5 Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta, Menghibur dan Edukatif!

Jumat, 09 Agustus 2024

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta

Tidak harus ke mall untuk mengakses tempat bermain anak terdekat. Jauh lebih menarik jika mengunjungi wisata di Jakarta Utara tepatnya di kawasan Ancol. Jika di mall hanya anak yang bisa bermain ke dalam satu wahana, di Ancol Anda sekeluarga bisa menikmati liburan sekaligus.

Pilihan wahananya pun sangat beragam yang tentunya tidak akan habis untuk sekali kunjungan. Rencanakan liburan Sobat Dy dan keluarga tentunya bersama anak ke wahana di Ancol yang menghibur sekaligus edukatif ini.


5 Tempat Bermain Anak di Jakarta Terdekat

Ancol adalah salah satu kawasan wisata terbesar yang ada di Jakarta. Jika biasanya Anda berkunjung hanya untuk bermain di pantai maka sudah saatnya untuk mencoba mengunjungi wahana lain yang tersedia.

Setiap wahana memiliki ciri khas berbeda yang menghibur sekaligus memiliki sisi edukasi baik bagi anak-anak. Biaya tiket masuknya pun tidak terlalu mahal sehingga Sobat Dy bisa lebih leluasa untuk mengajak kerabat ikut berlibur. Berikut ini pilihan tempat bermain yang bisa dituju:

Dufan

Dufan menjadi salah satu wahana tertua di Ancol namun selalu menambah koleksi wahana bermainnya. Banyak atraksi menarik bagi anak-anak dan aman seperti Treasure Land yang mempertunjukkan pentas seni dengan cerita menarik.

Terdapat juga wahana alap-alap khusus untuk anak dengan tinggi minimal 100 cm. Alap-alap merupakan wahana mirip dengan roller coaster yang aman dan cukup menguras adrenalin anak. Jangan lupa jika Anda tidak ingin mengantri di setiap wahana pilih tiket fast track Dufan.


Samudra Ancol

Pilihan wisata Jakarta di Ancol adalah Samudra Ancol yang merupakan theme park dengan tema laut. Di wahana ini anak bisa belajar tentang aneka satwa, khususnya pinguin yang terdapat di Istana Pinguin. Anak-anak bisa melihat pertunjukan pinguin, putri duyung, anjing laut hingga lumba-lumba.

Sarana rekreasi ini dapat memberikan edukasi aneka ragam satwa laut sekaligus cara menyayanginya. Jika ingin menonton pertunjukan satwa pastikan untuk mengecek jadwalnya agar tidak ketinggalan.


Atlantis Ancol

Masih dengan wahana yang berhubungan dengan air, kali ini adalah water park di mana anak bisa bermain air sepuasnya. Aneka jenis kolam dengan konsep peradaban kota kuno di Mediterania yaitu Atlantis membuat wahana ini lebih menarik.

Ada cukup banyak slide yang bisa dipilih mulai dari paling tinggi hingga terendah yang bisa disesuaikan dengan usia anak. Pilihan kolamnya antara lain kolam kiddy, kolam bola, kolam tanding hingga kolam water outbound.


Sea World Ancol

Anak Anda belum puas melihat pertunjukan satwa laut di Samudra Ancol? Lanjutkan waktu liburan ke Sea World Ancol. Wahana yang merupakan akuarium terbesar dan beraneka ragam yang memiliki ribuan biota air tawar dan laut.

Bukan hanya itu, aktivitas edukasi, konservasi dan hiburan juga tersedia di Sea World yang wajib Anda nikmati. Anak-anak bisa mengunjungi Antasena Tunel yang memberikan sensasi berjalan di bawah laut. Begitu juga dengan kolam ikan hiu, kolam ubur-ubur, dan kolam interaksi yang membuat Anda bisa memegang satwa laut.


Jakarta Bird Land Ancol

Sudah puas dengan edukasi dan hiburan dari satwa laut? Kini Anda perlu mengunjungi wahana yang menyimpan aneka burung. Jakarta Bird Land Ancol merupakan salah satu wahana yang masih baru dengan berbagai aktivitas menarik untuk diikuti.

Sobat Dy dan anak-anak bisa belajar tentang aneka burung, memberi makan burung atau berinteraksi dengan burung yang jinak seperti burung makau dan kakatua. Ada juga pertunjukan burung kakatua dan water bird seperti pelikan. Anak-anak pasti akan mendapat pengalaman baru setelah mengunjunginya.


Kawasan Ancol menjadi salah satu wisata yang kerap dikunjungi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Jadi jangan sampai Anda ketinggalan untuk mengunjungi setiap wahana yang tersedia apalagi bisa menghibur sekaligus mengedukasi anak.

Pastikan juga untuk membeli tiket jauh-jauh hari agar lebih praktis saat berkunjung. Tidak perlu antri lagi yang bisa menghabiskan terlalu banyak waktu liburan. Selalu kawal anak selama berlibur dan jangan lupa untuk mengisi baterai hp agar bisa memotret wajah ceria si kecil.

Siapkan jadwal liburan Sobat Dy dan jangan lupa tentukan wahana apa saja yang akan dikunjungi nantinya.


Sumber:

1. https://www.orami.co.id/magazine/tempat-wisata-anak-di-jakarta

2. https://www.ancol.com/blog/fast-track-dufan/

3. https://www.ancol.com/blog/jakarta-bird-land/

4. https://www.ancol.com/unit-rekreasi/sea-world-ancol--3

5. https://www.ancol.com/unit-rekreasi/atlantis-ancol--4

23 komentar

  1. Punya impian banget buat ajak Atala ke sea world, biar ga baby shark aja yang diliatin gitu 😂😂😂

    BalasHapus
  2. Pas liburan kemarin bawa anak-anak ke Dufan, lumayan seru memang, tapi harus nyari permainan dan wahana yang benar-benar sesuai dengan usia mereka, ya. Beberapa sangat menghibur dan memang edukatif juga

    BalasHapus
  3. Wah, kemarin sempat singgah di Jakarta 4 hari namun belum sempat keliling-keliling, karena badan masih capek banget habis dari Bandung. Tahun depan nih musti jangan sampai terlewatkan lagi untuk mampir Dufan, Sea World Ancol, dan lain-lain.

    BalasHapus
  4. Kayaknya enggak perlu nunggu punya anak dulu deh untuk ke wahana yang ada di Ancol. Namanya aja aku sendiri udah pengin banget ke sana, apa lagi ke Sea World. Inner child langsung meronta-ronta

    BalasHapus
  5. Berkali-kali ke Ancol dan belum pernah masuk ke sea world, hihihi. Harus dicoba nih, nggak afdol ke Ancol kalau tak ke Sea World.

    BalasHapus
  6. Berkali-kali ke Ancol tapi belum pernah masuk ke sea world. dududu. Semoga nanti ada kesempatan ke sana.

    BalasHapus
  7. Dulu sering banget ke Ancol dan pasti mampir ke Sea World juga. Masih inget berbinar banget masuk ke akuarium raksasa dengan ribuan biota air tawar dan laut. Main ke Dufan juga udah pernah, banyak atraksi menarik yang bisa bikin puas seharian.

    BalasHapus
  8. udah lama banget gak ke Dufan, semoga bisa kesampean kesana lagi :D

    BalasHapus
  9. Baru Dufan yang sudah saya kunjungi, 2 kali. Yang terakhir saya mabok gara2 naik wahananya. Tapi nagih pengin ke sana lagi. Ahahha.

    BalasHapus
  10. Kawasan Ancol nie emang banyak banget destinasi wisata yang bisa dikunjungi ya. Aku aja yang dewasa suka banget ke Ancol, apalagi anak-anak.

    BalasHapus
  11. Sebelum baca artikel ini, baru aja nonton salah satu vlogger yang lagi liburan ke dufan loh, kok bisa pas yaaa. Jadi mau bawa atala deh ke dufan

    BalasHapus
  12. Waaaah....Dufan emang gak pernah bosen buat dikunjungi..seharian gak kerasa tapi belum semua wahana dikunjungi saking luasnya. Berkali-kali kesana tapi gak bosen² deh hehehe

    BalasHapus
  13. Di Jakarta mah banyak banget tempat bermain anak. Ini semua udah aku kunjungi. Tapi, sayangnya ke Dufan nggak semua wahana berani aku naikin sih, haha. Trauma naik kora-kora, huhu.

    BalasHapus
  14. Dari kelimanya, aku baru mengunjungi Dufan dan Sea World. Ke Dufan entah sudah berapa kali, mungkin lebih dari lima kali. Namun, hingga sudah jadi emak-emak seperti sekarang masih belum bosan dengan yang namanya Dunia Fantasi. Kalau ke Sea World baru satu kali dan rasanya harus ke sana lagi karena dulu ke sana pas masih gadis. Anak-anakku belum pada tahu Sea World.

    BalasHapus
  15. Wahana di Dufan makin bertambah dan bervariasi ya. Pilihan yg tepat untuk mengajak anak liburan ke Ancol karena disana banyak pilihan wahana dan rekreasi.

    BalasHapus
  16. Masya Allah, banyak sekali pilihan tempat wisata untuk anaknya ya, mbak. Gak akan cukup kalau cuma sekali dua kali berkunjung ke sana. Ancol memang sudah famous sekali ya. Jadi tujuan wisata keluarga yang edukatif. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  17. Kawasan Ancol ini memang surganya liburan wahana kalo di Jakarta ya. Sampai sekarang aku belum kesampaian ke Sea World, kalo Dufan dll nggak terlalu pengen, hehe. Walaupun secara letak agak waswas juga ini Jakarta Utara, takut tenggelam :')

    BalasHapus
  18. Salah satu tempat yang paling ingin ku kunjungi lagi di Ancol adalah Dufan. Entah kapan lagi ya bisa ke Ancol bawa anak-anak. Kayaknya jauh banget yaa kalau dari Batam wkwk

    BalasHapus
  19. Bener sih Ancok sama Dufan menarik buat liburan bareng anak anak

    BalasHapus
  20. Sebagai warga Jatim, baru tau kalo di Jakarta ada wahana edukasi hewan selain hewan air. Menarik nih kalo mau berkunjung ke Jakarta sambil bawa anak. Hiburannya dapet, edukasi nya juga dapet.

    BalasHapus
  21. Aaah kapan2 harus ajakin anak ke Jakarta sih wkwkwk meskipun pasti ditanya banyak orang "ngapainn?" karena di malang jg ada tempat yang mirip2 gitu kan, tp kan beda vibesnya ga sih dan pasti beda jg fasilitasnya mungkin

    BalasHapus
  22. Pengen ngajakin anak2 ke Dufan ancol.. tapi kayaknya ada persyaratan umur ngga ya Mbak

    BalasHapus
  23. Tiap ke Jakarta belum kesampaian mau main ke tempat-temapt di atas, akhirnya cukup menyimak dari jauh dengan online untuk merasakan keseruannya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih