Mungkinkah Seorang Bloger Meraih Mimpi Menjadi Manager SEO?

Rabu, 31 Juli 2024

Bloger Meraih Mimpi


Mungkinkah seorang bloger meraih mimpi menjadi Manager SEO? Tentu saja mungkin dong, kenapa tidak dan sudah terbukti lo. Salah satunya kak Putri SB yang tidak mempunyai background IT tetapi bisa menjadi SEO specialist.

Ada yang kenal beliau? Mungkin bagi Sobat Dy yang sudah lama berkecimpung di dunia blog sudah mengenal sosok beliau. Sedangkan bagi newbie di dunia blog seperti saya, mungkin baru mendengarnya. Maklumlah jaringan teman bloger saya masih sedikit. beruntungnya saya akhirnya mengenal seorang SEO specialist yang humble dan mau berbagi ilmu ini.

Apakah Sobat Dy pernah berkunjung ke blog https://putrihaneen.com/? Cakep ya tampilannya dan sukses membuat saya jatuh cinta dan betah berlama-lama mengulik blognya. Mengapa? Kategorinya jelas, cepat diakses, tampilannya pun memudahkan saya memilih artikel dan warnanya kalem dan penuturannya runut dan jelas. Tanpa disadari saya bisa berselancar ke beberapa artikel tanpa bosan. .

Betul banget kata mas Miftah, pemateri dengan tema optimasi blog di kelas online BRT sebelumnya juga menjelaskan bahwa salah satu hal yang membuat pembaca betah di blog kita adalah kemampuan dasar konten writer dan memudahkan pembaca untuk mengakses artikel dalam blog. Di luar hal teknis lain tentunya. 


Sosok Putri SB

Seperti yang saya sampaikan di awal bahwa Kak Putri adalah seorang bloger. Namun, perjalanan karirnya di dunia digital tidak hanya berhenti sebagai seorang bloger. Saat ini beliau adalah seorang manager SEO di salah satu perusahaan multinasional di Jakarta.

Lompatan karir yang luar biasa, bukan? Hal ini menambah wacana baru bagi saya bahwa dunia digital itu luas dan semuanya mungkin asal ada niat dan komitmen yang kuat mewujudkannya.

"Unlock your potential. Transform your blogging pasion become a profesioanl digital career" merupakan judul yang dipilih kak Putri dalam Sharing Session BRT Network. Temanya membuat saya penasaran karena saya awam di dunia digital ini. Serius di dunia blog juga masih baru. Tertatih-tatih pula saat mengikuti kelas Growth BRT.


"Jangan keluar dari zona nyaman, tapi perluas zona nyamannya"


Quote ini kerap digaungkan di grup BRT dan setelah saya renungkan, betul sekali. Mengapa harus keluar dari zona nyaman? Mengapa tidak diperluas zona nyamannya? Jika keluar dari zona nyaman sepertinya tidak enak untuk dijalani. Namun, beda halnya dengan memperluas zona nyaman, lebih enak dijalani sehingga tidak merasa tertekan, bukan.


Lompatan Karir Putri

Dunia digital semakin berkembang pesat setiap hari. Oleh karena itu bermunculan jenis pekerjaan  baru yang sebelumnya sedikit pemintanya bahkan tidak ada. Hal ini tentunya membawa keberuntungan bagi seseorang yang memahaminya. 

Seorang teman pernah berkata bahwa keberuntungan adalah kesempatan bertemu dengan kesiapan. Artinya jika kita siap baik itu kemampuan atau hal lain dan ada kesempatan atau peluang untuk melakukannya. Maka orang tersebut beruntung.

Berikut adalah karir yang telah dilalui oleh Kak Putri dalam dunia digital. Lompatan karir yang dijalaninya dalam kurun waktu beberapa tahun saja.

Bloger

Bloger merupakan sebuah sebutan untuk orang yang mengeblog, pengeblog, narablog, definisi ini tercantum di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Umumnya seseorang menuangkan isi hati aka curhat dan idenya-idenya melalui tulisan di blognya. 

Namun, ada juga yang memanfaatkan blog sebagai media promosi produk atau instansi. Sehingga blog akan dikelola sedemikian rupa sehingga menarik pembaca untuk berkunjung ke blognya. Wajar jika artikel dalam blog tidak hanya berisi tulisan karena orang akan bosan membacanya, maka bloger menambahkan video atau foto yang menarik.

Saat ini sudah ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk mendukung kreativitas bloger dalam membuat gambar atau video yang menarik. Beberapa di antaranya Capcut, Canva, Photogrid, dan masih banyak lainnya. Tools penyelamat saya yang tidak bisa gambar atau membuat video yang cantik.

Apakah bloger bisa dijadikan sebuah profesi? Bisa dong. Jika Sobat Dy mengunjungi web careerexplorer, bloger merupakan salah satu pilihan karir di sana. 


SEO Content Writer

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization. Sedangkan writer adalah penulis, maka SEO content writer adalah penulis yang tidak hanya menulis artikel saja tetapi menulis dengan gaya bahasa menarik dan menggunakan kata kunci  sehingga mudah dirambati oleh mesin pencari. 

Namun, tidak hanya teknik menulis saja yang harus dikuasai, SEO content writer juga harus memahami perubahan alogaritma mesin pencari yang tidak pernah stagnan. Jika artikel tidak mengikuti kaidah SEO maka jangan harao artikel akan muncul mesin pencari. Cara optimasinya sudah dibahas ileh mas Miftah sebelumnya ya.


Web Dev and SEO Specialist

Web dev and SEO Specialist merupakan gabungan dari beberapa pekerjaan. Web dev atau website development merupakan proses pembuatan hingga mengelola website. Mulai dari memilih platform, mendesain, membuat navigasi, menyusun konten, link building hingga konfigurasi keamanan.  

Sedangkan SEO spesialist merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab mengelola kegiatan SEO sehingga perusahaan dapat dikenal di dunia digital dan mudah dikenali mesin pencari. Kegiatan yang dilakukan kurang lebih riset kata kunci atau key word, link building, menentukan konten, site audit sehingga traffic dan performa web meningkat di pencarian mesin pencari. 


Digital Marketing

Profesi digital marketing ini masih terbuka lebar karena dunia digital semakin hari semakin maju bukan. Mau tidak mau banyak yang beralih melakukan pemasaran produk maupun jasa secara digital. 

Lalu apa sih yang dilakukan seorang digital marketing? Intinya melakukan pemasaran menggunakan dunia digital sehingga produk atau jasa dikenal masyarakat. Mulai dari mengamati perilaku online pelanggan, membangun brand awareness pelanggan, berinteraksi di dunia maya dengan pelanggan dan lainnya.

Interaksi dengan pelanggan dapat dibangun melalui website, media sosial, email, e-commerce, dan berbagai platform online lainnya.


Teaching

Mengajar adalah profesi yang mulia bukan karena guru mengajarkan muridnya dari yang semula tidak bisa akhirnya menjadi bisa. Ilmu tidak hanya dapat ditempuh melalui dunia pendidikan formal atau dilakukan secara offline saja. 

Saat ini sudah banyak pendidikan informal, baik offline maupun online yang dapat ditempuh seseorang guna mendukung karir. Salah satunya mengikuti pelatihan prakerja atau lembaga pelatihan karyawan.

Salah satu profesi yang saat ini dilakukan kak Putri adalah mengajar, banyak pengalaman yang dapat diajarkannya ke murid. Bukankah ilmu semakin bertambah jika kita membagikannya ke orang lain.

Quote Motivasi Putri SB


Tips Putri SB Meraih Mimpinya Saat Ini dan Nanti

Jleb banget ya quote dari kak Putri di atas. Siapapun bisa mengambil kesempatan kalau dia mau, pilihannya ada pada diri kita masing-masing. Untuk sampai di posisinya saat ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin.

Ada proses yang luar biasa agar menjadi sukses dibalik perjalanannya karirnya, karena jika kita melakukannya biasa saja, tentu saja hasilnya akan biasa saja. Berikut tahapan yang dilakukan Kak Putri SB untuk meraih mimpinya :

Menyusun portfolio

Portfolio merupakan kumpulan informasi tentang prestasi, hasil kerja, kemampuan, keahlian yang dimiliki serta pengalaman kerja yang pernah dijalani. Portfolio ini berkembang seiring waktu karena keahlian atau pengalaman kerja yang bertambah.  


Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang penting walaupun bloger bekerja di belakang layar. Dalam hal ini bukan berarti bloger harus menjadi public speaker, tetapi setidaknya bloger juga dapat berkomunikasi dengan baik dan bijak serta beretika. 

Menambah kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris juga dapat memberi nilai plus, karena dunia digital luas dan bisa mencakup hingga luar Indonesia. Dengan cara berkomunikasi yang baik tentunya juga dapat memperluas jaringan pertemanan, sehingga secara tidak langsung akan memperluas rezeki bukan.


Kemampuan

Ilmu blog tidak ada habisnya, betul atau betul? Teknik SEO pun berkembang mengikuti alogaritma Google. Sehingga mau tidak mau bloger juga perlu meningkatkan skill yang mendukungnya dalam kegiatan blog, seperti mengotak atik kerangka blognya, plug in yang diperlukan, koding yang terkait dengan tema blog dan hal teknis lainnya.

Kemampuan yang dimaksud tidak hanya sebatas ilmu blig, lo. Namun, juga kemampuan menulis artikel yang menarik, kemampuan membuat desain yang bagus dan masih banyak lagi. 


Pendidikan

Saat ini akses untuk memperoleh pendidikan terbuka lebar, tidak hanya dilakukan secara offline, tetapi juga secara online. Selain itu, jangan membatasi diri dengan latar belakang pendidikan. Siapapun bisa menjadi sesuatu asal mau belajar. 

Tidak mudah tetapi bukan berati tidak mungkin. Selama ada niat di situ akan ada jalan. Kak Putri mempunyai latar belakang pendidikan kesehatan tetapi menjadi bloger dan mengembagkan karirnya hingga seperti saat ini. 

Lengkapi atau sempurnakan keahlian yang belum dimiliki dengan mengikuti pelatihan dimanapun, menggunakan media apapun, dan optimalkan kelas tersebut, totalitas bukan hanya sekedar hadir. 


Cara Meningkatkan Kemampuan Versi Kak Putri

Fast learner

Belajar cepat, segera lengkapi atau tingkatkan kemampuan. Tidak harus mempelajari semua, karena kita juga mempunyai keterbatasan. Pelajari hal yang dirasa perlu untuk dipelajari dan fokus agar segera menguasainya.


Never give up

Tidak semuanya dapat berjalan mulus sesuai keinginan kita, tetapi kendala yang muncul jangan membuat kita mudah menyerah. Bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda? Thomas Alva Edison pun baru berhasil menemukan lampu setelah seribu kali percobaan.  


Networking

Jangan ragu dan tajut untuk memperluas jaringan pertemanan. Hal ini dapat terjalin dengan aktif di kelas, berkenalan saat meet up bloger. Siapa tahu dengan saling menyimpan kontak dapat menghubungkan kita dengan peluang dan kesempatan.


Management skill

Management skill atau kemampuan mengorganisir merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Terutama manajemen waktu. Ibarat sebuah gelas yang diisi dengan bola besar, kemudian bola yang lebih kecil hingga bola yang paling kecil. Dengan jumlah bola yang sama belum tentu dapat masuk semua ke dalam gelas yang sama jika dilakukan terbalik, yaitu bola kecil dulu yang masuk kemudian bertahap bola berukuran lebih besar,

Analogi di atas jika dikaitkan dengan kegiatan maka, lakukan kegiatan yang penting dan urgent kemudian kegiatan lainnya. Dengan management skill yang baik maka tugas dapat diselesaikan dengan baik.


Self control

Self control atau pengendalian diri merupakan keahlian lain yang juga perlu dimiliki. Karena kita hanya bisa mengendalikan diri kita sendiri, sedangkan yang lain tidak dapat kita kendalikan. 

Hal ini mengingatkan saya pada Coach Aji Darmawan di bukunya Mindful. Jika kita berusaha mengendalikan hal di luar kendali kita maka hal tersebut hanya akan membuat kita stres dan mengganggu aktivitas lainnya.


Adaptability

Adaptability merupakan kemampuan beradaptasi. Semakin mudah beradaptasi maka akan memudahkan kita untuk menyesuaikan sesuai situasi dan kondisi. 


Never ending optimize your self

Jangan pernah berhenti untuk mengoptimalkan diri kita. Tentukan tujuan yang jelas dan mudah dilihat agar termotivasi. Belajar lebih dibandingkan yang lain. Lakukan yang terbaik, jangan setengah-setengah. Dan lakukan evaluasi secara obyektif tentang pencapaian yang telah dilakukan, kemampuan yang telah ditingkatkan apa saja. 

Yakinlah bahwa semesta akan mendukung apa yang kita inginkan jika kita bersungguh-sungguh. Do the best, let God do the rest.


Penutup

Ada banyak profesi yang dapat dilakukan di dunia digital. Asah terus potensi diri agar diri berkembang dan seiring waktu semuanya juga akan menghasilkan. Kak Putri telah membuktikannya. Karir bloger yang semula ditempuhnya dapat melesat hingga menjadi Manager SEO.

Pesan Kak Putri "Unlock your potential". Setiap orang mempunyai potensi jangan batasi diri dan jangan banyak alasan. Lakukan yang terbaik. Jika lelah menjalaninya, istirahat, ambil jeda, bukan berhenti. Lanjutkan dan lanjutkan dan lanjutkan. Meraih mimpi itu mungkin jika kita tidak membatasi diri kita.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

9 komentar

  1. Bagusnya gabung dengan BRT Network itu selalu ada kejutan-kejutan dengan diadakannya kelas blogging dengan narasumber yang pada kueren, termasuk salah satunya dengan Kak Putri, ya. Inspiring banget jalan ceritanya dari Blogger sampai akhirnya bisa menjadi manajer SEO

    BalasHapus
  2. Wah kemarin saya ikut juga kelasnya Mbak Putri ini.. Memang keren sih, jadi semamgat

    BalasHapus
  3. Tahu kak Putri ini tahun berapa yaa, 2020 apa 2021 gt deh yaa meskipun blm pernah ngobrol langsung tapi kita saling follow gitu di instagram, semoga kak Putri sehat2 terus dan bahagia ya

    BalasHapus
  4. Sangat menginspirasi. Dari Putri SB, aku belajar kalau belajar itu bisa di mana aja. Meskipun punya background pendidikan yang berbeda, tetapi beliau justru bisa jadi ahli di bidang lain. Hal ini menunjukkan kalau kemauan belajar itu penting banget. Aku suka dengan quote-nya untuk bertahan pada zona nyaman, tetapi memperluas zona nyaman.

    BalasHapus
  5. Tak ada yang tak mungkin, termasuk untuk bisa melakukan lompatan karir yang luar biasa. Apalagi kalau mau ikutan tahapan yang dilakukan Kak Putri SB untuk meraih mimpinya : menentukan tujuan atau target, belajar lebih banyak, lakukan yang terbaik, dan lakukan evaluasi secara obyektif. Yuk, ikutan sukses!

    BalasHapus
  6. Lama banget ga denger kabar dari Mbak Putri Haneen ini. Semoga beliau makin sukses dengan pekerjaannya ya, Dulu saya mengikuti perjalanan beliau pas masih ada baby

    BalasHapus
  7. Lompatan karir yang keren bangat ya kak Putri ini. Dari logger bisa menjadi Manager SEO. Semoga aku juga segera bisa menemukan kesempatan itu, hehehe.

    BalasHapus
  8. Wah kereen ya kak Putri ini...sangat memberi inspirasi. Saya juga ingin banget punya lompatan2 peluang bagus dari dunia blogger ini. Semoga bisa mengikuti jejak beliau...perlu belajar dan kerja keras.

    BalasHapus
  9. Keren banget webinarnya, aku juga ikutan. Masya Allah jadi nambah semangat buat networking dan belajar hal baru di dunia blog

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih