Mungkinkah Seorang Bloger Meraih Mimpi Menjadi Manager SEO?

Rabu, 31 Juli 2024

Bloger Meraih Mimpi


Mungkinkah seorang bloger meraih mimpi menjadi Manager SEO? Tentu saja mungkin dong, kenapa tidak dan sudah terbukti lo. Salah satunya kak Putri SB yang tidak mempunyai background IT tetapi bisa menjadi SEO specialist.

Ada yang kenal beliau? Mungkin bagi Sobat Dy yang sudah lama berkecimpung di dunia blog sudah mengenal sosok beliau. Sedangkan bagi newbie di dunia blog seperti saya, mungkin baru mendengarnya. Maklumlah jaringan teman bloger saya masih sedikit. beruntungnya saya akhirnya mengenal seorang SEO specialist yang humble dan mau berbagi ilmu ini.

Apakah Sobat Dy pernah berkunjung ke blog https://putrihaneen.com/? Cakep ya tampilannya dan sukses membuat saya jatuh cinta dan betah berlama-lama mengulik blognya. Mengapa? Kategorinya jelas, cepat diakses, tampilannya pun memudahkan saya memilih artikel dan warnanya kalem dan penuturannya runut dan jelas. Tanpa disadari saya bisa berselancar ke beberapa artikel tanpa bosan. .

Betul banget kata mas Miftah, pemateri dengan tema optimasi blog di kelas online BRT sebelumnya juga menjelaskan bahwa salah satu hal yang membuat pembaca betah di blog kita adalah kemampuan dasar konten writer dan memudahkan pembaca untuk mengakses artikel dalam blog. Di luar hal teknis lain tentunya. 


Sosok Putri SB

Seperti yang saya sampaikan di awal bahwa Kak Putri adalah seorang bloger. Namun, perjalanan karirnya di dunia digital tidak hanya berhenti sebagai seorang bloger. Saat ini beliau adalah seorang manager SEO di salah satu perusahaan multinasional di Jakarta.

Lompatan karir yang luar biasa, bukan? Hal ini menambah wacana baru bagi saya bahwa dunia digital itu luas dan semuanya mungkin asal ada niat dan komitmen yang kuat mewujudkannya.

"Unlock your potential. Transform your blogging pasion become a profesioanl digital career" merupakan judul yang dipilih kak Putri dalam Sharing Session BRT Network. Temanya membuat saya penasaran karena saya awam di dunia digital ini. Serius di dunia blog juga masih baru. Tertatih-tatih pula saat mengikuti kelas Growth BRT.


"Jangan keluar dari zona nyaman, tapi perluas zona nyamannya"


Quote ini kerap digaungkan di grup BRT dan setelah saya renungkan, betul sekali. Mengapa harus keluar dari zona nyaman? Mengapa tidak diperluas zona nyamannya? Jika keluar dari zona nyaman sepertinya tidak enak untuk dijalani. Namun, beda halnya dengan memperluas zona nyaman, lebih enak dijalani sehingga tidak merasa tertekan, bukan.


Lompatan Karir Putri

Dunia digital semakin berkembang pesat setiap hari. Oleh karena itu bermunculan jenis pekerjaan  baru yang sebelumnya sedikit pemintanya bahkan tidak ada. Hal ini tentunya membawa keberuntungan bagi seseorang yang memahaminya. 

Seorang teman pernah berkata bahwa keberuntungan adalah kesempatan bertemu dengan kesiapan. Artinya jika kita siap baik itu kemampuan atau hal lain dan ada kesempatan atau peluang untuk melakukannya. Maka orang tersebut beruntung.

Berikut adalah karir yang telah dilalui oleh Kak Putri dalam dunia digital. Lompatan karir yang dijalaninya dalam kurun waktu beberapa tahun saja.

Bloger

Bloger merupakan sebuah sebutan untuk orang yang mengeblog, pengeblog, narablog, definisi ini tercantum di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Umumnya seseorang menuangkan isi hati aka curhat dan idenya-idenya melalui tulisan di blognya. 

Namun, ada juga yang memanfaatkan blog sebagai media promosi produk atau instansi. Sehingga blog akan dikelola sedemikian rupa sehingga menarik pembaca untuk berkunjung ke blognya. Wajar jika artikel dalam blog tidak hanya berisi tulisan karena orang akan bosan membacanya, maka bloger menambahkan video atau foto yang menarik.

Saat ini sudah ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk mendukung kreativitas bloger dalam membuat gambar atau video yang menarik. Beberapa di antaranya Capcut, Canva, Photogrid, dan masih banyak lainnya. Tools penyelamat saya yang tidak bisa gambar atau membuat video yang cantik.

Apakah bloger bisa dijadikan sebuah profesi? Bisa dong. Jika Sobat Dy mengunjungi web careerexplorer, bloger merupakan salah satu pilihan karir di sana. 


SEO Content Writer

SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization. Sedangkan writer adalah penulis, maka SEO content writer adalah penulis yang tidak hanya menulis artikel saja tetapi menulis dengan gaya bahasa menarik dan menggunakan kata kunci  sehingga mudah dirambati oleh mesin pencari. 

Namun, tidak hanya teknik menulis saja yang harus dikuasai, SEO content writer juga harus memahami perubahan alogaritma mesin pencari yang tidak pernah stagnan. Jika artikel tidak mengikuti kaidah SEO maka jangan harao artikel akan muncul mesin pencari. Cara optimasinya sudah dibahas ileh mas Miftah sebelumnya ya.


Web Dev and SEO Specialist

Web dev and SEO Specialist merupakan gabungan dari beberapa pekerjaan. Web dev atau website development merupakan proses pembuatan hingga mengelola website. Mulai dari memilih platform, mendesain, membuat navigasi, menyusun konten, link building hingga konfigurasi keamanan.  

Sedangkan SEO spesialist merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab mengelola kegiatan SEO sehingga perusahaan dapat dikenal di dunia digital dan mudah dikenali mesin pencari. Kegiatan yang dilakukan kurang lebih riset kata kunci atau key word, link building, menentukan konten, site audit sehingga traffic dan performa web meningkat di pencarian mesin pencari. 


Digital Marketing

Profesi digital marketing ini masih terbuka lebar karena dunia digital semakin hari semakin maju bukan. Mau tidak mau banyak yang beralih melakukan pemasaran produk maupun jasa secara digital. 

Lalu apa sih yang dilakukan seorang digital marketing? Intinya melakukan pemasaran menggunakan dunia digital sehingga produk atau jasa dikenal masyarakat. Mulai dari mengamati perilaku online pelanggan, membangun brand awareness pelanggan, berinteraksi di dunia maya dengan pelanggan dan lainnya.

Interaksi dengan pelanggan dapat dibangun melalui website, media sosial, email, e-commerce, dan berbagai platform online lainnya.


Teaching

Mengajar adalah profesi yang mulia bukan karena guru mengajarkan muridnya dari yang semula tidak bisa akhirnya menjadi bisa. Ilmu tidak hanya dapat ditempuh melalui dunia pendidikan formal atau dilakukan secara offline saja. 

Saat ini sudah banyak pendidikan informal, baik offline maupun online yang dapat ditempuh seseorang guna mendukung karir. Salah satunya mengikuti pelatihan prakerja atau lembaga pelatihan karyawan.

Salah satu profesi yang saat ini dilakukan kak Putri adalah mengajar, banyak pengalaman yang dapat diajarkannya ke murid. Bukankah ilmu semakin bertambah jika kita membagikannya ke orang lain.

Quote Motivasi Putri SB


Tips Putri SB Meraih Mimpinya Saat Ini dan Nanti

Jleb banget ya quote dari kak Putri di atas. Siapapun bisa mengambil kesempatan kalau dia mau, pilihannya ada pada diri kita masing-masing. Untuk sampai di posisinya saat ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin.

Ada proses yang luar biasa agar menjadi sukses dibalik perjalanannya karirnya, karena jika kita melakukannya biasa saja, tentu saja hasilnya akan biasa saja. Berikut tahapan yang dilakukan Kak Putri SB untuk meraih mimpinya :

Menyusun portfolio

Portfolio merupakan kumpulan informasi tentang prestasi, hasil kerja, kemampuan, keahlian yang dimiliki serta pengalaman kerja yang pernah dijalani. Portfolio ini berkembang seiring waktu karena keahlian atau pengalaman kerja yang bertambah.  


Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang penting walaupun bloger bekerja di belakang layar. Dalam hal ini bukan berarti bloger harus menjadi public speaker, tetapi setidaknya bloger juga dapat berkomunikasi dengan baik dan bijak serta beretika. 

Menambah kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris juga dapat memberi nilai plus, karena dunia digital luas dan bisa mencakup hingga luar Indonesia. Dengan cara berkomunikasi yang baik tentunya juga dapat memperluas jaringan pertemanan, sehingga secara tidak langsung akan memperluas rezeki bukan.


Kemampuan

Ilmu blog tidak ada habisnya, betul atau betul? Teknik SEO pun berkembang mengikuti alogaritma Google. Sehingga mau tidak mau bloger juga perlu meningkatkan skill yang mendukungnya dalam kegiatan blog, seperti mengotak atik kerangka blognya, plug in yang diperlukan, koding yang terkait dengan tema blog dan hal teknis lainnya.

Kemampuan yang dimaksud tidak hanya sebatas ilmu blig, lo. Namun, juga kemampuan menulis artikel yang menarik, kemampuan membuat desain yang bagus dan masih banyak lagi. 


Pendidikan

Saat ini akses untuk memperoleh pendidikan terbuka lebar, tidak hanya dilakukan secara offline, tetapi juga secara online. Selain itu, jangan membatasi diri dengan latar belakang pendidikan. Siapapun bisa menjadi sesuatu asal mau belajar. 

Tidak mudah tetapi bukan berati tidak mungkin. Selama ada niat di situ akan ada jalan. Kak Putri mempunyai latar belakang pendidikan kesehatan tetapi menjadi bloger dan mengembagkan karirnya hingga seperti saat ini. 

Lengkapi atau sempurnakan keahlian yang belum dimiliki dengan mengikuti pelatihan dimanapun, menggunakan media apapun, dan optimalkan kelas tersebut, totalitas bukan hanya sekedar hadir. 


Cara Meningkatkan Kemampuan Versi Kak Putri

Fast learner

Belajar cepat, segera lengkapi atau tingkatkan kemampuan. Tidak harus mempelajari semua, karena kita juga mempunyai keterbatasan. Pelajari hal yang dirasa perlu untuk dipelajari dan fokus agar segera menguasainya.


Never give up

Tidak semuanya dapat berjalan mulus sesuai keinginan kita, tetapi kendala yang muncul jangan membuat kita mudah menyerah. Bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda? Thomas Alva Edison pun baru berhasil menemukan lampu setelah seribu kali percobaan.  


Networking

Jangan ragu dan tajut untuk memperluas jaringan pertemanan. Hal ini dapat terjalin dengan aktif di kelas, berkenalan saat meet up bloger. Siapa tahu dengan saling menyimpan kontak dapat menghubungkan kita dengan peluang dan kesempatan.


Management skill

Management skill atau kemampuan mengorganisir merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Terutama manajemen waktu. Ibarat sebuah gelas yang diisi dengan bola besar, kemudian bola yang lebih kecil hingga bola yang paling kecil. Dengan jumlah bola yang sama belum tentu dapat masuk semua ke dalam gelas yang sama jika dilakukan terbalik, yaitu bola kecil dulu yang masuk kemudian bertahap bola berukuran lebih besar,

Analogi di atas jika dikaitkan dengan kegiatan maka, lakukan kegiatan yang penting dan urgent kemudian kegiatan lainnya. Dengan management skill yang baik maka tugas dapat diselesaikan dengan baik.


Self control

Self control atau pengendalian diri merupakan keahlian lain yang juga perlu dimiliki. Karena kita hanya bisa mengendalikan diri kita sendiri, sedangkan yang lain tidak dapat kita kendalikan. 

Hal ini mengingatkan saya pada Coach Aji Darmawan di bukunya Mindful. Jika kita berusaha mengendalikan hal di luar kendali kita maka hal tersebut hanya akan membuat kita stres dan mengganggu aktivitas lainnya.


Adaptability

Adaptability merupakan kemampuan beradaptasi. Semakin mudah beradaptasi maka akan memudahkan kita untuk menyesuaikan sesuai situasi dan kondisi. 


Never ending optimize your self

Jangan pernah berhenti untuk mengoptimalkan diri kita. Tentukan tujuan yang jelas dan mudah dilihat agar termotivasi. Belajar lebih dibandingkan yang lain. Lakukan yang terbaik, jangan setengah-setengah. Dan lakukan evaluasi secara obyektif tentang pencapaian yang telah dilakukan, kemampuan yang telah ditingkatkan apa saja. 

Yakinlah bahwa semesta akan mendukung apa yang kita inginkan jika kita bersungguh-sungguh. Do the best, let God do the rest.


Penutup

Ada banyak profesi yang dapat dilakukan di dunia digital. Asah terus potensi diri agar diri berkembang dan seiring waktu semuanya juga akan menghasilkan. Kak Putri telah membuktikannya. Karir bloger yang semula ditempuhnya dapat melesat hingga menjadi Manager SEO.

Pesan Kak Putri "Unlock your potential". Setiap orang mempunyai potensi jangan batasi diri dan jangan banyak alasan. Lakukan yang terbaik. Jika lelah menjalaninya, istirahat, ambil jeda, bukan berhenti. Lanjutkan dan lanjutkan dan lanjutkan. Meraih mimpi itu mungkin jika kita tidak membatasi diri kita.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Read More

Ini Lo Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak

Selasa, 30 Juli 2024

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak

Hai Sobat Dy, sebelumnya kita sudah membahas tentang pentingnya kecerdasan emosional anak dan bagaimana cara mengembangkan kecerdasan emosional anak, bukan. Karena kecerdasan emosional anak bukan seperti bakat yang merupakan anugerah, tetapi perlu dikembangkan agar berkembang optimal.

Pada bagian belakang buku Tuntas Emosi, Pendidikan Keluarga untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosi tertulis seperti ini : "Ketenangan jiwa adalah tujuan akhir dari upaya membangun kecerdasan emosi dalam mengarungi beragam tema kehidupan. Ketenangan jiwa inilah yang akan mengantarkan kita ke surga Allah SWT dengan ridhoNya".

Jika mengingat sepenggal kalimat dalam blurb yang tertulis di sampul belakang buku Tuntas Emosi, menjadi penyemangat saya untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak. Sembari meningkatkan kecerdasan emosi saya pribadi juga. Oleh karena itu saya mencari tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosi anak? Yuk simak artikel ini hingga akhir ya!


Tahapan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Perkembangan emosi merupakan salah satu hal penting dalam proses tumbuh kembang anak. Hal ini terkait dengan miningkatnya kemampuan anak untuk mengelola dan mengekspresikan emosi yang dirasakannya, baik emosi positif maupun negatif.

Berikut beberapa tahapan perkembangan emosi anak yang perlu Sobat Dy ketahui, yaitu tahapan mengenal emosi, kemudian tahapan mengekspresikan emosinya, hingga mengendalikan emosi yang dirasakannya.

Tahap mengenal emosi

Tahap mengenal emosi dimulai sejak bayi baru lahir hingga usia 1 tahun. Sebetulnya pada tahap ini tidak hanya emosi yang mulai dikenalnya, tetapi banyak hal baru lainnya yang juga mulai dikenalnya.

Menangis merupakan cara bayi mengomunikasikan rasa tidak nyaman yang dirasakannya, seperti rasa lapar, gerah, popok yang basah, haus. Orang tua harus sabar untuk menebak apa yang diinginkan anaknya. Sedangkan jika bayi merasa nyaman, dia cenderung tenang dan tersenyum

Pada tahap ini orang tua dapat mendukung proses ananda mengenal emosi dengan menciptakan suasana dan lingkungan yang nyaman dan konsisten. Sehingga ananda lebih percaya diri untuk menjelajah lingkungan sekitarnya dan mengekspresikan dirinya.

Setelah itu orang tua dapat membantu anak untuk meregulasi emosinya, seperti 'O, adik marah ya mainannya diambil Bunda'. Sehingga nantinya anak akan mengenali beragam emosi yang ada.


Tahap mengekspresikan emosi

Tahap mengekspresikan emosi terjadi pada rentang usia 2 hingga 3 tahun. Pada tahap ini anak mulai mengekspresikan emosi yang telah dipelajari sebelumnya. Anak mengekspresikan emosinya dengan berbagai cara yang mereka bisa dan meminta orang sekitar memahaminya. 

Pada usia ini tantrum rawan terjadi sebagai bentuk anak mengekspresikan emosinya. Selain itu anak juga masih mempelajari berbagai bentuk emosi. Orang tua sebaiknya tetap tenang dan membantu anak meregulasi emosinya dengan cara yang jelas, sehingga anak dapat memahami dan mengelola emosinya.

Jika orang tua menanggapi anak tantrum dengan amarah dan ancaman, anak hanya akan ketakutan dan tidak memahami emosinya. Coba ajarkan anak untuk mengenali emosinya, tetapi lakukan jika anak sudah tidak lagi tantrum. 

Saat anak tantrum coba peluk dan tepuk-tepuk perlahan punggungnya, cara ini dikenal dengan clapping. Metode ini untuk meredakan tantrum anak. Teknik yang saya pelajari saat mengikuti Milad IP Sidoarjo Mojokerto beberapa waktu silam.

Setelah tantrum reda, bimbing anak untuk mengungkapkan emosinya, misalnya "Aku marah karena mainanku direbut," atau "Aku marah karena ibu bohong." Hal ini akan membantu anak memahami dan mengelola emosinya daripada hanya meluapkannya.

Apresiasi juga perlu diberikan jika anak berhasil mengungkapkan perasaannya tanpa tantrum, melainkan dengan kata-kata. Hal ini akan membuat anak lebih percaya diri dan emosinya berkembang dengan baik. 


Tahap mengendalikan emosi

Tahap mengendalikan emosi terjadi pada rentang usia 3 hingga 5 tahun. Usia dimana beberapa anak memasuki jenjang pendidikan usia dini (PAUD). Tahapan dimana anak mengembangkan keterampilan mengelola emosi secara mandiri karena anak memasuki lingkungan baru tanpa pendampingan orang tua.

Orang tua dapat mengajarkan teknik untuk mengelola emosinya, seperti mengubah posisi misalnya semula berdiri ke posisi duduk, mencari tempat tenang, mengambil napas dalam-dalam. Cara lain untuk mengajarkannya adalah dengan menjadi role model yang baik bagi anak.

Tahap Perkembangan Emosi Anak


Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak

Perkembangan emosional anak dipengaruhi beberapa faktor yang melibatkan beberapa interaksi yang saling berkaitan, di antaranya :

Faktor biologis atau genetika

Tak dapat dipungkiri bahwa faktor genetik juga mempengaruhi kecenderungan emosi tersebut pada anak. Orang tua dapat mengamati kecenderungan emosi anak sehingga dapat memahaminya dan memberikan dukungan yang sesuai.


Pengalaman anak

Pengalaman yang diperoleh anak saat usia dini dapat mempengaruhi perkembangan emosinya secara signifikan. Pengalaman negatif yang traumatis seperti penelantaran, pelecehan, kekerasan atau perpisahan dengan orang tua dapat menyebabkan masalah perilaku. 

Sedangkan pengalaman positif seperti keterikatan yang positif dengan orang tua, pengalaman bermain yang menyenangkan akan mendorong perkembangan emosi yang sehat. Pengalaman yang diperoleh anak juga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua.


Lingkungan

Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya bahwa anak ibarat spons, dia akan menyerap informasi apapun dari lingkungan sekitarnya, terlepas informasi tersebut baik atau buruk.

Lingkungan yang positif seperti lingkungan yang aman dan penuh dengan kasih sayang akan mendorong perkembangan emosi yang positif pada anak. Sedangkan lingkungan yang buruk seperti kekerasan dalam rumah tangga, penelantaran, pengabaian akan memberikan pengalaman buruk sehingga menghambat perkembangan emosinya.


Hubungan orang tua dan anak

Hubungan yang baik antara orang tua dan anak akan mengarah pada perkembangan yang emosi yang positif. Karena kelekatan hubungan tersebut akan membuat anak merasa aman, terlindungi. Satu hal yang terpenting anak akan merasa dicintai. Hal ini akan membuat perkembangan emosi dan sosialisasi yang sehat.


Interaksi sosial

Interaksi sosial atau hubungan sosial dengan teman sebaya dapat membentuk kemampuan anak untuk beradaptasi dan meresponnya.


Kondisi fisik dan status ekonomi

Anak dengan kondisi fisik kurang sempurna cenderung kurang percaya diri dan minder. Hal ini pun terjadi pada anak dengan faktor ekonomi yang kurang. Sehingga membutuhkan peran orang tua yang lebih besar dibandingkan jika kondisinya normal atau rata-rata.

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak


Penutup

Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi anak telah disampaikan di atas. Dengan mengetahui hal tersebut semoga dapat menjadi referensi Sobat Dy untuk mengenali faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi anak dan dapat membimbing anak untuk mengenali, mengekspresikan hingga mengendalikan emosinya.

Selanjutnya yuk mengenalkan jenis emosi pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat.


Referensi

1. https://www.gramedia.com/best-seller/perkembangan-emosi/

2. https://www.akudankau.co.id/artikel/6-plus/tahapan-perkembangan-emosi-anak

3. https://morinaga.id/id/milestone/inilah-faktor-dan-tahapan-perkembangan-emosi-anak-usia-dini

Read More

Tips Optimasi Blog Miftahul Khoir

Jumat, 26 Juli 2024

Tips Optimasi Blog Miftahul Khoir

Hai Sobat Dy, mau cerita sedikit nih kalau minggu lalu saya dapat durian runtuh alias rezeki nomplok. Di saat saya ingin optimasi blog eh saya bisa ikut kelas dengan tema SEO yang diadakan BRT Network, gratis tis tis pula. Siapa yang enggak hepi?

Tema SEO ini selalu menarik bagi saya, karena saya ingin artikel di blog saya muncul di halaman mesin pencari atau bahasa kerennya SERP (Search Engine Result Page). Itu lo artikel yang muncul saat Sobat Dy mengetikkan kata kunci tentang suatu hal di mesin pencari. 

Oleh karena itu sebisa mungkin saya berusaha mengikuti kelas atau pelatihan tentang SEO. Alhamdulillah lolos menjadi peserta pelatihan optimasi blog bersama Mifathul Khoir. Salah satu SEO specialist dan Digital Marketing Enthusiast. Sobat Dy juga bisa mengunjungi webnya juga di www.miftahulk.com, lo. 

Judul kelas online optimasi blog Jumat, 19 Juli 2024 lalu adalah "SEO Checklist For Winning The SERP". Serunya lagi, mas Miftah menceritakan pengalaman pribadinya selama berkecimpung dalam dunia SEO. Penasaran bukan apa saja yang dibahas di sana? Simak artikel ini hingga akhir ya!  

Kelas Online BRT Network


Keahlian yang Dibutuhkan Konten Writer

Menurut Sobat Dy, apakah bloger termasuk konten writer? Yup, sepakat bloger secara tidak langsung juga seorang konten writer. Seorang bloger tidak hanya menulis artikel saja, tetapi juga membuat sebuah artikel yang menarik untuk dibaca dan pembaca betah membaca hingga akhir artikel.

Apa saja kemampuan dasar yang perlu dikuasai konten writer?

Kemampuan kreatif 

Konten writer harus mampu membuat konten yang menarik. Bagaimana caranya? Beberapa cara dapat dicoba misalnya menggunakan teknik story telling atau membuat paragraf pertama yang menarik. Tujuannya sama yaitu membuat pembaca betah membaca hingga akhir artikel dan jika memungkinkan membaca artikel lainnya di blog kita.

Kalau tidak kreatif bagaimana? Bisa dipelajari dan bisa diasah kok asal ada kemauan. bukankah dimana ada kemauan, maka akan ada jalan untuk melakukannya.


Solutif

Artinya artikel yang dibuat memberikan solusi atau value atas permasalahan yang saat ini sedang dialami oleh pembaca. Terlepas hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi atau pendapat ahli ya. Sebuah artikel dapat dikatakan solutif jika terdiskripsi rinci dan teliti serta dapat dipercaya sehingga mesin pencari mudah merayapinya. 

Pembaca juga akan mengunjungi situs kita kembali saat mengalami permasalahan yang sejenis atau bahkan permasalahan lainnya karena sudah nyaman dengan blog kita, tentunya dengan sesuai dengan niche blog kita. Karena di dalam sebuah artikel yang solutif akan mengandung tahapan untuk mengatasi masalah dan pembaca menyukai hal ini


Keterampilan teknis

Bloger wajib nih menguasai keterampilan teknis seperti menguasai tools yang mendukung performa blog dan memahami cara kerja mesin pencari. Jika Sobat Dy memahami cara kerja mesin pencari tentunya artikel yang ditulis akan lebih mudah diindex mesin pencari. 

Ada tiga tahapan yang dilakukan mesin pencari yaitu crawling, indexing dan menampilkan hasilnya pada halaman atau yang biasa disebut SERP (Search Engine Result Page). Proses crawling merupakan upaya Google sebagai mesin pencari merayapi blog kita. Kemudian indexing berdasarkan data base Google. Selanjutnya jika artikel dapat menjawab kebutuhan pembaca maka artikel kita akan ditampilkan dalam SERP.


Selain itu kembangkan topik yang dibahas dalam artikel kita. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan mesin pencari untuk mengenali blog kita. Sehingga jika ada seseorang yang mencari tahu dengan mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan blog kita, mesin pencari akan mengarahkannya ke blog kita.

Cara mengembangkan topik halaman dapat dilakukan dengan mencari ide sehingga menghasilkan konten yang menarik, menggunakan teknik story telling seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Dan pastikan untuk memperbarui data.


Pengembangan Topik Halaman

Kadangkala dalam membuat artikel kita berada pada titik jenuh atau bingung mau nulis apalagi ya. Beberapa cara berikut dapat dicoba untuk mengembangkan artikel kita, di antaranya:

Brainstorming

Brainstorming merupakan metode untuk menghasilkan ide kreatif dan inovatif sehingga dapat menghasilkan artikel yang kreatif. Brainstorming dapat dilakukan dengan diskusi bersama siapa saja yang menurut Sobat Dy nyaman untuk diajak diskusi, misalnya dengan suami atau istri. Brainstorming lainnya juga dapat dilakukan dengan membaca buku.


Storytelling

Storytelling merupakan sebuah teknik menulis artikel dengan cara bercerita, sehingga pembaca betah membaca artikel kita dan tanpa terasa telah membaca hingga akhir artikel. Walaupun artikel merupakan sebuah karya tulis non fiksi tetapi jika dikemas dengan narasi yang apik tentunya akan membuat pembaca membaca hingga akhir tanpa lelah.


Based ondata 

Artikel atau konten yang baik tentunya disusun berdasarkan data yang akurat dan valid, bukan dugaan atau asumsi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan trust issue baik oleh pengunjung blog maupun mesin pencari.


Positioning

Cara lain untuk memenangkan SERP adalah dengan positioning. Bagaimana caranya?

Set target utama blog

Saat membuat  blog, tentunya sudah tahu apa tujuannya, bukan. Jika belum tahu apa tujuan ngeblog, yuk tentukan saja sekarang. Tujuan ini penting untuk menentukan jenis artikel yang akan ditulis di blog. 

Misalnya Klik Dokter yang merupakan karir pertama kak Miftahul dalam bidang SEO. Tujuan web klikdokter.com dibuat adalah untuk memberikan informasi terkait kesehatan dan lifestyle pada masyarakat.

 

Jangan utamakan SEO

Umumnya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi artikel sesuai dengan kaidah SEO dan jika bloger hanya fokus pada hal ini, tanpa disadari artikelnya akan menjadi kaku. Betul atau betul? Karena umumnya bloger hanya fokus pada url, keyword harus tersebar dimana saja hingga lupa pada muatan konten.


Pahami audience

Audience merupakan target pembaca yang mengunjungi blog kita. Jika Sobat Dy telah memahami audience maka akan memudahkan pemilihan gaya bahasa yang digunakan dan topik yang akan diulas dalam blog.


Strategi Optimasi Blog 

Strategi optimasi blog adalah dengan memenangkan persaingan dalam SERP. Berikut strategi yang perlu dilakukan:

Crawling status

Crawling status merupakan keadaan dimana website mengizinkan setiap bot yang masuk dapat membaca konten yang ada di blog kita. Salah caranya adalah dengan mengaktifkan robot.txt.


Website navigation

Website navigasi setidaknya memudahkan pembaca menelusuri blog kita. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan adalah kategorisasi, breadcrumb dan internal link. Hal ini penting karena berfungsi sebagai penghubung antar artikel. Penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan di artikel terpisah ya, karena pembahasannya panjang.


Experience

Experience merupakan pengalaman pembaca saat mengunjungi blog kita, seperti kecepatan blog, kemudahan membuka halaman yang diinginkan dan ketersediaan halaman. Jika pembaca mendapatkan pengalaman buruk saat mengunjungi blog kita seperti artikel lama dibuka, kemudian link artikel yang dituju ternyata tidak ditemukan. Wah ini pertanda buruk bahwa pembaca akan meninggalkan blog kita dan malas mengunjunginya kembali. Tentu sangat disayangkan jika hal ini terjadi bukan.



Artikel yang Digemari Mesin Pencari

Walaupun namanya mesin pencari, tetapi artikel yang disukainya adalah artikel yang luwes dan humanis, tidak kaku seperti robot. Berikut ciri artikel yang disukai mesin pencari yaitu:

Mengandung unsur E-E-A-T

EEAT merupakan akronim dari Experience (pengalaman) Expertise (keahlian) Authoritativness (kewenangan) Trustworthness (kepercayaan). Pengalaman bloger saat melakukan sesuatu atau menggunakan sesuatu lebih digemari pembaca, apalagi jika disertai tips do or don't atau boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. 

Jika menggulas suatu produk berdasarkan pengalaman pribadi atau komentar jujur tentang produk tersebut. Bukan komentar berlebihan tentang produk tersebut. Bloger bukan bagian sales lo. Selain itu artikel yang ditulis oleh seseorang yang ahli lebih diminati karena mempunyai kredibilitas, kualifikasi dan pendidikan yang sesuai dengan topik yang dibahas.

Kewenangan yang dimaksud adalah kredibilitas konten dan blog kita. Kewenangan dapat diketahui melalui kualitas konten, reputasi blog dan tautan yang digunakan.

Kepercayaan terkait dengan keakuratan data atau informasi yang ditulis, sumber konten dan pengalaman pembaca saat mengunjungi blog kita.


Skema data lengkap

Skema data yang dibutuhkan terdiri dari beberapa bagian di antaranya artikel, periode posting konten di blog. dan website. Struktur artikel setidaknya memenuhi properti yang diminta adanya properti artikel yaitu heading, sub heading, gambar, dan isi artikel.

Satu hal yang pasti adalah periode posting artikel di blog, setidaknya komitmen dan konsisten. Jangan minggu ini setiap hari posting, eh minggu depan tidak posting sama sekali. Jewer diri sendiri nih kalau ini.

Identifikasi blog kita, apakah memudahkan pembaca saat mengunjunginya. Misalnya apakah ada kolom search, apakah ada navigasi yang jelas, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Penutup

Cukup banyak hal yang perlu diperhatikan seorang bloger agar websitennya mudah dirambati mesin pencari bukan. Sabar dan konsisten dalam proses tentunya. Namun, satu hal yang pasti setelah mengikuti kelas online ini semakin membuat saya tertantang untuk memperbaiki blog. Bukan hal yang mudah tetapi bisa dan mungkin untuk dikerjakan. 

Beruntungnya saya bisa belajar dengan ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Sobat Dy juga bisa mencoba membuat breadcrumb untuk memudahkan Google memahami skema data di blog Sobat Dy.

Jadi penasaran kelas berikutnya di BRT, bukan. Hal apalagi ya yang akan dipelajari di sana? Apakah Sobat Dy sudah bergabung menjadi anggota BRT? Yuk, gabung saja. Banyak kelas menarik di sana dan diskusinya menarik. Kelas apa saja yang pernah Sobat Dy ikuti selama ini tentang blog? Tulis di kolom komentar ya.


Referensi

1. Kelas Online BRT Network dengan tema "SEO Checklist For Winning The SERP".

Read More

Asuransi Murni Syariah Untuk Memberikan Rasa Aman Secara Finansial

Kamis, 25 Juli 2024

Asuransi Murni Syariah


Bagi Sobat Dy yang masih banyak berpikir tentang masa depan biasanya akan over thinking sendiri. Di sisi lain, berpikir mengenai masa depan juga bisa menjadi langkah untuk merencanakan antisipasi hal-hal yang buruk bisa terjadi di masa depan. 

Selain itu, ada hal yang dapat diminimalisir efeknya sehingga melakukan pencegahan di awal merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Pencegahan dapat dilakukan untuk memberikan perlindungan secara finansial dengan memiliki perlindungan dari produk asuransi murni syariah.

Asuransi jiwa murni syariah merupakan pilihan untuk perlindungan yang bisa digunakan agar mempunyai masa depan yang lebih baik, utamanya dari segi finansial. Apabila sudah terlindungi dengan produk asuransi akan bisa membuat lebih tenang karena mempunyai rasa aman dari segi finansial. 

Rasa aman tersebut bisa didapatkan karena produk asuransi yang dipunyai akan memberikan perlindungan ketika terjadi resiko yang tidak diinginkan seperti meninggal dunia. Produk asuransi jiwa dapat memberikan perlindungan karena akan mendapatkan uang pertanggungan yang bisa untuk memberikan rasa aman dan tenang ketika terjadi hal yang buruk di masa depan yang dapat mengganggu masalah finansial.


Keunggulan Produk Asuransi Jiwa Syariah Yang Bisa Didapatkan

Produk asuransi murni syariah adalah asuransi jiwa berjangka yang mempunyai prinsip syariah yang digunakan. Prinsip yang digunakan tersebut membuat jalannya produk asuransi saat memberikan perlindungan akan diawali menggunakan akad dan juga menggunakan prinsip lainnya. Bagi yang mempunyai memilih asuransi jiwa berjangka dengan sistem syariah bisa mendapatkan perlindungan untuk memberikan rasa aman dengan keunggulan yang dirasakan, sebagai berikut ini:

Bebas riba 

Asuransi jiwa berjangka yang mempunyai sistem syariah memberikan keunggulan karena bisa mempunyai perlindungan transaksi yang bebas riba. Asuransi syariah pertama kali akan menggunakan akad untuk memulai perlindungan yang diberikan. Hal tersebut bisa menjadi pembeda dengan produk asuransi konvensional umumnya, sehingga bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang menginginkan produk asuransi bebas riba.


Tidak melakukan kegiatan keuangan yang dilarang agama 

Asuransi jiwa berjangka syariah juga mempunyai keunggulan yang dapat untuk menjaga kegiatan keuangan yang dilakukan tidak menggunakan hal-hal yang dilarang oleh agama seperti pengelolaan keuangan tidak dimasukkan di dalam judi dan lainnya.


Mempunyai prinsip saling tolong menolong antar anggota

Asuransi jiwa berjangka syariah mempunyai prinsip yang saling tolong menolong antar anggota. Hal tersebut membuat premi asuransi syariah yang perlu dibayarkan menjadi lebih terjangkau karena tidak mementingkan tujuan utamanya seperti produk asuransi konvensional yaitu untuk tujuan komersial. Sedangkan untuk tujuan utama asuransi syariah adalah gotong royong sehingga membuat kontribusi yang dibayarkan menjadi lebih murah.


Tersedia banyak pilihan

Asuransi jiwa berjangka syariah memberikan keunggulan dengan banyaknya pilihan yang tersedia, termasuk yang bisa dibeli secara online di tempat yang terjamin dan aman.


Rekomendasi Produk Asuransi Jiwa Syariah yang Bisa Dipilih

Sobat Dy bisa mendapatkan rasa aman secara finansial dengan memilih produk asuransi jiwa syariah yang bisa memenuhi kebutuhan Sobat. Perhatikan mengenai keunggulan yang ditawarkan oleh produk asuransi jiwa syariah agar bisa mendapatkan perlindungan yang terbaik. 

Rekomendasi produk asuransi online yang bisa Sobat Dy pilih adalah Flexi Life syariah yang memberikan keunggulan sebagai produk ultra fleksibel pertama yang ada di Indonesia. Produk Flexi Life Syariah mempunyai keunggulan sebagai berikut ini yang bisa meyakinkan untuk memilih perlindungan dari I Love Life Astra tersebut.

Mempunyai manfaat perlindungan

Asuransi Flexi Life Syariah memberikan keunggulan karena mempunyai manfaat perlindungan yang didapatkan dengan nominal yang besar yaitu hingga 2 miliar rupiah.


Tidak perlu medical check up

Perlindungan yang bisa didapatkan mempunyai keunggulan dengan tidak perlu melakukan medical checkup terlebih dahulu, sehingga membuat pengajuannya lebih mudah untuk diterima.


Dapat dilakukan proses online

Asuransi Flexi Life Syariah mempunyai proses yang dilakukan secara online untuk pembeliannya, pembayaran, maupun klaim dengan keuntungan bisa diperpanjang secara otomatis tanpa perlu menjawab banyak pertanyaan.

Rasa aman secara finansial bisa didapatkan dengan mempunyai produk perlindungan yang memberikan banyak keunggulan. Produk Flexi Life Syariah bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk mendapatkan produk asuransi murni syariah yang membuat Sobat Dy bisa meminimalisir resiko kesulitan finansial yang bisa terjadi di masa depan. Perlindungan Flexi Life Syariah dengan uang perlindungan hingga 2 miliar bisa digunakan untuk jaminan proteksi dari resiko tertanggung yang meninggal dunia.

Read More

Peran Lembaga Filantropi Islam Dalam Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Selasa, 23 Juli 2024

Peran Lembaga FIlantropi Islam


Hai Sobat Dy yang beragama Islam tentunya tidak asing lagi dengan zakat maal, zakat fitrah, infaq, sedekah, maupun fidyah bukan? Biasanya Sobat Dy menyalurkannya sendiri, menitipkannya pada seseorang atau melalui lembaga filantropi Islam?

Bebas kok pilihan media atau lembaga filantropi yang dipilih untuk penyalurannya. Tidak ada pakem tertentu yang mengharuskan penyalurannya melalui suatu lembaga atau menyalurkannya sendiri. Setiap orang tentunya mempunyai alasannya masing-masing bukan? 

Baik menyalurkan sendiri atau memberikannya langsung atau pun melalui lembaga filantropi, yang terpenting adalah niat baik untuk membantu sesama yang kurang beruntung menjadi lebih baik. Apakah benar lembaga filantropi Islam mempunyai peran dalam pemberdayaan ekonomi rakyat? Simak artikel ini hingga akhir yuk! Kita cari tahu bersama apa peran lembaga filantropi Islam ini.


Filantropi Islam

Filantropi merupakan salah satu konsep alternatif untuk mengurangi kesenjangan sosial masyarakat. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, filantropi mempunyai arti cinta kasih (kedermawanan dan sebagainya) kepada sesama.

Konsep yang diusung filantropi merupakan sebuah konsep yang sudah lama terdapat dalam Islam. Konsep ini dapat mengurangi kesenjangan sosial dalam masyarakat. Jika pendistribusian dana tersebut dikelola dengan baik oleh sebuah lembaga, tentunya akan memperbaiki perekonomian masyarakat yang nantinya pun akan berdampak pada perekonomian negara.

Oleh karena itu, hal ini memerlukan dukungan pemerintah untuk mendirikan lembaga filantropi Islam. BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional merupakan salah satu lembaga filantropi Islam yang didirikan pemerintah untuk mengelola zakat berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomer 8 tahun 2001.

BAZNAS memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) pada tingkat nasional dan kemudian mengelola dan menyalurkannya pada pihak yang membutuhkan. Hal ini telah diatur dalam Undang-undang nomer 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

BAZNAS berkedudukan di Jakarta sebagai ibu kota negara, provinsi dan kabupaten atau kota. Lembaga pemerintah nonstruktural ini bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri. 


Lembaga Filantropi Islam

Selain BAZNAS, juga ada lembaga filantropi Islam lainnya yang telah mengantongi izin sebagai lembaga amil zakat nasional. Beberapa diantaranya adalah:

Dompet Dhuafa 

Dompet Dhuafa merupakan lembaga filantropi Islam sekaligus lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam pemberdayaan umat. Lembaga ini terbentuk pada tahun 1993 oleh jurnalis senior yang saat tergabung sebagai jurnalis Harian Umum Republika. 

Zakat, infak, sedekah dan wakaf serta dana sosial lainnya yang terkumpul dikelola secara modern dan amanah. Program-program yang ada di Dompet Dhuafa di antaranya:

  1. Program sosial
  2. Program dakwah dan budaya
  3. Program ekonomi
  4. Program pendidikan
  5. Program kesehatan

Dompet Dhuafa yang berawal dari kolom donasi pada Harian Republika saat ini telah berkembang menjadi 5 kantor layanan, 25 cabang di dalam negeri dan 5 cabang di luar negeri. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemberian layanan pada donatur dan penerima manfaat.  


Yayasan Dana Sosial Al Falah

Yayasan Dana Sosial Al Falah atau YDSF merupakan lembaga amil zakat yang didirikan tahun 1987 dan dikukuhkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional pada tanggal 10 Desember 2001 oleh Menteri Agama RI.

YDSF mengelola dana yang terkumpul dari donatur secara syar'i, efisien, efektif, dan produktif, Hal ini dapat tergambarkan melalui program yang diadakan oleh YDSF, di antaranya:

  1. Pendidikan
  2. Yatim
  3. Dakwah
  4. Masjid
  5. Kemanusiaan
Dalam setiap programnya terdapat beberapa jenis program lagi untuk kemaslahatan umat. YDSF juga terdapat di berbagai kota. Sehingga memudahkan donatur untuk melakukan donasi. Selain itu donasi juga dapat dilakukan secara transfer.


Nurul Hayat

Sebelum menjadi Lembaga Amil Zakat, Nurul Hayat merupakan sebuah panti asuhan yang mengasuh anak yatim. Panti Asuhan ini pun telah disahkan dengan adanya Surat Keputusan dari Menteri Kehakiman pada tahun 1999. 

Dengan tujuan untuk memperluas penerima manfaat dari donatur, maka dibentuklah Yayasan Nurul Hayat yang kemudian disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM pada tahun 2007. Nurul Hayat pun telah diaudit oleh akunta publik dan mendapat nilai 'Wajar Tanpa Pengecualian.' Tidak cukup sampai disitu, Lembaga Nurul Hayat juga menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001.

Program yang dilakukan oleh lembaga ini adalah:

  1. Pendidikan
  2. Kesehatan
  3. Dakwah
  4. Sosial kemanusiaan
  5. Pemberdayaan ekonomi

Apakah masih ada lembaga filantropi Islam lainnya? Tentu saja masih banyak yang dapat Sobat Dy temui. Informasinya pun dapat dengan mudah diperoleh, dapat melalui kunjungan ke situsnya atau melalui mesin pencari. Bahkan iklan di media sosial pun ada.

Seiring kemajuan teknologi, saat ini kemudahan untuk berdonasi pun dapat dilakukan. Inovasi yang dilakukan lembaga filantropi adalah menggunakan pilihan transfer atau menggunakan aplikasi. Inovasi ini tentu saja memudahkan donatur untuk berdonasi sehingga tidak terhalang jarak dan waktu.


Peran Lembaga Filantropi Islam

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa konsep filantropi merupakan konsep untuk mengurangi kesenjangan sosial dalam masyarakat. Namun, dalam lembaga filantropi Islam filantropi tidak hanya sekedar memberi saja.

Jika hanya sekedar memberi dampak yang ditimbulkan tentunya hanya berdampak dalam kurun waktu yang singkat saja bukan. Misalnya donasi untuk buka puasa, donatur mengumpulkan dana untuk mengadakan buka puasa. Sehingga penerima manfaat dapat menikmati hidangan untuk berbuka puasa.

Yuk kita lihat contoh lainnya, lembaga filantropi Islam mengelola dana yang terkumpul untuk diberikan sebagai modal usaha janda yang perekonomiannya di bawah rata-rata dan terbatas modal. Memberikan pelatihan bagi anak yatim sehingga dapat meningkatkan keahlian dan memperoleh pekerjaan yang nantinya dapat mencukupi biaya hidupnya dan keluarga. Mendirikan sekolah gratis untuk siswa yang tidak mampu dan masih banyak lagi program yang telah dilakukan oleh lembaga filantropi Islam.

Kegiatan seperti ini tentunya akan berdampak panjang dan memperbaiki perekonomian keluarga mereka dan secara tidak langsung juga akan memperbaiki perekonomian negara. Jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan pun berkurang.


Penutup

Dengan semakin banyaknya lembaga filantropi Islam saat ini, harapannya semakin banyak masyarakat yang kurang beruntung dapat terbantu. Pengelolaan zakat maal, zakat fitrah, infak, dan sedekah serta wakaf yang baik oleh lembaga terpercaya dapat menjadi media pemberdayaan umat.

Indonesia adalah negara terbesar yang penduduknya menganut agama Islam, tentunya potensi pengumpulan zakat, infak, sedekah dan wakaf masih terbuka lebar untuk dikelola bukan. Hal ini membutuhkan kerjasama banyak pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Peran lembaga filantropi Islam cukup banyak bukan untuk pemberdayaan ekonomi rakyat. Tulis di kolom komentar yuk apa saja program pemberdayaan ekonomi rakyat yang dilakukan oleh lembaga filantropi Islam yang Sobat Dy ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Referensi

1. https://kemenag.go.id/kolom/optimisme-pengelolaan-filantropi-islam-3sF5B

2. https://www.dompetdhuafa.org/

3. https://ydsf.org/

4. https://nurulhayat.org/
Read More

Aplikasi Penjualan Yang Membantu Mengelola Usaha Untuk Merchant

Jumat, 19 Juli 2024

Aplikasi Penjualan


Apakah Sobat Dy mempunyai usaha? Apakah selama ini mengalami kesulitan untuk proses transaksi? Berikut ada solusi lo untuk metode pembayaran yang dapat dilakukan.

Bagi Sobat Dy yang ingin menjadi merchant untuk metode pembayaran, maka pilihlah yang memberikan pilihan pembayaran yang lengkap. Selain itu, pilihlah tempat yang memberikan keuntungan untuk bisa mengelola bisnis yang lebih mudah. Sehingga sebagai merchant akan mendapatkan kemudahan untuk bisa mengelola usaha yang dipunyai. 

Aplikasi penjualan yang bisa membantu untuk mengelola usaha dari bank BCA yaitu Merchant BCA. Aplikasi Merchant BCA memberikan kemudahan untuk bisa memberikan layanan yang terbaik bisa dinikmati oleh merchant, yaitu sebagai berikut ini.


Mengajukan QRIS Dan EDC Cukup Secara Online

Aplikasi penjualan dari Merchant BCA bisa memberikan keunggulan karena bisa untuk melakukan pengajuan QRIS dan juga EDC yang bisa dilakukan cukup secara online saja. Sekarang ini bagi yang ingin menjadi merchant dan bekerjasama dengan menikmati pembayaran yang praktis, maka bisa untuk mengajukannya secara online dari aplikasi Merchant BCA.

Untuk hal yang perlu diperhatikan agar bisa membuat pengajuan QRIS maupun EDC dapat diterima dengan lebih mudah, adalah sebagai berikut ini:

  • Pastikan untuk bisa menyiapkan syarat yang perlu untuk dikumpulkan dan juga dilengkapi. Sehingga hal tersebut akan juga membuat pengajuan lebih mudah dan diterima ketika mengajukannya di Merchant BCA.
  • Pastikan untuk memberikan informasi yang benar dari data yang diminta sehingga akan membuat pendaftaran menjadi lebih lancar.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kode OTP yang benar dan informasi nomor handphone dan email yang aktif.
  • Mengikuti prosedur pengajuan QRIS dan EDC di aplikasi dengan benar, sehingga memudahkan untuk pengajuan layanan pembayaran yang dibutuhkan dan dinikmati oleh merchant bisa diterima.


Mendapatkan Laporan Setiap Transaksi Secara Real Time

Keunggulan dari aplikasi Merchant BCA adalah dapat untuk mempunyai laporan yang didapatkan secara real time. Keunggulan dari pembayaran QRIS statis dan EDC yang dimiliki merchant dapat membantu untuk mengelola keuangan usaha yang dipunyai karena transaksi yang tercatat dengan lengkap. Aplikasi Merchant BCA mempunyai banyak sekali fitur termasuk untuk mendapatkan laporan keuangan secara real time, dapat untuk melihat berbagai laporan yang dipunyai, dan juga dapat untuk mengirimkan transaksi keuangan yang dipunyai di email yang terdaftar.

Merchant BCA mempunyai menu untuk melihat laporan transaksi QRIS dan EDC dengan rincian yang lengkap bisa dipilih dari waktu transaksi, jenis transaksi, dan juga cara pembayaran yang digunakan oleh konsumen. Sehingga laporan dan detail transaksi yang dipunyai bisa membantu untuk mengelola keuangan usaha menjadi lebih mudah.


Memudahkan Untuk Mengelola Akun Usaha

Aplikasi penjualan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan usaha yang bergabung sebagai merchant BCA agar bisa melakukan pengelolaan akun usaha lebih mudah. Fitur untuk mengelola akun dan juga melihat toko merupakan fitur yang membantu untuk dapat mengelola bisnis dengan lebih praktis, karena dapat dilakukan secara online cukup dari aplikasi Merchant BCA.

Merchant dapat dengan mudah mengelola akun yang dipunyai untuk mendaftarkan karyawan dan menambahkan akses yang dipunyai untuk bisa mendelegasikan wewenang dalam pengelolaan usaha yang dipunyai. Hal tersebut bisa dilakukan karena aplikasi Merchant BCA dapat digunakan untuk mengelola berbagai usaha yang Sobat Dy miliki. Sehingga dengan pendelegasian wewenang pada karyawan yang terpercaya akan bisa membuat pengelolaannya menjadi lebih praktis.


Mengajukan Keluhan Dengan Lebih Praktis

Merchant BCA juga bisa memanfaatkan layanan aplikasi penjualan untuk bisa mengajukan keluhan yang dipunyai dengan lebih praktis. Pengajuan keluhan dapat dilakukan lewat aplikasi Merchant BCA yang mempunyai menu Merchant Care. Fitur tersebut memberikan pilihan untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi seperti layanan hardware, gangguan komunikasi, dan juga masalah lainnya yang terjadi. Sehingga dengan layanan Merchant Care akan membantu untuk permasalahan yang dihadapi oleh merchant dapat segera di atasi.

Untuk mendapatkan beragam fitur seperti di atas, cukup dengan mengunduh aplikasi Merchant BCA. Klik link ini sekarang juga untuk bisa mengunduh aplikasi Merchant BCA yang kompatibel untuk gawai apa saja yang dimiliki oleh pemilik usaha baik yang menggunakan android maupun iOS. Sehingga hal tersebut juga memudahkan untuk pengelolaan usaha dengan menikmati banyaknya fitur yang ditawarkan dan bisa digunakan dari aplikasi Merchant BCA.

Read More

Resign, Topik Percakapan Di Kantor Yang Selalu Menarik

Jumat, 12 Juli 2024

Percakapan di Kantor


Resign, topik yang selalu menarik untuk dibicarakan di kantor. Entah saat break istirahat atau setelah office hour. Benar apa benar? Ngaku aja deh, terlepas siapa yang yang jadi subyek untuk dibicarakan.

Alasan tiap orang untuk resign pun berbeda-beda. Ada yang ingin mencari batu loncatan, suasana kerja yang tidak kondusif, atau bos yang super galak, sehingga tekanan yang diberikan kadang di luar batas kewajaran. Eits, batasnya siapa ya? batasan bos atau batasan anak buah? hmmm.

Sama halnya seperti topik yang diangkat oleh Almira Bastari di novel metropop dengan judul Resign. Beberapa kali saya membaca review tentang novel ini dan akhirnya saya penasaran. Dannnn saya suka dengan ceritanya yang related banget dengan saya beberapa waktu yang lalu.


Spesifikasi Buku

Judul buku : Resign!

Penulis: Almira Bastari

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman: 288 halaman

Cetakan keempat: Februari 2018

ISBN : 978-602-03-8071-1 dan 978-602-03-8072-8 e-ISBN

Format : soft cover dan e book

Untuk kesekian kalinya saya meminjam buku di ipunas. Sebuah aplikasi yang memudahkan saya untuk meminjam buku. Kelebihannya bisa membaca dimana saja karena mudah dibawa kemanapun, tinggal buka aplikasi ipunas di ponsel dan membaca.

Namun, bagi penyuka buku fisik seperti saya, kadang membaca di aplikasi kurang nyaman karena lebih menyiksa mata dan tidak tercium aroma buku. Hanya sesekali saja meminjam buku di ipunas, belum mencoba aplikasi membaca yang lain sih.


Resign, Topik Percakapan Di Kantor Yang Selalu Menarik

Blurb yang terletak di bagian belakang buku mendeskripsikan empat staf yang bekerja di sebuah kantor konsultan di Jakarta berkompetisi. Persaingan yang ketat untuk memenangkan kompetisi tersebut. Bukan sebuah kompetisi untuk meraih bonus atau merebut posisi tertentu. Namun, kompetisi untuk RESIGN.

Yup, keempatnya, yaitu Alranita, Carlo, Karenina, dan Andre membuat taruhan bahwa yang terakhir resign akan mentraktir teman lainnya di tempat makan yang lebih eksklusif dibandingkan dengan teman yang resign sebelumnya. Keempat staf tersebut diberi julukan oleh penulis sebagai 'Cungpret' yang merupakan akronim dari Kacung Kampret.

Auto ngakak saat saya membacanya, ada aja Almira memberikan istilah. Namun, hal ini menjadi menarik menurut saya, sehingga saya penasaran ingin segera menuntaskan membaca novel ini. 

Jujurly novel ini menemani saya saat saya tidak bisa tidur selama beberapa hari. Walaupun saya berusaha untuk melepaskan semua pikiran agar bisa rileks dan dibantu dengan membaca, tetap saya tidak bisa tidur. Padahal seharian lelah beraktivitas baik di rumah maupun di kantor.

Kembali ke cerita Resign. Keempat Cungpret merasa tertekan dengan bos mereka yang bernama Tigran. Bos yang seharusnya tidak perlu bekerja di tempat lain karena dia ternyata putra seorang pengembang sukses yang memiliki beberapa proyek besar di Indonesia. Namun, dia memilih untuk bekerja dengan orang lain, bukannya mengembangkan bisnis keluarganya.

Kekejaman bos Tigran dalam memberikan tugas maupun tenggat waktu untuk menyelesaikan tugas membuat timnya tidak betah bekerja sama dengannya. Sehingga topik resign selalu menjadi topik percakapan di kantor mereka yang menarik. Tidak hanya jam istirahat atau pulang kantor, setiap ada kesempatan topik utama yang dibahas siapa yang cuti untuk interview, berapa tawaran gaji di tempat baru, apapun itu yang terkait resign pokoknya.

Mereka berusaha mengatur strategi agar bisa melakukan interview atau negosiasi di instansi lain. Entah cuti menemani anak karena sering ditinggal lembur, cuti sakit bahkan izin makan siang di luar pun juga tidak berhasil. Entah kenapa rencana tersebut selalu berhasil digagalkan oleh bos Tigran. Mungkin dia punya indera keenam ya hehehe.


Kisah Cinta Yang Unik

Saat seru-serunya membaca novel ini eh ternyata ada kisah cintanya juga. Saya pikir novelnya cuma bahas persaingan tentang siapa yang duluan resign. Ternyata oh ternyata bos Tigran jatuh cinta dengan Alranita, tapi unik caranya sampai Alranita pun ga sadar kalau bos ini suka dengannya sejak kuliah.

Nah lo kok sejak kuliah. Apakah mereka berdua teman kuliah? Tentu tidak, teman Tigran ini bucin dengan Alranita, tetapi sayang seribu sayang Alranita sudah punya kekasih. Nah, karena si bos ini suka dengan Alranita, makanya dia sering membuat Alranita lembur entah revisi hal yang krusial atau hal yang remeh hingga ALranita sebal sesebalnya dengan Tigran.

Kisah cintanya bukan seperti kisah bos dan sekretaris yang penuh intrik lo. Almira mengemas cerita bos yang jatuh cinta pada anak buahnya dengan apik di antara cerita tentang rutinitas mereka bekerja di kantor Konsultan besar di Jakarta yang tidak kenal waktu bekerja. Benar-benar jadi budak korporasi deh, kerja hingga malam bahkan dini hari pun dilakukan oleh mereka.


Penutup

Kesimpulannya saya suka dengan novel ini, apalagi bagian Tigran yang berusaha mencari celah menyatakan rasa sukanya pada Alranita, tetapi Alranita berusaha menolak dengan alasan profesional bekerja.

Siapakah yang lebih dulu resign dari kantor Konsultan tersebut? Apakah Tigran berhasil menaklukan Alranita? Apakah semua Cungpret bertahan atau justru resign semua? Penasaran kan? Yuk, baca sendiri hehehe. Selain itu ada quote-quote setiap bab yang menyentil tapi benar adanya. 

Selamat membaca.

Read More