Gardenia Glow Serum Lotion Efektif Mengatasi Kulit Kering Yang Kualami

Rabu, 28 Agustus 2024

Gardenia Glow Serum Lotion Efektif Mengatasi Kulit Kering

"Mbak Dy, kenapa pakai lotionnya banyak seperti itu!" tanya temanku setengah berteriak. Duh hebohnya batinku, aku pun terkejut mendengarnya. Ternyata dia heran melihatku menggunakan lotion dalam jumlah banyak. Aku jelaskan padanya bahwa hal inilah yang aku lakukan karena efektif mengatasi kulit kering yang kualami.

Jujurly jika kulit kering terasa kering maka penderitaan selanjutnya adalah munculnya rasa gatal. Jika rasa gatal sudah menyerang, rasanya gemes ingin menggaruknya. Kadang tanpa saya sadari menggaruk terlalu keras hingga lecet dan terasa perih. Oleh karena itu saya kerap mengoleskan lotion cukup banyak agar kulit tidak terasa kering.

Teman saya menyarankan untuk mencoba serum lotion karena lebih efektif menjaga kelembapan kulit sehingga saya bisa terbebas dari kulit kering. Dia pun memberikan serum lotion miliknya untuk saya coba, Gardenia Glow serum lotion namanya.

Dia juga menginformasikan bahwa serum lotion tersebut andalannya untuk glowing setiap hari. Semakin penasaran nih jadinya untuk mencoba. Tak menunggu lama saya pun segera menyambut serum lotion pemberiannya dan membuktikan review Gardenia Glow yang telah dipakainya.

Sebetulnya apa ya bedanya serum lotion dan lotion pada umumnya? Benarkah serum lotion dapat mengatasi kulit kering yang kualami selama ini? Daripada penasaran, yuk simak artikel ini hingga akhir ya! 

Glowing setiap hari dengan Gardenia Glow Serum Lotion


Mengatasi Kulit Kering

Jika kulit terasa kering itu menyiksa lo Sobat Dy. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, kalau rasa gatal menyerang reflek deh garuk-garuk kadang sampai lecet karena terlalu keras menggaruknya. Jadi tidak PD kan kalau sampai muncul luka, duh malunya.

Beberapa hal dapat menyebabkan kulit kering di antaranya berada dalam ruangan ber AC dalam jangka waktu lama, paparan sinar matahari, mandi terlalu lama, pemakaian produk perawatan kulit yang kurang tepat. Selain itu gangguan kulit seperti eksim dan psoriasis juga dapat menyebabkan kulit kering.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering, yaitu:

Hindari mandi menggunakan air yang panas 

Hangatnya air yang digunakan mandi tentunya membuat badan terasa lebih nyaman. Biasanya rasa pegal karena aktivitas seharian berkurang. 

Sayangnya air hangat yang cenderung panas ini dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Oleh karena itu sebaiknya gunakan air yang hangat saja dan tidak terlalu lama, sekitar 10 menit saja ya. 


Mengeringkan kulit dengan lembut

Setelah mandi, keringkan badan dengan lembut menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk saja. Mengeringkan badan dengan cara menggosok badan terlalu keras dapat membuat kulit semakin kering. 


Gunakan sabun mandi berbahan lembut

Saat ini varian sabun mandi yang beredar di pasaran cukup banyak. Selain dikemas dengan kemasan menarik, harumnya pun variatif. Sehingga membuat konsumen ingin mencobanya. Apalagi ada potongan harga atau paket bundling yang ditawarkan. Tawaran yang menarik bukan. Namun, sayangnya tidak semua


Hindari udara dingin 

Udara yang dingin yang biasa terjadi di bulan Juli dan Agustus di lingkunganku tinggal memang menyenangkan. Apalagi Sidoarjo cuacanya lumayan terik. Namun, hawa dingin ini diiringi juga dengan kelembapan  udara yang tinggi pula. Sehingga kulit terasa semakin kering.

Untuk mengatasinya biasanya saya menggunakan ekstra lotion. Selama ini cara tersebut ampuh mengatasi agar kulit tidak semakin kering. Jika diperlukan, Sobat Dy juga dapat menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara.


Gunakan body care

Setelah mandi Sobat Dy dapat menggunakan body care untuk melembapkan kulit. Ada beberapa macam body care yang dapat dipilih, di antaranya body serum lotion, body lotion, body cream.

Kandungan body care pun bermacam-macam. Sobat Dy dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kulit. Body care dengan kandungan niacinamide dan milk dapat membuat kulit tampak segar segar dan cerah. Body care dengan kandungan ceramide dapat meredakan kulit kering. Sedangkan bodycare dengan kandungan gliserin dapat menjaga kulit tetap terhidrasi.   


Gunakan tabir surya

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya ya yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Terutama jika Sobat Dy akan melakukan aktivitas di luar ruangan.


Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Air merupakan komponen penyusun tubuh terbesar manusia. Oleh karena itu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah penting. 


Body Lotion vs Serum Lotion

Sekilas saya tidak menyadari perbedaan body lotion dan serum lotion. Ternyata keduanya memiliki perbedaan di antaranya :

-Serum lotion lebih mudah diserap kulit karena teksturnya yang lebih ringan dibandingkan body lotion.

-Kandungan serum lotion lebih lengkap dibandingkan body lotion sehingga memberi manfaat lebih banyak pada kulit.

Gardenia Glow Serum Lotion Simple Bodycare Routine


Gardenia Glow Serum Lotion

Gardenia Glow serum lotion tersedia dalam kemasan botol 200 ml. Desainnya menarik dominan gambar bunga sesuai dengan variannya. 

Varian Gardenia Glow

Ada 3 varian yang tersedia yaitu:

Midnight Gardenia

Aromanya lembut ada campuran harum bunga yang menyegarkan. Warna kemasannya dominan ungu. Saya paling suka harumnya.


Royal Jasmine

Seperti namanya jasmine yang berarti melati dalam bahasa Indonesia, aroma melatinya khas. Warna kemasannya dominan tosca.


Taifi Rose

Seperti namanya rose yang berarti mawar dalam bahasa Indonesia, aroma khas mawarnya menyenangkan. Warna kemasannya dominan merah maroon. 


Komposisi

Berdasarkan review temanku terkait simple body care routine pilihannya, Gardenia Glow serum lotion. Bahwa komposisinya dapat mengatasi kulit keringnya dan membuatnya glowing setiap hari membuatku penasaran ingin membuktikannya. Secara pemakaian lotion saya ugal-ugalan dan membuat teman saya terheran-heran. Hehehe apakah saya seekstrim itu ya. Duh jadi berasa gimana gitu.

Produk baru dari brand Na'eem, Gardenia Glow serum lotion ini mempunyai kandungan yang saya butuhkan. Kandungan gliserin,niacinamide, goat milk di dalamnya dapat menjaga kelembapan kulit, mencerahkan dan meratakan warna kulit. Tidak hanya itu, Gardenia Glow serum lotion juga dilengkapi dengan UV protection. Wah paket lengkap pikir saya. 


Cara pakai

Tuang serum lotion secukupnya pada telapak tangan. Usapkan pada seluruh tubuh secara merata. Pastikan Sobat Dy menggunakan serum lotion Gardenia Glow secara rutin pada pagi dan malam agar mendapatkan hasil yang optimal, kulit menjadi sehat, lembab dan glowing.


Review Pemakaian Gardenia Glow Serum Lotion

Ternyata setelah saya gunakan, saya jatuh cinta dengan harum dan teksturnya yang lembut. Teksturnya ini tidak kental sekali ataupun encer lo, sehingga saat digunakan tidak perlu digosok berulang dapat langsung terserap kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket. Tidak hanya itu harumnya awet dan kalem. 

Review Gardenia Glow Serum Lotion


Eh sulung saya ternyata juga suka dan langsung mencobanya. Duh anak jaman now ya, ingin ikutan glowing setiap hari juga. Walaupun dia belum genap 12 tahun, tetapi Gardenia Glow serum lotion tidak menimbulkan iritasi pada kulitnya.

Berhubung anak sulung juga ikut menggunakan simple body care routine ini, akhirnya saya pun membelinya di marketplace kesayangan dan mencoba semua variannya. Sobat Dy ingin mencobanya juga bukan berdasarkan review Gardenia Glow serum lotion yang saya gunakan? Cuzz langsung deh ke marketplace kesayangan

Ternyata harganya terjangkau pakai banget, saya baru tahu saat membelinya di marketplace, karena sebelumnya kan hanya diberi teman. Dengan manfaaat yang begitu banyak saya kira harganya cukup mahal, ternyata tidak lo. Buruan deh Sobat Dy segera belanja serum lotion Gardenia Glow.

Pastikan Sobat Dy membelinya di official storenya agar tidak tertipu dengan produk tiruan apalagi produk palsu. Link yang saya informasikan sebelumnya. Bagaimana pengalaman Sobat Dy menggunakan Gardenia Glow lotion?

Read More

Si Juki The Movie, Film Kartun Asli Indonesia

Senin, 26 Agustus 2024

Si Juki The Movie, Film Kartun Asli Indonesia


"Bu, Juki sudah ada di bioskop. Nanti nonton ya," pinta anak tengah. Kakak dan adiknya pun meminta hal yang sama. Mereka suka dengan film animasi Si Juki, film kartun asli Indonesia yang kerap tayang di salah satu stasiun televisi.

Saya sendiri hanya sempat lihat sekilas filmnya. Kocak sih, latar belakang budaya yang diangkat menggunakan adat Betawi. jika Sobat Dy sempat mengikuti sinetron SI Doel Anak Sekolahan, kurang lebih hampir sama. 

Kami sekeluarga memang hobi nonton film sih. Film terakhir yang kami tonton bersama adalah Petualangan Sherina 2. Sampai sekarang lagunya masih sering diputar kiddos, sampai saya pun bosan hehehe. Ada yang samaan ga sih dengan saya?

Suami dan saya pun mengatur waktu yang memungkinkan untuk menonton. Kami memilih malam, karena jam yang memungkinkan saat itu malam selepas suami pulang kerja. Sebelumnya kiddos harus sudah menyiapkan buku pelajaran dan sudah belajar untuk sekolah keesokan harinya, agar tidak ada drama di pagi hari,

Cuzz deh Selasa malam tanggal 2 Juli yang dipilih untuk menonton Si Juki The Movie, Harta Pulau Monyet di bioskop Transmart Sidoarjo. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari rumah. Seember pop corn siap menemani kami menonton film kartun asli Indonesia ini.


Kreator Juki

Sebelum bahas film Si Juki, kenalan dulu dengan sosok kreator yang menciptakannya, yuk!. Faza Meonk merupakan salah satu tokoh yang mendorong kemajuan bisnis komik di Indonesia. Pemilik nama Faza Ibnu Ubaidilah ini merupakan kreator Si Juki dan berhasil menjadi entrepreneur muda sukses.

Faza menciptakan karakter Si Juki pada tahun 2011. Faza menggambarkan sosok Juki dalam kesehariannya dengan cerita yang menarik. Juki adalah seorang mahasiswa dengan penampilannya yang unik.

Komik Si Juki pun sukses menarik perhatian penyuka komik di Indonesia dan berhasil mengantarkan Faza menjadi entrepreneur sukses di usia muda. Namun, kesuksesannya tidak membuatnya untuk berhenti berkarya sehingga muncul karakter lain selain SI Juki.

Inovasi lain yang dilakukan Faza adalah meningkatkan popularitas Si Juki dengan membuat filmnya. Sehingga karakter ikonik Juki menjadi lebih dikenal masyarakat. Film pertama yang digarap adalah Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir yang dirilis tahun 2017.

Tujuh tahun kemudian film kedua pun dirilis dengan judul Si Juki The Movie: Harta Pulau Monyet. Saya belum sempat menonton film yang pertama sehingga praktis saya hanya mengenal sosok Juki setelah menontonnya di film yang kedua. 


Si Juki The Movie

Film ini sukses mengocok perut saya dan keluarga. Selain dari dialognya juga dari penggambaran sosok kartunnya. Pemikiran yang anti mainstream, out of the box deh pokoknya.

Pengisi suara Si Juki The Movie 2024


Si Juki The Movie : Harta Pulau Monyet memang film yang lucu dan menghibur. Tidak hanya film untuk anak-anak, tetapi juga dapat dinikmati orang dewasa. Filmnya pun tidak membosankan menurut saya. Berikut para pengisi suaranya:

-Jaja Miharja sebagai Bang Mamat

-Indro Warkop sebagai Profesor Juned

-Maya Wulan sebagai Emak Ijah

-Wizzy sebagai Juleha

-Megan Domani sebagai Susi

-Mandra sebagai Bang Mandra

-Rigen Rakelna sebagai Bang Odan


Ada dua sutrada yang berkolaborasi dalam film ini yaitu Faza Meonk dan Darryl Wilson untuk sutradara animasinya. Faza dan Yahya M bekerja sama menuliskan naskah. Produser dari Studio Falcom Pictures dilaksanakan oleh Frederica. Film dengan durasi 107 menit dapat dinikmati semua umur. 


Sinopsis Si Juki The Movie : Harta Pulau Monyet

Sobat Dy yang belum menonton filmnya dapat menyimak thrillernya terlebih dahulu:


Film dimulai dengan Mak Ijah yang membangunkan Juki. Di awal film pun penonton sudah dibuat ngakak karena Juki celingukan mencari semangat mandi dan tentu saja semakin membuat Mak Ijah semakin senewen. Efek teriakan sampai rumah terangkat dan bibir yang ndower kesana kemari membuat kiddos ngakak. Y ampun film ini ya awalnya aja sudah begini batin saya.

Jujurly saya tidak mempunyai gambaran film ini akan bercerita tentang apa, karena judulnya kok Harta di Pulau Monyet. Ternyata Juki menemuka peta harta karun peninggalan leluhurnya di gudang rumahnya. Kondisi keuangan keluarga Juki yang sedang carut marut membuatnya mencari informasi tentang peta harta karun yang ditemukannya ke pamannya, Profesor Juned. 

Profesor Juned yang pikun merupakan seorang peneliti yang mempunyai laboratorium sendiri di rumahnya. Beliau yang mencari informasi bahwa Pulau Monyet benar adanya. Informasi ini disampaikan Juki ke babe dan emaknya, panggilan ayah dan ibu untuk orang Betawi, Bang Mamat dan Mak Ijah.

Singkat cerita mereka berempat berangkat untuk mencari pulau Monyet, Juki, Bang Mamat, Mak Ijah, dan Prof. Juned. Mereka menyewa kapal milik Susi. Kapal ini ibarat keluarga bagi Susi yang telah ditinggal meninggal orangtuanya sejak kecil.

Namun, dalam perjalanan menuju Pulau Monyet mereka bertemu dengan gerombolan bajak laut yang dipimpin Kapten Badai yang ingin merebut peta tersebut. Untunglah peta dapat diselamatkan dan mereka lolos dari kejaran bajak laut. 

Setibanya di Pulau Monyet perjuangan belum berakhir walaupun peti harta karun berhasil mereka ambil. Akankah Juki berhasil membawa harta karun keluar dari Pulau Monyet? Apakah perekonomian keluarga Juki akan membaik setelahnya?  


Kesan

Walaupun film Juki merupakan film kartun, tetapi saya mendapatkan banyak insight. Di antaranya hargai usaha anak dan dengarkan pendapatnya, seperti Indra kakak Juki yang programmer dan mendapatkan pekerjaan di slaah satu ojek online. Kompetitor usaha bajai milik babenya, Bang Mamat.

Inovasi penting dilakukan agar bisnis tetap berjalan, karena tidak ada yang abadi. Bang Mamat melakukan usulan Juki untuk membuat pangkalan bajai yang memanfaatkan sungai di Jakarta.

Keluarga itu yang utama, buktinya Emak Ijah tetap ingin mendampingi suaminya dan anaknya dalam berburu harta karun. Susi yang menjaga pesan ayahnya dan tetap memilih menjadi pelaut untuk mengenang sang ayah.

Dan seperti biasa setelah menonton film, diskusi tentang hikmah yang ditangkap setiap anak pun saya gali untuk mengetahui pemahaman mereka dan apa yang telah mereka pelajari. Tidak hanya sekedar menonton film saja.


Film Kartun Asli Indonesia

Dengan menonton film kartun asli Indonesia ini juga merupakan salah satu usaha untuk mendukung industri animasi Indonesia. Film kartun atau animasi karya anak bangsa perlu didukung agar industrinya berkembang terus baik di Indonesia maupun di dunia internasional.

Beberapa film kartun karya anak bangsa ini juga meraih beberapa penghargaan dan dikenal di dunia. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi film kartun asli Indonesia ini juga dapat dinikmati oleh orang dewasa.

Berikut beberapa film kartun asli Indonesia yang juga dikenal dunia:

-Battle of Surabaya

-Hebring

-Knight Kris

-Si Juki The Movie

-Meraih Mimpi

-Lakon Pada Suatu Ketika

-Petualangan SInga Pemberani.


Saya belum melihat semua film kartun tersebut, hanya Juki saja yang baru saya tonton. Mau berburu filmnya deh. Turut bangga dengan film kartun asli Indonesia.

Semoga industri animasi Indonesia semakin berkembang dan menghasilkan karya yang spektakuler untuk mendukung Indonesia maju. Karya film yang tidak hanya menghibur tetapi juga sebagai media untuk menyampaikan informasi dan mengedukasi masyarakat.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. CErita di kolom komentar yuk filam kartun apa yang berkesan untuk Sobat Dy? Syukur-syukur filmnya asli Indonesia.


Referensi

1. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20230202130607-225-908070/7-film-animasi-buatan-indonesia-salah-satunya-battle-of-surabaya.

2. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20240627200600-220-1115069/sinopsis-si-juki-the-movie-harta-pulau-monyet-misi-buru-harta-karun

Read More

Legendary Perfume Anti Mainstream Souvenir Dari Malaysia

Jumat, 23 Agustus 2024

Legendary Perfume Anti Mainstream Souvenir Dari Malaysia


Pernahkah Sobat Dy memperoleh buah tangan parfum baik dari kolega maupun kerabat? Jujurly, baru kali ini saya mendapatkan buah tangan parfum. Parfum tersebut merupakan bah tangan dari adik saya yang telah melakukan perjalanan dinas ke Malaysia. Konon parfum yang dia berikan tersebut merupakan anti mainstream souvenir dari Malaysia.

Umumnya buah tangan atau souvenir yang kita peroleh dari kerabat atau kolega adalah gantungan kunci, kaos atau makanan khas daerah tersebut. Intinya sesuatu yang menunjukkan bahwa seseorang telah berkunjung ke sebuah negara, bukan.

Namun, kali ini buah tangan yang saya peroleh adalah Legendary Perfume anti mainstream souvenir dari Malaysia. Sebuah produk khas Malaysia yang juga populer di kalangan wisatawan Tiongkok dan Korea. Selain itu, beberapa produk Legendary Perfume telah bersertifikat halal, sehingga tidak was-was saat menggunakannya.  

Menarik nih batin saya, Adik saya paham selera saya yang selalu mencari hal unik saat berkunjung ke daerah baru. Dia bercerita bahwa dia tak sengaja menemukannya saat berjalan-jalan ke sebuah mall besar di Malaysia untuk melepas penat setelah meeting seharian.

Rekan kerjanya yang bersamanya saat itu sedang mencari buah tangan parfum pesanan istrinya yang konon katanya khas Malaysia. Namun, tidak banyak yang tahu jika parfum tersebut hidden gem Malaysia. Akhirnya dia pun terpikir untuk membelikan istrinya dan saya Legendary Perfume. "Souvenir anti mainstream, nih mbak!" ujarnya saat memberikannya ke saya.


Berkunjung Ke Malaysia

Malaysia, salah satu negara tetangga terdekat Indonesia kerap menjadi tujuan warga Indonesia, baik untuk wisata, perjalanan dinas hingga berobat. Mungkin karena memiliki rumpun bahasa yang sama yaitu melayu, sehingga tidak ada kendala bahasa yang berarti bagi warga Indonesia yang berkunjung ke Malaysia.

Beberapa warga Indonesia lebih memilih berobat ke Malaysia, negara tetangga. Konon, informasi yang diperoleh tentang kesehatan lebih mudah diperoleh di sana. Sehingga pasien lebih nyaman untuk berobat di Rumah Sakit Malaysia.

Sedangkan bagi wisatawan Indonesia beberapa daerah wisata di Malaysia menjadi lokasi favorit saat berlibur atau melepas penat setelah melakukan perjalanan dinas. Sebut saja Menara Kembar Petronas, Menara Kuala Lumpur, pulau Langkawi, The Top Penang and Rainbow Skywalk, Aquaria KLCC dan masih banyak lagi lainnya.


Souvenir Dari Malaysia

Buah tangan merupakan salah satu bentuk perhatian yang diberikan seseorang yang sedang melakukan perjalanan baik ke luar kota atau ke luar negeri. Souvenir yang umum diberikan adalah kaos dengan tulisan daerah tujuan, gantungan kunci karena merchandise ini mudah ditemukan.

Namun ada juga yang memberikan hasil kerajinan tangan, makanan atau produk khas daerah tersebut. Buah tangan dari Malaysia umumnya kuih kapit, teh tarik, cokelat Beryl, miniatur Menara Petronas.

Hidden Gem dari Malaysia yang belum banyak diketahui wisatawan adalah Legendary Perfume. Belum banyak wisatawan Indonesia yang mengetahui bahwa Legendary Perfume merupakan produk asli buatan Malaysia yang layak digunakan sebagai buah tangan untuk kerabat maupun kolega.


Legendary Perfume

Parfum dengan harum khas ini merupakan produk yang menggambarkan warisan budaya Malaysia yang kaya dan keindahan alamnya dalam setiap botolnya. Saya menyukai harumnya yang unik dan lembut saat di tangan.

Ciri khas Legendary Perfume yaitu

Produk asli Malaysia

Legendary hadir di Malaysia sejak tahun 2015 dengan konsep penghargaan terhadap warisan budaya Malaysia dan memadukannya dalam setiap parfum yang diproduksinya. Perpaduan komposisi penyusun parfumnya yang khas membuatnya unik dan menarik untuk dicoba.

Selain itu dengan menggunakan parfum dapat meningkatkan kepercayaan diri penggunanya. Pilihan varian yang diproduksi Legendary beberapa ragam dan dipilih sesuai selera penggunanya. Varian Orchid merupakan produk pertama telah mendapatkan pengakuan internasional.

Suka sekali dengan harum Orchid ini, menenangkan dan yang terpenting lebih percaya diri di hadapan suami. Aromanya yang segar menjadi mood booster untuk saya, lo.


Tidak mengandung alkohol

Beberapa produknya diformulasikan tanpa alkohol, salah satunya adalah varian Orchid. Saat produk ini saya gunakan terasa lembutnya dan aman untuk digunakan, tidak iritasi. Kulit saya termasuk sedikit sensitif, kadang muncul ruam merah atau gatal jika tidak cocok menggunakan sebuah produk.


Bersertifikat halal

Varian Orchid yang diberikan adik saya juga telah bersertifikat halal, lo. Hal ini saya ketahui saat mengunjungi situsnya karena rasa penasaran dengan cerita adik saya. Sehingga wisatawan muslim yang mencari produk halal dan berkualitas dapat memilih Legendary Perfume untuk digunakan pribadi maupun sebagai buah tangan.

Legendary Perfume Anti Mainstreamm Souvenir


Populer di kalangan wisatawan international

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa produk pertama Legendary yaitu varian Orchid telah mendapatkan pengakuan international. Salah satunya adalah wisatawan Tiongkok dan Korea. Wajar bukan jika hal ini menjadi daya tarik wisatawan Indonesia untuk memilikinya


Sobat Dy dapat dengan mudah menemukan Legendary Perfume karena produk ini terdapat di lebih dari 100 merchat yang tersebar di Malaysia, Di antaranya Pavillion Parkson KL dan Bandara KLIA2.

HIdden Gem Malaysia


Penutup

Bagi saya, mendapatkan buah tangan khas suatu  daerah merupakan hal yang menyenangkan. Selain senang mendapatkan produknya, hal tersebut juga menjadi triger untuk melancong ke daerah tersebut.

Seperti Legendary Perfume yang merupakan hidden gem dan anti mainstream souvenir khas Malaysia. Produk berkualitas yang belum banyak diketahui wisatawan Indonesia. Jadi ingin melancong ke Malaysia dan membelinya langsung di sana nih. 

Sobat Dy juga dapat membelinya via online di websitenya lo. Kunjungi saja toko online di website Legendary untuk mendapatkan parfum berkualitas pilihan Sobat Dy.

Read More

Yuk Mengenalkan Jenis Emosi Pada Anak

Rabu, 21 Agustus 2024

Jenis Emosi Pada Anak

Emosi merupakan hal yang abstrak sehingga untuk mengajarkannya pada anak bukanlah hal yang mudah. Selain itu stigma di masyarakat mendefinisikan emosi dengan marah. Padahal emosi sebetulnya tidak hanya marah. Ada banyak jenis emosi lain yang perlu diketahui oleh anak.

Sobat Dy, disadari atau tidak sebetulnya sejak lahir anak sudah menunjukkan emosinya hanya saja anak tidak mengenalinya. Selain itu faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi anak pun berbeda-beda. Tugas orang tua untuk menstimulusnya sesuai tahapan perkembangan emosi anak. 

DIkutip dari buku Tuntas Emosi karya Ani Ch dan Diah Mahmudah bahwa anak yang mengenal emosinya merupakan tahapan untuk meraih kecerdasan emosi yang nantinya sangat bermanfaat bagi anak di masa depannya kelak. Simak artikel ini tentang bagaimana mengenalkan jenis emosi pada anak.


Jenis Emosi Pada Anak

Sejatinya emosi merupakan gambaran perasaan manusia saat menghadapi berbagai situasi dan kondisi baik menyenangkan atau tidak menyenangkan atau saat berhadapan dengan seseorang. Berikut beberapa jenis emosi yang dirangkum dari beberapa sumber:

Bahagia

Bahagia atau suka cita merupakan perasaan yang dirasakan saat senang, puas dan gembira. Perasaan yang muncul ketika merasa senang, misalnya berhasil memperoleh benda yang diinginkan, mendapatkan hadiah atau megalami peristiwa yang menyenangkan. Turunan emosi bahagia di antaranya lega, riang, puas, bersyukur, damai, dan bersemangat.


Sedih

Sedih merupakan perasaan yang muncul ketika gagal mendapatkan sesuatu yang berarti atau kehilangan benda kesayangan. Kadang seseorang dapat menitikkan air mata ketika mengalaminya. Turunan emosi sedih di antaranya kesewa, berduka, sengsara, bersalah, kesepian, terlantar, dan malu.


Marah

Marah merupakan perasaan yang muncul karena adanya ketidakadilan, frustasi, merasa disakiti atau diperlakukan tidak adil atau serangan terhadap sesuatu yang melekat pada diri seseorang. Turunan emosi marah di antaranya benci, murka, cemburu, iri, kesal, tersinggung.


Takut

Takut merupakan perasaan yang muncul saat merasa terancam atau khawatir adanya bahaya yang mungkin timbul. Selain itu hal ini juga memungkinkan munculnya rasa cemas, takut, dan gelisah. Turunan emosi takut di antaranya gugup, cemas, ragu.


Jijik

Jijik merupakan perasaan yang muncul saat merasa enggan atau terganggu terhadap suatu obyek atau keadaan tertentu. Misalnya enggan melihat atau memegang atau membau sesuatu. Turunan emosi jijik di antaranya muak, eneg, risih.


Terkejut

Terkejut merupakan perasaan yang muncul karena melihat atau merasakan atau mendengar sesuatu di luar dugaan atau sesuatu yang tiba-tiba. Turunan emosi terkejut di antaranya tertipu, terpesona.


Mengenalkan Jenis Emosi Pada Anak


Cara Mengenalkan Jenis Emosi Pada Anak

Anak yang telah mengenal emosinya merupakan tahapan dasar untuk perkembangan kecerdasan emosinya. Oleh karena itu penting bagi anak untuk mengenali emosinya dan mendefinisikan emosinya melalui kosakata. Sehingga anak telah mampu memahami dan merasakan emosi yang dirasakannya.

Mengenalkan jenis emosi pada anak memang tidak mudah, karena konsepnya abstrak. Bagaimana menjelaskan dan menggambarkan emosi marah, sedih, bahkan bahagia. Namun, bukan berarti tidak mungkin bukan. Berikut beberapa cara untuk mnegenalkan jenis emosi pada anak:

Menyebutkan berbagai nama jenis emosi  

Coba untuk menyebutkan nama emosi mulai dari yang paling dasar, seperti senang, sedih, marah, takut. Emosi ini pun juga berkembang saat mereka tumbuh lebih besar lagi, seperti frustasi, kecewa, bangga, dan gugup.

Lagu dengan tema emosi juga dapat digunakan sebagai media mengenalkan emosi dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya adalah lagu dengan judul "If You're Happy and You Know It!" Lagu ini mengajarkan tentang emosi bahagia.

Selain itu Sobat Dy dapat mengenalkan berbagai jenis emosi melalui buku bergambar. Saat ini sudah banyak beredar buku bergambar dengan animasi menarik yang menjelaskan tentang emosi. Selain itu juga ada buku aktivitas yang mendukungnya.


Akui perasaan anak

Beri anak ruang untuk mengungkapkan emosi mereka dengan kata-kata, kemudian Sobat Dy dapat memvalidasi emosi anak-anak. Tidak hanya emosi bahagia yang dapat divalidasi, emosi lainnya pun juga bisa divalidasi.

Hal penting lainnya adalah tidak membuat anak merasa bersalah dengan mengakui emosi yang sedang anak rasakan. 


Memvalidasi dan mengelola emosi

Tidak hanya emosi bahagia yang divalidasi dan diregulasi. Emosi lainnya pun perlu dikelola, seperti emosi marah. Memvalidasi emosi bukanlah membenarkan emosi tersebut, tetapi mengakui bahwa anak sedang merasakan emosi tersebut.

Memvalidasi emosi perlu dilatihkan pada anak sehingga anak dapat mengakui emosi yang dirasakan , mengapa merasakannya kemudian mengelola emosi tersebut. Hal ini dapat dilatih dengan mengatur napas kemudian merasakan dan menyadari emosi yang ada.

Contohnya "Adik marah karena mainan aidk dirusak teman" atau "Kakak sedih karena Ayah bohong katanya mau belikan es krim, tapi enggak jadi".

Jika anak sudah dapat memvalidasi emosinya maka langkah selanjutnya adalah mengelola emosi yang dirasakan baik emosi bahagia hingga emosi sedih. Misalnya jika anak marah, tidak serta merta anak dapat melempari barang atau memukul orang lain.


Memberikan afirmasi positif

Jika anak dapat mengekspresikan perasaan dengan cara yang sesuai secara sosial seyogyanya orang tua memuji apa yang telah dilakukan anak. Jika anak telah berhasil memvalidasi emosi yang dirasakannya maka anak akan lebih nyaman dengan dirinya sendiri. 


Memberikan contoh 

Anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Oleh karena itu orang tua dapat memberikan contoh bagaimana memvalidasi dan mengelola emosi. Misalnya saat memvalidasi emosi marah. Untuk mengatasi emosi marah orang tua dapat menarik napas dalam-dalam. Jika masih marah maka mengubah posisi. Jika masih merasakan marah maka berwudhu dan sholat.

Dengan melihat perilaku orang tua dalam mengelola emosi yang dirasakan maka anak dapat belajar keterampilan mengelola emosi dan akan menggunakannya saat anak mengalami emosi  tersebut


Penutup

Dengan mengenalkan jenis emosi pada anak dapat membuat anak mengenali emosi yang dirasakannya. Kemudian memvalidasi emosi tersebut. Sehingga anak akan nyaman dengan dirinya sendiri dan dapat mengelola emosinya.

Selain itu anak juga menjadi peka dengan perasaan orang lain dan dapat berempati. Dukungan orang tua sangat diperlakukan anak untuk melakukan hal ini dan bermanfaat untuk masa depannya kelak. Simak juga cara mengatasi anak tantrum di artikel berikutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.


Referensi

1. https://www.halodoc.com/artikel/emosi-manusia-pengertian-jenis-dan-fungsinya

2. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/komunitas-pembelajar/warga-inovatif/pentingnya-mengenal-jenis-jenis-emosi?ref=MjAyMTA0MDYwNDAxMjgtZWViODllMjU=&ix=My1jMzJlNmI1OQ==

3. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-singkawang/baca-artikel/15077/Mengenal-dan-Memvalidasi-Emosi.html

Read More

Water Management System Salah Satu Solusi Mengatasi Krisis Air Bersih

Minggu, 18 Agustus 2024

water management system salah satu solusi mengatasi krisi air bersih

Setiap manusia tentunya membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya bukan? Tak dapat dipungkiri bahwa tubuh manusia terdiri dari minimal 70% air. Oleh karena itu manusia membutuhkan air untuk minum dan menjaga agar tubuhnya tetap terhidrasi.

Selain itu air juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, membersihkan diri dari kotoran, wudhu, mencuci dan lain sebagainya. Air yang kita gunakan untuk melakukan berbagai hal tersebut tentunya harus dalam keadaan bersih agar terhindar dari penyakit atau hal lain yang dapat berdampak buruk karena kualitas air yang tidak memadai.

Setiap manusia berhak untuk mendapatkan air bersih. Namun, perkiraan kebutuhan air setiap manusia tentunya bervariasi dan mencakup berbagai aspek yang mempengaruhi untuk memenuhi kebutuhannya. 

Mengingat ketersediaan air bersih penting untuk kebutuhan sanitasi dan kesejahteraan manusia. Oleh karena itu sistem pengelolaan air atau water management system diperlukan untuk mencukupi kebutuhan air bersih.


Kriteria Air Bersih

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa air bersih merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia di seluruh dunia untuk mendukung aktivitas dan kualitas hidupnya. Namun, beberapa faktor dapat menyebabkan menurunnya kualitas dan kuantitas air bersih.

Air bersih merupakan air yang mempunyai kualitas baik yang dapat dimanfaatkan manusia untuk minum, sanitasi dan kebutuhan domestik lainnya. Berikut kriteria air bersih :

Tidak berwarna

Air yang bersih tidak  berwarna dan tampak bening dan jernih. Jika air berwarna kuning bahkan berwarna coklat maka dapat dipastikan air tersebut mengandung zat yang berbahaya. 


Tidak berasa

Jika dirasakan, air bersih tidak berasa walaupun harus dimasak dulu sebelum diminum. Jika air memiliki rasa logam bisa juga disebabkan terjadi karena adanya proses korosi pada saluran air.


Tidak berbau

Air yang berbau umumnya adanya partikel atau senyawa tertentu yang terkandung di dalamnya sehingga dikhawatirkan menimbulkan efek negatif saat digunakan. Oleh karena itu air yang layak dikonsumsi tidak berbau.


Tidak terasa lengket setelah digunakan

Air yang layak dikonsumsi mempunyai telat tertentu. Air yang memiliki tekstur berbeda mungkin mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan seperti aluminium, magnesium.

Air yang tidak bersih juga akan meninggalkan bekas warna yang terlihat jelas pada kran air, gelas atau wastafel.


pH netral

Air bersih memiliki pH netral sekitar 6,5 hingga 7. Tidak asam atau basa, sehingga aman untuk dikonsumsi.


Tidak mengandung bakteri

Air bersih tidak mengandung bakteri atau mikroorganisme sehingga saat mengonsumsi atau menggunakannya tidak berakibat menderita penyakit atau efek negatif lainnya. Salah satu bakteri yang mungkin ada dalam air adalah E. Coli.

Adanya E. COli dapat mengganggu sistem pencernaan manusia. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan memasaknya terlebih dulu sebelum mengonsumsinya. Memasak air merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bakteri dalam air.


Tidak mengandung pengotor

Pengotor yang dimaksud adalah debu, pasir, tanah atau sedimen lainnya. Hal ini merupakan salah satu sumber yang menyebabkan air menjadi keruh dan dapat mengakibatkan penyumbatan di saluran atau sumber air.

Air yang keruh dan mengalami penyumbatan di saluran atau sumber air dapat dikatakan sebagai air yang tidak layak digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, terlebih untuk minum. Untuk mengatasinya dapat dilakukan penyaringan, pembersihan saluran air. 

Ciri Air Bersih


Manfaat Air Bersih

Berikut beberapa manfaat air bersih bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan:

Memenuhi cairan tubuh

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa sebagian besar komponen penyusun tubuh manusia. Jika kebutuhan tersebut kurang maka akan berdampak buruk pada aktivitas dan kesehatan manusia, seperti konsentrasi menurun hingga rentan terserang penyakit.


Membantu aktivitas harian

Aktivitas harian manusia di antaranya mandi, mencuci, memasak hingga sanitasi. Jika air yang digunakan tidak bersih maka berisiko terkena penyakit. Air yang tidak bersih pun tidak efektif untuk membersihkan karena hasilnya tidak optimal.

 

Irigasi pertanian

Air bersih juga bermanfaat untuk irigasi pertanian. Air bersih tidak mengandung logam berat atau sedimen yang dapat mempengaruhi kesuburan tanah. Jika kesuburan tanah terganggu tentunya juga akan mempengaruhi kualitas tanaman bahkan kemungkinan terburuknya adalah gagal panen.


Menjaga ekosistem lingkungan

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, air bersih juga bermanfaat untuk menjaga ekosistem lingkungan. Air juga merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup lainnya.

Berikut fungsi air bersih untuk makhluk hidup lainnya:

Hewan

Fungsi air bagi hewan di antaranya:

1. Melancarkan pencernaan.

2. Menjaga suhu tubuh.

3. Produksi susu.

4. Minum.

5. Sebagai tempat hidup.

6. Media pembersih.


Tumbuhan

Sedangkan fungsi air bagi tumbuhan di antaranya:

1. Sumber energi dalam proses fotosintesa.

2. Pembentukan protoplasma.

3. Pelarut unsur hara dan mendistribusikannya ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

4. Membantu proses metabolisme.

5. Sumber energi untuk proses pembesaran dan pembelahan sel.

6. Senyawa yang mengatur pergerakan membuka dan menutupnya stomata.

7. Membantu proses respirasi.

8. Media pengangkut hasil proses fotosintesa.

9. Pelarut dalam proses biokimia.

10. Mengatur suhu tumbuhan agar stabil.


Pihak Yang Terlibat Dalam Water Management System

Saat ini kualitas dan kuantitas air bersih berkurang jumlahnya, terutama di kota besar. Hal ini terjadi karena aktivitas manusia dan perindustrian.

Oleh karena itu tersedianya air bersih dan layak konsumsi menjadi konsentrasi banyak pihak. Water management system merupakan salah satu solusi untuk mengatasi krisis air bersih 

Water management system  atau sistem manajemen air mengatasi beberapa hal di antaranya:

1. Mengatasi kehilangan air akibat kebocoran.

2. Distribusi air untuk memfasilitasi penyediaan air bersih.

3. Mengelola limbah cair sehingga menghasilkan air yang layak konsumsi.

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam water management system, yaitu:

Pemerintah 

Pemerintah bertanggung jawab terhadap penyediaan air bersih untuk warga negaranya. Saat ini pendistribusian air dan pengelolaannya dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minumnya (PDAM).


Perusahaan swasta 

Beberapa perusahaan swasta juga berperan dalam water management system. Bidang usah yang dikerjakan umumnya pengolahan air, pengolahan limbah hingga distribusi.


Referensi

1, https://www.gramedia.com/literasi/ciri-ciri-air-bersih/

2. https://siagaairbersih.com/blog/2021/02/09/mengenal-water-management-system-pihak-yang-terlibat-di-dalamnya/

3. https://www.gramedia.com/literasi/fungsi-air-bagi-manusia-hewan-dan-tumbuhan/

Read More

Ingin Tahu Manfaat Serum Wajah? Ini Lo Manfaatnya

Rabu, 14 Agustus 2024

Manfaat Serum Wajah


Apakah saat ini Sobat Dy menggunakan serum wajah sebagai bagian dari perawatan wajah sehari-hari? Mengapa Sobat Dy memilih serum sebagai bagian dari perawatan wajah?

Saat ini serum wajah bukan lagi hal yang eksklusif karena hampir sebagian produsen kosmetik sudah memproduksi serum sebagai bagian perawatan wajah sehari-hari. Misalnya Rembaka dengan produknya La Tulipe, Paragon dengan produknya Wardah dan Emina, Viva Cosmetic dengan produknya Viva dan Red A, Opto Lingkar dengan produknya Scarlett dan masih banyak lagi lainnya.

Daripada penasaran yuk cari tahu apa sih manfaat serum wajah sebagai bagian dari perawatan wajah harian! SImak artikel ini hingga akhir ya.


Manfaat Serum Wajah

Serum wajah merupakan salah satu skincare yang berwarna jernih, teksturnya ringan dan bebas minyak. Umumnya dikemas dalam botol kecil, tetapi ada juga produsen kosmetik yang mengemasnya dalam bentuk sachet dengan gramasi yang lebih kecil.

Walaupun kemasannya kecil, tetapi kandungan bahan aktif banyak lo. Di antaranya berbagai jenis vitamin, antioksidan, hingga retinol. Teksturnya yang ringan bertujuan agar mudah meratakannya ke seluruh wajah dan mudah diserap oleh kulit wajah.

Umumnya harga serum lebih mahal dibandingkan pelembab biasa, karena menggunakan kandungan aktif dalam dosis tinggi. Selain itu manfaat serum wajah juga lebih bagus dibandingkan pelembab. 

Sobat Dy dapat memilih serum wajah berdasarkan kebutuhan kulit wajah masing-masing. Berikut manfaat serum wajah berdasarkan fungsinya:

-Melembabkan wajah

-Memperbaiki tekstur wajah

-Menangkal radikal bebas

-Mencegah penuaan atau anti aging

-Mencerahkan wajah

-Merawat kulit sensitif 

-Mencegah jerawat

-Mencerahkan wajah


Cara Menggunakan Serum Wajah

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa serum merupakan cairan dengan konsentrasi tinggi maka penggunaannya pun cukup sedikit saja. Tuangkan 1 hingga 2 tetes cairan serum kemudian ratakan pada seluruh wajah. Teksturnya yang ringan dapat dengan mudah diratakan ke seluruh wajah.

Namun, sebelum memilih serum, pastikan SObat Dy telah mengetahui jenis kulit dan permasalahan yang dialami, agar serum yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Selanjutnya agar hasilnya optimal, Sobat Dy perlu juga  mengetahui cara menggunakan serum wajah yang benar sebagai berikut:

Pilih serum wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Sebelum memilih serum wajah, pastikan Sobat Dy memahami jenis kulit dan permasalahan wajah yang dialami. Beberapa serum didesain khusus untuk jenis dan kondisi kulit. Sayangkan jika sudah beli mahal, tetapi ternyata salah beli


Membersihkan wajah

Jika wajah bersih dari kotoran dan minyak maka serum dapat bekerja optimal. Sobat Dy dapat membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah dan keringkan. Kemudian dilanjutkan dengan micellar water atau milk cleanser.


Teteskan serum

Setelah wajah bersih, teteskan serum langsung pada wajah. Jika pada kemasan sudah terdapat pipet maka teteskan langsung pada wajah sehingga langsung terserap pada wajah. Jika serum diletakkan dulu pada punggung tangan maka sebagian serum justru akan meresap ke kulit tangan.


Ratakan serum

Ratakan serum segera ke seluruh wajah hingga leher dan tepuk-tepuk dengan lembut agar serum segera meresap ke kulit.


Setelah serum digunakan dengan baik. Sobat Dy dapat melanjutkan dengan menggunakan pelembab wajah. Selain itu pastikan juga pelembab wajah yang digunakan sesuai dengan jenis kulit juga ya.

Jika Sobat Dy menggunakan serum wajah di pagi hari sebaiknya gunakan juga sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 dan gunakan 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Beberapa kandungan serum akan berakibat buruk jika terkena sinar UV, misalnya retinol dan AHA yang akan membuat kulit lebih sensitif jika terkena sinar UV.

Hal penting lainnya adalah menggunakan serum dengan rutin agar hasilnya optimal dan kulit sehat dan bercahaya.

Menggunakan serum wajah


Waktu Yang Tepat Menggunakan Serum Wajah

Sebaiknya kapan yan waktu yang tepat untuk menggunakan serum wajah? Sobat Dy dapat menggunakannya di pagi hari dan malam hari atau salah satu saja. Pemakaian serum di waktu yang tepat dapat mengoptimalkan hasil yang diperoleh.

Sobat Dy dapat menanyakan waktu yang sesuai menggunakan serum wajah yang dipilih pada beauty assistant yang bertugas dengan detail. 

Pagi hari

Pagi hari sebelum beraktivitas merupakan waktu yang baik untuk menggunakan serum. Umumnya serum yang digunakan di pagi hari berfungsi untuk mencerahkan kulit atau serum yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas karena mengandung antioksidan.


Malam hari 

Malam hari, sebelum tidur merupakan waktu yang ideal untuk merawat kulit wajah, karena regenerasi kulit terjadi di malam hari. Selain itu beberapa kandungan aktif serum juga efektif digunakan di malam hari seperti retinol.


Pastikan wajah telah bersih sebelum mengaplikasikan serum pada wajah seperti informasi sebelumnya ya. Selain itu, diperlukan waktu sekitar 5 hingga 10 menit agar serum dapat meresap ke dalam kulit wajah. Oleh karena itu Sobat Dy perlu mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan sebelum melanjutkan mengenakan produk perawatan kulit sebelumnya.


Indikasi Serum Wajah Tidak Cocok Dengan Kulit Kita

Kesalahan memilih serum wajah dapat berakibat buruk bahkan memperparah kondisi wajah. Berikut indikasi serum wajah yang tidak cocok saat diaplikasikan pada kulit wajah:

-Kulit wajah menjadi kering bahkan hingga terkelupas.

-Muncul bintik merah atau ruam kemerahan hingga rasa terbakar pada kulit wajah.

-Muncul jerawat secara tiba-tiba.

-Kulit wajah menjadi kasar

-Kulit wajah menjadi lebih berminyak

-Timbul rasa gatal pada wajah

-Warna kulit wajah menjadi lebih gelap


Belum diketahui secara pasti durasi waktu yang diperlukan untuk mengetahui serum wajah cocok atau tidak pada kulit wajah kita, karena tingkat sensitivitas setiap orang berbeda-beda. 


Penutup

Apapun produk perawatan wajah yang Sobat Dy pilih pastikan sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, karena hasil yang ditimbulkan berbeda antar individu. Harga serum pun tidal menjadi jaminan bahwa serum tersebut merupakan serum yang bagus dan cocok dengan kulit kita.

Selain menggunakan serum perwatan wajah yang lain pun juga diperlukan terutama saat usia sudah menginjak 40 tahun. Aneka perawatan wajah saat usia 40 tahun juga perlu dilakukan secara usia tidak bisa berbohong bukan. 

Serum wajah apa yang Sobat Dy pilih saat ini? Cerita di kolom komentar yuk dan jangan lupa simak pilihan serum wajah sesuai jenis kulit ya.


Referensi

1. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/fungsi-serum/

2. https://www.alodokter.com/begini-cara-memakai-serum-yang-benar

3. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/ciri-ciri-skincare-tidak-cocok-di-kulit

Read More

5 Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta, Menghibur dan Edukatif!

Jumat, 09 Agustus 2024

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta

Tidak harus ke mall untuk mengakses tempat bermain anak terdekat. Jauh lebih menarik jika mengunjungi wisata di Jakarta Utara tepatnya di kawasan Ancol. Jika di mall hanya anak yang bisa bermain ke dalam satu wahana, di Ancol Anda sekeluarga bisa menikmati liburan sekaligus.

Pilihan wahananya pun sangat beragam yang tentunya tidak akan habis untuk sekali kunjungan. Rencanakan liburan Sobat Dy dan keluarga tentunya bersama anak ke wahana di Ancol yang menghibur sekaligus edukatif ini.


5 Tempat Bermain Anak di Jakarta Terdekat

Ancol adalah salah satu kawasan wisata terbesar yang ada di Jakarta. Jika biasanya Anda berkunjung hanya untuk bermain di pantai maka sudah saatnya untuk mencoba mengunjungi wahana lain yang tersedia.

Setiap wahana memiliki ciri khas berbeda yang menghibur sekaligus memiliki sisi edukasi baik bagi anak-anak. Biaya tiket masuknya pun tidak terlalu mahal sehingga Sobat Dy bisa lebih leluasa untuk mengajak kerabat ikut berlibur. Berikut ini pilihan tempat bermain yang bisa dituju:

Dufan

Dufan menjadi salah satu wahana tertua di Ancol namun selalu menambah koleksi wahana bermainnya. Banyak atraksi menarik bagi anak-anak dan aman seperti Treasure Land yang mempertunjukkan pentas seni dengan cerita menarik.

Terdapat juga wahana alap-alap khusus untuk anak dengan tinggi minimal 100 cm. Alap-alap merupakan wahana mirip dengan roller coaster yang aman dan cukup menguras adrenalin anak. Jangan lupa jika Anda tidak ingin mengantri di setiap wahana pilih tiket fast track Dufan.


Samudra Ancol

Pilihan wisata Jakarta di Ancol adalah Samudra Ancol yang merupakan theme park dengan tema laut. Di wahana ini anak bisa belajar tentang aneka satwa, khususnya pinguin yang terdapat di Istana Pinguin. Anak-anak bisa melihat pertunjukan pinguin, putri duyung, anjing laut hingga lumba-lumba.

Sarana rekreasi ini dapat memberikan edukasi aneka ragam satwa laut sekaligus cara menyayanginya. Jika ingin menonton pertunjukan satwa pastikan untuk mengecek jadwalnya agar tidak ketinggalan.


Atlantis Ancol

Masih dengan wahana yang berhubungan dengan air, kali ini adalah water park di mana anak bisa bermain air sepuasnya. Aneka jenis kolam dengan konsep peradaban kota kuno di Mediterania yaitu Atlantis membuat wahana ini lebih menarik.

Ada cukup banyak slide yang bisa dipilih mulai dari paling tinggi hingga terendah yang bisa disesuaikan dengan usia anak. Pilihan kolamnya antara lain kolam kiddy, kolam bola, kolam tanding hingga kolam water outbound.


Sea World Ancol

Anak Anda belum puas melihat pertunjukan satwa laut di Samudra Ancol? Lanjutkan waktu liburan ke Sea World Ancol. Wahana yang merupakan akuarium terbesar dan beraneka ragam yang memiliki ribuan biota air tawar dan laut.

Bukan hanya itu, aktivitas edukasi, konservasi dan hiburan juga tersedia di Sea World yang wajib Anda nikmati. Anak-anak bisa mengunjungi Antasena Tunel yang memberikan sensasi berjalan di bawah laut. Begitu juga dengan kolam ikan hiu, kolam ubur-ubur, dan kolam interaksi yang membuat Anda bisa memegang satwa laut.


Jakarta Bird Land Ancol

Sudah puas dengan edukasi dan hiburan dari satwa laut? Kini Anda perlu mengunjungi wahana yang menyimpan aneka burung. Jakarta Bird Land Ancol merupakan salah satu wahana yang masih baru dengan berbagai aktivitas menarik untuk diikuti.

Sobat Dy dan anak-anak bisa belajar tentang aneka burung, memberi makan burung atau berinteraksi dengan burung yang jinak seperti burung makau dan kakatua. Ada juga pertunjukan burung kakatua dan water bird seperti pelikan. Anak-anak pasti akan mendapat pengalaman baru setelah mengunjunginya.


Kawasan Ancol menjadi salah satu wisata yang kerap dikunjungi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Jadi jangan sampai Anda ketinggalan untuk mengunjungi setiap wahana yang tersedia apalagi bisa menghibur sekaligus mengedukasi anak.

Pastikan juga untuk membeli tiket jauh-jauh hari agar lebih praktis saat berkunjung. Tidak perlu antri lagi yang bisa menghabiskan terlalu banyak waktu liburan. Selalu kawal anak selama berlibur dan jangan lupa untuk mengisi baterai hp agar bisa memotret wajah ceria si kecil.

Siapkan jadwal liburan Sobat Dy dan jangan lupa tentukan wahana apa saja yang akan dikunjungi nantinya.


Sumber:

1. https://www.orami.co.id/magazine/tempat-wisata-anak-di-jakarta

2. https://www.ancol.com/blog/fast-track-dufan/

3. https://www.ancol.com/blog/jakarta-bird-land/

4. https://www.ancol.com/unit-rekreasi/sea-world-ancol--3

5. https://www.ancol.com/unit-rekreasi/atlantis-ancol--4

Read More