Tips Optimasi Blog Miftahul Khoir

Jumat, 26 Juli 2024

Tips Optimasi Blog Miftahul Khoir

Hai Sobat Dy, mau cerita sedikit nih kalau minggu lalu saya dapat durian runtuh alias rezeki nomplok. Di saat saya ingin optimasi blog eh saya bisa ikut kelas dengan tema SEO yang diadakan BRT Network, gratis tis tis pula. Siapa yang enggak hepi?

Tema SEO ini selalu menarik bagi saya, karena saya ingin artikel di blog saya muncul di halaman mesin pencari atau bahasa kerennya SERP (Search Engine Result Page). Itu lo artikel yang muncul saat Sobat Dy mengetikkan kata kunci tentang suatu hal di mesin pencari. 

Oleh karena itu sebisa mungkin saya berusaha mengikuti kelas atau pelatihan tentang SEO. Alhamdulillah lolos menjadi peserta pelatihan optimasi blog bersama Mifathul Khoir. Salah satu SEO specialist dan Digital Marketing Enthusiast. Sobat Dy juga bisa mengunjungi webnya juga di www.miftahulk.com, lo. 

Judul kelas online optimasi blog Jumat, 19 Juli 2024 lalu adalah "SEO Checklist For Winning The SERP". Serunya lagi, mas Miftah menceritakan pengalaman pribadinya selama berkecimpung dalam dunia SEO. Penasaran bukan apa saja yang dibahas di sana? Simak artikel ini hingga akhir ya!  

Kelas Online BRT Network


Keahlian yang Dibutuhkan Konten Writer

Menurut Sobat Dy, apakah bloger termasuk konten writer? Yup, sepakat bloger secara tidak langsung juga seorang konten writer. Seorang bloger tidak hanya menulis artikel saja, tetapi juga membuat sebuah artikel yang menarik untuk dibaca dan pembaca betah membaca hingga akhir artikel.

Apa saja kemampuan dasar yang perlu dikuasai konten writer?

Kemampuan kreatif 

Konten writer harus mampu membuat konten yang menarik. Bagaimana caranya? Beberapa cara dapat dicoba misalnya menggunakan teknik story telling atau membuat paragraf pertama yang menarik. Tujuannya sama yaitu membuat pembaca betah membaca hingga akhir artikel dan jika memungkinkan membaca artikel lainnya di blog kita.

Kalau tidak kreatif bagaimana? Bisa dipelajari dan bisa diasah kok asal ada kemauan. bukankah dimana ada kemauan, maka akan ada jalan untuk melakukannya.


Solutif

Artinya artikel yang dibuat memberikan solusi atau value atas permasalahan yang saat ini sedang dialami oleh pembaca. Terlepas hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi atau pendapat ahli ya. Sebuah artikel dapat dikatakan solutif jika terdiskripsi rinci dan teliti serta dapat dipercaya sehingga mesin pencari mudah merayapinya. 

Pembaca juga akan mengunjungi situs kita kembali saat mengalami permasalahan yang sejenis atau bahkan permasalahan lainnya karena sudah nyaman dengan blog kita, tentunya dengan sesuai dengan niche blog kita. Karena di dalam sebuah artikel yang solutif akan mengandung tahapan untuk mengatasi masalah dan pembaca menyukai hal ini


Keterampilan teknis

Bloger wajib nih menguasai keterampilan teknis seperti menguasai tools yang mendukung performa blog dan memahami cara kerja mesin pencari. Jika Sobat Dy memahami cara kerja mesin pencari tentunya artikel yang ditulis akan lebih mudah diindex mesin pencari. 

Ada tiga tahapan yang dilakukan mesin pencari yaitu crawling, indexing dan menampilkan hasilnya pada halaman atau yang biasa disebut SERP (Search Engine Result Page). Proses crawling merupakan upaya Google sebagai mesin pencari merayapi blog kita. Kemudian indexing berdasarkan data base Google. Selanjutnya jika artikel dapat menjawab kebutuhan pembaca maka artikel kita akan ditampilkan dalam SERP.


Selain itu kembangkan topik yang dibahas dalam artikel kita. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan mesin pencari untuk mengenali blog kita. Sehingga jika ada seseorang yang mencari tahu dengan mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan blog kita, mesin pencari akan mengarahkannya ke blog kita.

Cara mengembangkan topik halaman dapat dilakukan dengan mencari ide sehingga menghasilkan konten yang menarik, menggunakan teknik story telling seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Dan pastikan untuk memperbarui data.


Pengembangan Topik Halaman

Kadangkala dalam membuat artikel kita berada pada titik jenuh atau bingung mau nulis apalagi ya. Beberapa cara berikut dapat dicoba untuk mengembangkan artikel kita, di antaranya:

Brainstorming

Brainstorming merupakan metode untuk menghasilkan ide kreatif dan inovatif sehingga dapat menghasilkan artikel yang kreatif. Brainstorming dapat dilakukan dengan diskusi bersama siapa saja yang menurut Sobat Dy nyaman untuk diajak diskusi, misalnya dengan suami atau istri. Brainstorming lainnya juga dapat dilakukan dengan membaca buku.


Storytelling

Storytelling merupakan sebuah teknik menulis artikel dengan cara bercerita, sehingga pembaca betah membaca artikel kita dan tanpa terasa telah membaca hingga akhir artikel. Walaupun artikel merupakan sebuah karya tulis non fiksi tetapi jika dikemas dengan narasi yang apik tentunya akan membuat pembaca membaca hingga akhir tanpa lelah.


Based ondata 

Artikel atau konten yang baik tentunya disusun berdasarkan data yang akurat dan valid, bukan dugaan atau asumsi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan trust issue baik oleh pengunjung blog maupun mesin pencari.


Positioning

Cara lain untuk memenangkan SERP adalah dengan positioning. Bagaimana caranya?

Set target utama blog

Saat membuat  blog, tentunya sudah tahu apa tujuannya, bukan. Jika belum tahu apa tujuan ngeblog, yuk tentukan saja sekarang. Tujuan ini penting untuk menentukan jenis artikel yang akan ditulis di blog. 

Misalnya Klik Dokter yang merupakan karir pertama kak Miftahul dalam bidang SEO. Tujuan web klikdokter.com dibuat adalah untuk memberikan informasi terkait kesehatan dan lifestyle pada masyarakat.

 

Jangan utamakan SEO

Umumnya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi artikel sesuai dengan kaidah SEO dan jika bloger hanya fokus pada hal ini, tanpa disadari artikelnya akan menjadi kaku. Betul atau betul? Karena umumnya bloger hanya fokus pada url, keyword harus tersebar dimana saja hingga lupa pada muatan konten.


Pahami audience

Audience merupakan target pembaca yang mengunjungi blog kita. Jika Sobat Dy telah memahami audience maka akan memudahkan pemilihan gaya bahasa yang digunakan dan topik yang akan diulas dalam blog.


Strategi Optimasi Blog 

Strategi optimasi blog adalah dengan memenangkan persaingan dalam SERP. Berikut strategi yang perlu dilakukan:

Crawling status

Crawling status merupakan keadaan dimana website mengizinkan setiap bot yang masuk dapat membaca konten yang ada di blog kita. Salah caranya adalah dengan mengaktifkan robot.txt.


Website navigation

Website navigasi setidaknya memudahkan pembaca menelusuri blog kita. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan adalah kategorisasi, breadcrumb dan internal link. Hal ini penting karena berfungsi sebagai penghubung antar artikel. Penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan di artikel terpisah ya, karena pembahasannya panjang.


Experience

Experience merupakan pengalaman pembaca saat mengunjungi blog kita, seperti kecepatan blog, kemudahan membuka halaman yang diinginkan dan ketersediaan halaman. Jika pembaca mendapatkan pengalaman buruk saat mengunjungi blog kita seperti artikel lama dibuka, kemudian link artikel yang dituju ternyata tidak ditemukan. Wah ini pertanda buruk bahwa pembaca akan meninggalkan blog kita dan malas mengunjunginya kembali. Tentu sangat disayangkan jika hal ini terjadi bukan.



Artikel yang Digemari Mesin Pencari

Walaupun namanya mesin pencari, tetapi artikel yang disukainya adalah artikel yang luwes dan humanis, tidak kaku seperti robot. Berikut ciri artikel yang disukai mesin pencari yaitu:

Mengandung unsur E-E-A-T

EEAT merupakan akronim dari Experience (pengalaman) Expertise (keahlian) Authoritativness (kewenangan) Trustworthness (kepercayaan). Pengalaman bloger saat melakukan sesuatu atau menggunakan sesuatu lebih digemari pembaca, apalagi jika disertai tips do or don't atau boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. 

Jika menggulas suatu produk berdasarkan pengalaman pribadi atau komentar jujur tentang produk tersebut. Bukan komentar berlebihan tentang produk tersebut. Bloger bukan bagian sales lo. Selain itu artikel yang ditulis oleh seseorang yang ahli lebih diminati karena mempunyai kredibilitas, kualifikasi dan pendidikan yang sesuai dengan topik yang dibahas.

Kewenangan yang dimaksud adalah kredibilitas konten dan blog kita. Kewenangan dapat diketahui melalui kualitas konten, reputasi blog dan tautan yang digunakan.

Kepercayaan terkait dengan keakuratan data atau informasi yang ditulis, sumber konten dan pengalaman pembaca saat mengunjungi blog kita.


Skema data lengkap

Skema data yang dibutuhkan terdiri dari beberapa bagian di antaranya artikel, periode posting konten di blog. dan website. Struktur artikel setidaknya memenuhi properti yang diminta adanya properti artikel yaitu heading, sub heading, gambar, dan isi artikel.

Satu hal yang pasti adalah periode posting artikel di blog, setidaknya komitmen dan konsisten. Jangan minggu ini setiap hari posting, eh minggu depan tidak posting sama sekali. Jewer diri sendiri nih kalau ini.

Identifikasi blog kita, apakah memudahkan pembaca saat mengunjunginya. Misalnya apakah ada kolom search, apakah ada navigasi yang jelas, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Penutup

Cukup banyak hal yang perlu diperhatikan seorang bloger agar websitennya mudah dirambati mesin pencari bukan. Sabar dan konsisten dalam proses tentunya. Namun, satu hal yang pasti setelah mengikuti kelas online ini semakin membuat saya tertantang untuk memperbaiki blog. Bukan hal yang mudah tetapi bisa dan mungkin untuk dikerjakan. 

Beruntungnya saya bisa belajar dengan ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Sobat Dy juga bisa mencoba membuat breadcrumb untuk memudahkan Google memahami skema data di blog Sobat Dy.

Jadi penasaran kelas berikutnya di BRT, bukan. Hal apalagi ya yang akan dipelajari di sana? Apakah Sobat Dy sudah bergabung menjadi anggota BRT? Yuk, gabung saja. Banyak kelas menarik di sana dan diskusinya menarik. Kelas apa saja yang pernah Sobat Dy ikuti selama ini tentang blog? Tulis di kolom komentar ya.


Referensi

1. Kelas Online BRT Network dengan tema "SEO Checklist For Winning The SERP".

16 komentar

  1. Hwaaa aku juga ikutan webinar banreng Mas Miftah ini mbaa. Dan berasa berbinar karena banyak dapetin materi daging lagi. Beneran lho blogger ngga harus Cuma bisa nulis aja tapi harus punya keterampilan teknis juga. Bikin tulisan kreatif juga penting seperti bikin teknik story telling, karena emang pembacanya kan manusia. Bukan robot hehe.

    BalasHapus
  2. Beruntung banget sih bisa belajar di kelas BRT, jadi paham teknik SEO walaupun ada susah-susahnya dan masih banyak PR nya. Aku masih penasaran sih sama toolsnya. Pengen coba yang berbayar juga, biar belajarnya makin mantap.

    BalasHapus
  3. Baca resume dari Mbak Dyah lebih mudah dipahami, jadinya bisa belajar lagi tentang SEO dari kelasnya BRT Network yang bekerja sama dengan Mas Miftah. Matur nuwun, Mbak

    BalasHapus
  4. Iya mba Dy..betul banget bikin artikel itu mengalir saja seperti kita bercerita. Menceritakan pengalaman sendiri. Memberi manfaat pada orang tanv membaca artikel kita. Kata kunci juga harus bisa memodifikasi kata kunci, jangan hanya satu aja diulang ulang nanti malah dianggap nyepam sama mbah gugel. Makasih mba Dy..artikelnya...sangat memberi inaight pada saya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih ilmunya. Saya masih awam soal SEO ini, Jika sudah menguasai SEO dan blognya juga bagus, maka akan terindeks baik di mesin pencari

    BalasHapus
  6. Beruntung banget kak Dyah bisa belajar banyak tentang perblogan.
    Dari artikel ini aja udah menarik banget dan isinya daging semua.

    BalasHapus
  7. Wih, menarik banget materi nya Bu. Aku kebetulan lagi pengen fokus menulis dan meningkatkan pembaca blog. İzin copas artikel nya buat ngisi materi di sekolah boleh kah Bu?

    BalasHapus
  8. Pas banget saya ikutan juga kelasnya, memang useful banget ya mba untuk yang sedang belajar SEO seperti saya, jadi tahu bagaimana cara memaksimalkan blog dengan SEO, terus chekclist apa saja yang harus dicek, dan lainnya

    BalasHapus
  9. Rutinitas perubahan algoritma google memang membuat blogger harus waspada, tapi kalau artikelnya bagus dan menginspirasi, biasanya tidak akan ada masalah meskipun hal tersebut bukanlah satu-satunya, apalagi saat ini banyak kasus dimana artikel susah terindeks di google karena beragam alasan teknis bukan hanya artikel, padahal banyak klien yang ingin placement artikelnya terindeks di google secepat mungkin.

    BalasHapus
  10. Pernah ikut kelas BRT Network & alhamdulillah terasa manfaatnya sampai hari ini. Banyak pencerahan ya kak sekaligus banyak PR juga untuk kita bebenah blog lagi 😄

    BalasHapus
  11. Mbak Dy, yang ditulis di sini ini cuma intisari materinya aja kan? Wahh daebak, insightful banget, aku yang nggak ikut langsung aja berasa langsung dapat pencerahan buat ngoreksi diri. Materinya pasti daging banget sih ini.

    Jangan mengutamakan SEO. Bener, seringnya kepikiran harus SEO ke di sini lah di situ lah, akhirnya gak nulis2, wkwkwk. Konten adalah segalanya. Mau algoritma berubah tiap hari, kalo kontennya udah mantep tuh lebih aman lah ya, ketimbang yang masih acak adul tulisannya.

    BalasHapus
  12. bersyukur banget nemu artikel ini.. bener-bener membantu aku yang masih newbie dalam dunia per-blogging-an.. dinanti artikel-artikel optimasi blog lainnya kak dyah...

    BalasHapus
  13. Ilmu tentang SEO selalu saja update, jadi mau gak mau emang harus kosongin gelas kalo mau perbarui ilmu SEO ini. Mengingat saingan blogger ini media online kelas kakap yang lebih mumpuni

    BalasHapus
  14. Saya sangat setuju jika kita jangan terlalu terpaku akan kaidah SEO friendly, hingga melupakan kaidah human friendly. Banyak SEO marketer ternama bahkan bilang kalau terlalu terpaku ke kaidah SEO atau tools SEO, jadikan kredibilitas dan orisinalitas web berkurang. Btw, saya baru tahu kalau ternyata Klik Dokter berawal dari Blogger. Keren ya, saya jadi makin termotivasi untuk mengikuti jejaknya

    BalasHapus
  15. Wah beruntung banget mba.. aku juga pengen banget nih belajar SEO karena masih butuh ilmu yang banyak tentang SEO. Semoga suatu saat nanti dapat kesempatan untuk belajar SEO

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih