Ingin Tahu Manfaat Serum Wajah? Ini Lo Manfaatnya

Rabu, 14 Agustus 2024

Manfaat Serum Wajah


Apakah saat ini Sobat Dy menggunakan serum wajah sebagai bagian dari perawatan wajah sehari-hari? Mengapa Sobat Dy memilih serum sebagai bagian dari perawatan wajah?

Saat ini serum wajah bukan lagi hal yang eksklusif karena hampir sebagian produsen kosmetik sudah memproduksi serum sebagai bagian perawatan wajah sehari-hari. Misalnya Rembaka dengan produknya La Tulipe, Paragon dengan produknya Wardah dan Emina, Viva Cosmetic dengan produknya Viva dan Red A, Opto Lingkar dengan produknya Scarlett dan masih banyak lagi lainnya.

Daripada penasaran yuk cari tahu apa sih manfaat serum wajah sebagai bagian dari perawatan wajah harian! SImak artikel ini hingga akhir ya.


Manfaat Serum Wajah

Serum wajah merupakan salah satu skincare yang berwarna jernih, teksturnya ringan dan bebas minyak. Umumnya dikemas dalam botol kecil, tetapi ada juga produsen kosmetik yang mengemasnya dalam bentuk sachet dengan gramasi yang lebih kecil.

Walaupun kemasannya kecil, tetapi kandungan bahan aktif banyak lo. Di antaranya berbagai jenis vitamin, antioksidan, hingga retinol. Teksturnya yang ringan bertujuan agar mudah meratakannya ke seluruh wajah dan mudah diserap oleh kulit wajah.

Umumnya harga serum lebih mahal dibandingkan pelembab biasa, karena menggunakan kandungan aktif dalam dosis tinggi. Selain itu manfaat serum wajah juga lebih bagus dibandingkan pelembab. 

Sobat Dy dapat memilih serum wajah berdasarkan kebutuhan kulit wajah masing-masing. Berikut manfaat serum wajah berdasarkan fungsinya:

-Melembabkan wajah

-Memperbaiki tekstur wajah

-Menangkal radikal bebas

-Mencegah penuaan atau anti aging

-Mencerahkan wajah

-Merawat kulit sensitif 

-Mencegah jerawat

-Mencerahkan wajah


Cara Menggunakan Serum Wajah

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa serum merupakan cairan dengan konsentrasi tinggi maka penggunaannya pun cukup sedikit saja. Tuangkan 1 hingga 2 tetes cairan serum kemudian ratakan pada seluruh wajah. Teksturnya yang ringan dapat dengan mudah diratakan ke seluruh wajah.

Namun, sebelum memilih serum, pastikan SObat Dy telah mengetahui jenis kulit dan permasalahan yang dialami, agar serum yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Selanjutnya agar hasilnya optimal, Sobat Dy perlu juga  mengetahui cara menggunakan serum wajah yang benar sebagai berikut:

Pilih serum wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Sebelum memilih serum wajah, pastikan Sobat Dy memahami jenis kulit dan permasalahan wajah yang dialami. Beberapa serum didesain khusus untuk jenis dan kondisi kulit. Sayangkan jika sudah beli mahal, tetapi ternyata salah beli


Membersihkan wajah

Jika wajah bersih dari kotoran dan minyak maka serum dapat bekerja optimal. Sobat Dy dapat membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah dan keringkan. Kemudian dilanjutkan dengan micellar water atau milk cleanser.


Teteskan serum

Setelah wajah bersih, teteskan serum langsung pada wajah. Jika pada kemasan sudah terdapat pipet maka teteskan langsung pada wajah sehingga langsung terserap pada wajah. Jika serum diletakkan dulu pada punggung tangan maka sebagian serum justru akan meresap ke kulit tangan.


Ratakan serum

Ratakan serum segera ke seluruh wajah hingga leher dan tepuk-tepuk dengan lembut agar serum segera meresap ke kulit.


Setelah serum digunakan dengan baik. Sobat Dy dapat melanjutkan dengan menggunakan pelembab wajah. Selain itu pastikan juga pelembab wajah yang digunakan sesuai dengan jenis kulit juga ya.

Jika Sobat Dy menggunakan serum wajah di pagi hari sebaiknya gunakan juga sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 dan gunakan 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Beberapa kandungan serum akan berakibat buruk jika terkena sinar UV, misalnya retinol dan AHA yang akan membuat kulit lebih sensitif jika terkena sinar UV.

Hal penting lainnya adalah menggunakan serum dengan rutin agar hasilnya optimal dan kulit sehat dan bercahaya.

Menggunakan serum wajah


Waktu Yang Tepat Menggunakan Serum Wajah

Sebaiknya kapan yan waktu yang tepat untuk menggunakan serum wajah? Sobat Dy dapat menggunakannya di pagi hari dan malam hari atau salah satu saja. Pemakaian serum di waktu yang tepat dapat mengoptimalkan hasil yang diperoleh.

Sobat Dy dapat menanyakan waktu yang sesuai menggunakan serum wajah yang dipilih pada beauty assistant yang bertugas dengan detail. 

Pagi hari

Pagi hari sebelum beraktivitas merupakan waktu yang baik untuk menggunakan serum. Umumnya serum yang digunakan di pagi hari berfungsi untuk mencerahkan kulit atau serum yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas karena mengandung antioksidan.


Malam hari 

Malam hari, sebelum tidur merupakan waktu yang ideal untuk merawat kulit wajah, karena regenerasi kulit terjadi di malam hari. Selain itu beberapa kandungan aktif serum juga efektif digunakan di malam hari seperti retinol.


Pastikan wajah telah bersih sebelum mengaplikasikan serum pada wajah seperti informasi sebelumnya ya. Selain itu, diperlukan waktu sekitar 5 hingga 10 menit agar serum dapat meresap ke dalam kulit wajah. Oleh karena itu Sobat Dy perlu mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan sebelum melanjutkan mengenakan produk perawatan kulit sebelumnya.


Indikasi Serum Wajah Tidak Cocok Dengan Kulit Kita

Kesalahan memilih serum wajah dapat berakibat buruk bahkan memperparah kondisi wajah. Berikut indikasi serum wajah yang tidak cocok saat diaplikasikan pada kulit wajah:

-Kulit wajah menjadi kering bahkan hingga terkelupas.

-Muncul bintik merah atau ruam kemerahan hingga rasa terbakar pada kulit wajah.

-Muncul jerawat secara tiba-tiba.

-Kulit wajah menjadi kasar

-Kulit wajah menjadi lebih berminyak

-Timbul rasa gatal pada wajah

-Warna kulit wajah menjadi lebih gelap


Belum diketahui secara pasti durasi waktu yang diperlukan untuk mengetahui serum wajah cocok atau tidak pada kulit wajah kita, karena tingkat sensitivitas setiap orang berbeda-beda. 


Penutup

Apapun produk perawatan wajah yang Sobat Dy pilih pastikan sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, karena hasil yang ditimbulkan berbeda antar individu. Harga serum pun tidal menjadi jaminan bahwa serum tersebut merupakan serum yang bagus dan cocok dengan kulit kita.

Selain menggunakan serum perwatan wajah yang lain pun juga diperlukan terutama saat usia sudah menginjak 40 tahun. Aneka perawatan wajah saat usia 40 tahun juga perlu dilakukan secara usia tidak bisa berbohong bukan. 

Serum wajah apa yang Sobat Dy pilih saat ini? Cerita di kolom komentar yuk dan jangan lupa simak pilihan serum wajah sesuai jenis kulit ya.


Referensi

1. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/fungsi-serum/

2. https://www.alodokter.com/begini-cara-memakai-serum-yang-benar

3. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/ciri-ciri-skincare-tidak-cocok-di-kulit

21 komentar

  1. Saya sedang berusaha merawat kulit wajah dengan cara menggunakan serum wajah pagi dan malam hari. Tapi ada teman yang bilang kalau serum cukup digunakan malam hari aja. Setelah baca tulisan mb Dyah aku jadi yakin sudah pakai serum pagi dan malam.

    BalasHapus
  2. Aku lagi pake serum dari viva, kandungannya ada bakuchiol. Gampang dibeli di minimarket dengan harga yg terjangkau tapi bisa bikin kulitku sehat. Walaupun kadang males pakenya hehehe

    BalasHapus
  3. Ya Allah Manfaatnya banyak banget.. maafkan aku yang masih sering banget mager buat pakai hikz.. nanti mau pakai lagi..

    BalasHapus
  4. Wah, kondisinya bisa gatal² ya kalo g cocok. Aku kira kulitku sensitif kalo pake produk tertentu. Tapi pas baca bisa jadi karena produknya g cocok ya.. 🥲

    BalasHapus
  5. Kulit aku termasuk sensitif, jadi termasuk jarang gonta-ganti skincare termasuk serum, tapi memang sih sejak pakai serum beberapa masalah kulit mulai teratasi meskipun belum tuntas semua. Ternyata serum memiliki banyak sekali manfaat ya bagi kesehatan kulit, terutama kulit aku yang termasuk sensitif, mudah banget mengalami masalah.

    BalasHapus
  6. Bener banget, Mbak. Serum mengandung bahan aktif dan berfungsi membuka jalan agar penyerapan pelembap lebih maksimal. Aku biasanya pakai serum di malam hari dan lebih suka serum yang ringan.

    BalasHapus
  7. Serum wajah ternyata tidak perlu digunakan berlebihan ya mba. Cukup satu atau 2 tetes yang langsung dioleskan ke wajah agar langsung terserap.
    Kadang karena ingin cepat mendapatkan hasil seperti yang diinginkan penggunaan jadi malah over.

    BalasHapus
  8. Wah banyak sekali ternyata ya manfaat dari serum wajah ini, saya sudah mulai rutin menggunakan serum sebagai basic skincare saya, dan memang mulai membaik kulit saya jika digunakan dengan benar

    BalasHapus
  9. Serum ini kecil-kecil cabe rawit, ya. Biarpun kecil harganya lumayan, tetapi sesuai dengan kandungan aktifnya yang cukup banyak. Lagian pengaplikasiannya juga cukup beberapa tetes saja.

    BalasHapus
  10. Memang usia tidak bisa bohong, makin bertambah usia perawatan kulit harus lebih ekstra lagi karena kerut halus, flek sudah mulai muncul. Nah jeleknya aku tu kurang konsisten beli semangat tapi mengaplikasikannya senin kamis alias suka bolong bolong (gusti yeni)

    BalasHapus
  11. Ternyata serum wajah dapat digunakan juga untuk memperbaiki tekstur wajah ya. Saya baru tahu. BTW, sampai saat ini saya masih belum menemukan serum yang cocok. Kulit saya malah jadi muncul jerawat. Semoga artikel ini, bisa membantu lebih saya lebih mudah menemukan serum wajah yang cocok, terlebih lebih paham akan jenis kulit wajah saya sendiri.

    BalasHapus
  12. Benar sekali serum saat ini penting sekali bagi kulit wajah kita. Apalagi jika sering beraktivitas keluar rumah

    BalasHapus
  13. Serum mahal bukan berarti akan cocok dengan kulit kita ya..makanya kita harus memperhatikan indikasi seperti apa serum tidak cocok bagi kulit kita

    BalasHapus
  14. Aku sekarang pake serum vitamin C. Hasilnya sesuai banget dengan klaimnya. Kulit ku terlihat lebih cerah dari sebelumnya. Mantep banget emang manfaat serum ini.

    BalasHapus
  15. Aku juga suka pakai serum mbak untuk perawatan. Kalau habis pakai serum tuh wajah jadi lembab dan glowing aku suka, haha. Tapi, kadang suka males kalau pakai nya malam hari.

    BalasHapus
  16. Kalau serum wajah saya belum pernah pakai, sih. Karena merasa baik-baik saja dengan wajah yang sekarang (padahal harusnya tetep pakai ya?). Tapi dulu sering pakai serum khusus kelopak mata biar kelopak matanya nggak menghitam habis begadang.🤭

    BalasHapus
  17. Serum wajah saya pakai pagi dan malam hari untuk meratakan warna kukit, dan menjadikan kulit lebih lembab. Agar hasil maksimal, pemakaian harus rutin dan telaten

    BalasHapus
  18. pernah pake serum tapi karena hamil terus berenti karena kuatir ngaruh ke janin, perlu banyak cari tahu sih yang aman untuk bumil, jadi sementara pake serum natural yang bahannya EO blend aja

    BalasHapus
  19. Nah di usiaku yang udah 30+ ini serum menjadi salah satu rangkaian skinker wajib yang harus ada. Serum memang punya khasiat lebih dibanding skinker lainnya. Tapi dia tetap membutuhkan pemakaian skinker basic lainnya. ya kalau pengen wajah tetep awet muda, wajib pakai serum sih menurutku.

    BalasHapus
  20. Aku aku akuuu... Aku akhir2 ini rajin pake serum wajah mbak. Masuk usia kepala 3, mulai sadar diri buat perawatan kulit lebih rajin, biar tetep bisa cantik di depan suami, hihi. Setuju sih, kecil2 cabe rawit nih. Serum tuh botolnya kecil, tapi kalo menyadari kandungan dan manfaatnya, rasanya kayak sayang gitu melewatkan rutinitas pakai serum dan skincare setiap hari wkwk..

    BalasHapus
  21. Serum itu si kecil-kecil cabe rawitnya. Ukurannya kecil, tetapi biasanya harganya lebih mahal dari jenis skincare yang lain. Namun, tentunya ini sebanding dengan konsentratnya yang tinggi. Lagian pakainya juga hanya dua sampai tiga tetes, nggak akan cepet habis.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih