan berdampak buruk pada aktivitas dan kesehatan manusia, seperti konsentrasi menurun hingga rentan terserang penyakit.


Membantu aktivitas harian

Aktivitas harian manusia di antaranya mandi, mencuci, memasak hingga sanitasi. Jika air yang digunakan tidak bersih maka berisiko terkena penyakit. Air yang tidak bersih pun tidak efektif untuk membersihkan karena hasilnya tidak optimal.

 

Irigasi pertanian

Air bersih juga bermanfaat untuk irigasi pertanian. Air bersih tidak mengandung logam berat atau sedimen yang dapat mempengaruhi kesuburan tanah. Jika kesuburan tanah terganggu tentunya juga akan mempengaruhi kualitas tanaman bahkan kemungkinan terburuknya adalah gagal panen.


Menjaga ekosistem lingkungan

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, air bersih juga bermanfaat untuk menjaga ekosistem lingkungan. Air juga merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup lainnya.

Berikut fungsi air bersih untuk makhluk hidup lainnya:

Hewan

Fungsi air bagi hewan di antaranya:

1. Melancarkan pencernaan.

2. Menjaga suhu tubuh.

3. Produksi susu.

4. Minum.

5. Sebagai tempat hidup.

6. Media pembersih.


Tumbuhan

Sedangkan fungsi air bagi tumbuhan di antaranya:

1. Sumber energi dalam proses fotosintesa.

2. Pembentukan protoplasma.

3. Pelarut unsur hara dan mendistribusikannya ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

4. Membantu proses metabolisme.

5. Sumber energi untuk proses pembesaran dan pembelahan sel.

6. Senyawa yang mengatur pergerakan membuka dan menutupnya stomata.

7. Membantu proses respirasi.

8. Media pengangkut hasil proses fotosintesa.

9. Pelarut dalam proses biokimia.

10. Mengatur suhu tumbuhan agar stabil.


Pihak Yang Terlibat Dalam Water Management System

Saat ini kualitas dan kuantitas air bersih berkurang jumlahnya, terutama di kota besar. Hal ini terjadi karena aktivitas manusia dan perindustrian.

Oleh karena itu tersedianya air bersih dan layak konsumsi menjadi konsentrasi banyak pihak. Water management system merupakan salah satu solusi untuk mengatasi krisis air bersih 

Water management system  atau sistem manajemen air mengatasi beberapa hal di antaranya:

1. Mengatasi kehilangan air akibat kebocoran.

2. Distribusi air untuk memfasilitasi penyediaan air bersih.

3. Mengelola limbah cair sehingga menghasilkan air yang layak konsumsi.

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam water management system, yaitu:

Pemerintah 

Pemerintah bertanggung jawab terhadap penyediaan air bersih untuk warga negaranya. Saat ini pendistribusian air dan pengelolaannya dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minumnya (PDAM).


Perusahaan swasta 

Beberapa perusahaan swasta juga berperan dalam water management system. Bidang usah yang dikerjakan umumnya pengolahan air, pengolahan limbah hingga distribusi.


Referensi

1, https://www.gramedia.com/literasi/ciri-ciri-air-bersih/

2. https://siagaairbersih.com/blog/2021/02/09/mengenal-water-management-system-pihak-yang-terlibat-di-dalamnya/

3. https://www.gramedia.com/literasi/fungsi-air-bagi-manusia-hewan-dan-tumbuhan/

18 komentar

  1. Begitu pentingnya keberadaan air untuk kehidupan manusia. Sehingga, bila kekurangan air maka bisa menghambat aspek kehidupan.
    Aku pernah tinggal sebulan di daerah yang kesulitan air bersih. Duh ya, untuk mandi pun airnya terbatas banget. Kalau musim kemarau, sumur air bersih bisa sampai kering.
    AKu harus membeli air bersih yang biayanya juga nggak sedikit.

    BalasHapus
  2. Betul banget nih kak Water management system bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi krisis air bersih. Karena kebutuhan utama kehidupan manusia tersedianya air bersih

    BalasHapus
  3. Water management system sangat penting karena air merupakan kebutuhan vital setiap makhluk hidup.

    BalasHapus
  4. Masalah air bersih memang sangat krusial apalagi bagi pemukiman yang memiliki sumber air kurang baik, karenanya Water Management System sangat bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah air bersih, terutama daerah perkotaan.

    BalasHapus
  5. Kebutuhan air bersih memang termasuk hal yang utama dalam kehidupan manusia. Sayangnya PDAM di tempat saya tinggal belum bisa konsisten menyediakan air bersih, sehingga saya terpaksa untuk menggunakan air sieble, kualitas air nya memang jauh sekali dari air PDAM. Namun, ini lebih baik karena selalu ada. Semoga PDAM tambah baik ya, sehingga mampu mengalirkan air bersih 24 jam ke setiap rumah.

    BalasHapus
  6. Aku pernah ka Dy... gak dialiri air bersih selama 3 bulan.
    Memang Bandung itu terkenal dengan daerah yang sulit air, apalagi yang rumahnya di daerah tinggi tinggi. Kudu siap dengan konsekuensi kelangkaan air sehingga kalau ada air kudu berhemat dan sebisa mungkin memanfaatkannya dengan baik.

    BalasHapus
  7. Manajemen air bersih itu penting sekali. Sekarang air perkotaan itu gak sebening dulu. Di daerah tertentu keruh, agak kekuningan. Apalagi air itu termasuk salah satu kebutuhan vital manusia.

    BalasHapus
  8. Air adalah kebutuhan penting dalam kehidupan
    Air bersih menjadi tanggung jawab bersama ya mbak
    Tak melulu urusan pemerintah saja

    BalasHapus
  9. Iya lho, sekarang di beberapa kota besar memang ada masalah kualitas dan kuantitas air bersih yang berkurang jumlahnya. Apalagi aktivitas manusia dan perindustrian yang makin beragam. Penting banget ada water management system sebagau solusi mengatasi krisis air bersih, hingga pengolahan limbah cair juga.

    BalasHapus
  10. beruntung banget untuk daerah perumahan yang memiliki air bersih. Di perumahan saya rumah yang bersebelahan saja terkadang beda, lho, kualitas airnya.

    BalasHapus
  11. Ketersediaan air bersih ini mulai jadi tantangan di banyak negara. Apalagi saat dilanda musim kemarau panjang. Saya jadi teringat dengan Australia yang menganjurkan warganya untuk mandi di atas bak penampungan. Air dari sisa mandi tersebut nantinya digunakan kembali untuk menyirami tanaman dan halaman di sekitar mereka.

    BalasHapus
  12. Kebutuhan terhadap air bersih ini tentunya semakin meningkat setiap tahunnya seiring dengan pertambahan penduduk di suatu negara. Sedangkan di lain pihak sumber-sumber mata air sudah banyak yang rusak jadi harus benar-benar ditangani dengan serius water management system ini. Singapura itu keren banget water managementnya.

    BalasHapus
  13. penting sekali water management ini, apalagi di musim kemarau seperti sekarang kalau tidak bijak mengelolanya maka terjadi lagi krisis air

    BalasHapus
  14. menjaga lingkungan ini efeknya ke pengadaan air bersih yaa..

    sayangnya masih banyak saja masyarakat yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan bagaimana menjaganya padahal imbasnya ya ke mereka juga

    BalasHapus
  15. Semoga perusahaan atau lembaga yg perhatian dengan air bersih begini makin merata di tanah air. Soalnya air bersih itu penting banget buat keseharian kita. Mudah akses air bersih, aktivitas juga lebih produktif.

    BalasHapus
  16. Air itu benar-benar sumber kehidupan, kita gak bisa ngapa-ngapain deh kalau gak ada air karena sepenting itu.
    tapi harus dong ya bisa melihat kualitas air, apalagi untuk diminum.

    BalasHapus
  17. Mendapatkan air yang benar-benar bersih dan bening tuh sulit banget. Kalau ada air bersih harus dicek terlebih dahulu kualitasnya, layak untuk dikonsumsi atau tidak.
    Itu sebabnya harus berhemat, karena sumber air bersih juga semakin langka.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih